Polisi Periksa DNA Anak yang Bantai Satu Keluarga di Babulu PPU 

Senin berkas perkara masuk tahap I

Penajam, IDN Times - Tim dokter dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ratu Aji Putri Botung (RAPB) PPU, bekerja sama dengan Polres Penajam Paser Utara (PPU) Kalimantan Timur (Kaltim), Sabtu (10/2/2024), mengambil sampel Deoxyribonucleic Acid (DNA) milik JI (17). Anak yang berhadapan dengan hukum (ABH) kasus pembunuhan sadis satu keluarga beranggotakan lima orang di Desa Babulu Laut, Kecamatan Babulu, Kabupaten PPU.

"Pengambilan sampel DNA milik ABH JI ini adalah langkah terbaru dalam penyelidikan kasus tindak pidana pembunuhan berencana yang terjadi pada Selasa (6/2/2024) di rumah korban. Pelaku, yang juga merupakan tetangga korban, diduga telah membunuh lima anggota keluarga," ujar Kapolres PPU AKBP Supriyanto melalui Kasat Reskrim AKP Dian Kusnawan kepada IDN Times, pada hari Minggu (11/2/2024). 

1. DNA dan sperma dibawa ke Labfor Surabaya

Polisi Periksa DNA Anak yang Bantai Satu Keluarga di Babulu PPU Barang bukti pakaian korban dan pelaku pembunuhan berencana berinsial JI (IDN Times/Ervan)

Korban pembunuhan adalah ayah berinisial WA (35), ibu SW (34), dan ketiga anak mereka, yaitu RS (15), VI, dan ZH yang berusia sekitar tiga tahun. Selain membunuh, pelaku juga diduga melakukan tindakan seksual terhadap ibu dan salah satu dari anak-anak.

"Sampel DNA yang diambil berupa darah, kuku, dan rambut JI, yang nantinya akan dikirim ke Laboratorium Forensik (Labfor) Polri di Surabaya, termasuk juga dugaan sperma," tambahnya.

Selain pengambilan sampel DNA, berkas perkara JI juga akan dikirimkan ke Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri (Kejari) PPU pada hari Senin berikutnya. Langkah ini merupakan bagian dari tahap I dalam proses penuntutan, dengan harapan bisa melanjutkan ke tahap II, yaitu penyerahan tersangka, barang bukti, dan berkas perkara kepada JPU.

"Pada hari yang sama, tim psikolog dan psikiater juga akan melakukan pemeriksaan terhadap JI," ungkap Dian.

Baca Juga: Rumah Tersangka Pembantai Keluarga di Babulu PPU Dirobohkan

2. Kondisi tersangka JI sehat

Polisi Periksa DNA Anak yang Bantai Satu Keluarga di Babulu PPU Barang bukti pakaian korban dan pelaku pembunuhan berencana berinsial JI (IDN Times/Ervan)

Meskipun beredar kabar di media sosial bahwa korban terlihat penuh lebam di media sosial, namun Kasat Reskrim menegaskan bahwa hingga saat ini, kondisi tersangka dalam keadaan sehat dan terus diamankan oleh Polres PPU.

"Kondisi ABH JI (dalam kondisi) baik," tegas Dian.

Peristiwa pembunuhan yang terjadi di Desa Babulu Laut, Kecamatan Babulu telah menarik perhatian masyarakat di Kaltim bahkan nasional. Polres berhasil mengamankan pelaku hanya dalam waktu kurang dari dua jam setelah menerima laporan.

3. Rumah tersangka dirobohkan berdasarkan kesepakatan

Polisi Periksa DNA Anak yang Bantai Satu Keluarga di Babulu PPU Alat berat meratakan bangunan rumah tempat tinggal tersangka JI pembantai satu keluarga di Babulu PPU (IDN Times/Ervan)

Sementara itu, rumah tempat tinggal JI juga telah dirobohkan pada hari Sabtu sekitar pukul 13.00 Wita menggunakan alat berat jenis ekskavator dengan dihadiri oleh sejumlah petugas dan ratusan warga setempat.

"Pembongkaran rumah tersebut dilakukan berdasarkan kesepakatan antara pihak keluarga tersangka dan Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) yang terdiri dari camat, kapolsek, dan danramil," jelas Kapolsek Babulu Iptu Syarifuddin.

Ia menambahkan bahwa selain rumah tersangka, rumah korban juga dirobohkan setelah semua barang berharga di dalamnya diselamatkan.

Baca Juga: Sadis Bantai Satu Keluarga, Kejiwaan Anak di PPU akan Diperiksa Polisi

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya