Comscore Tracker

Uang Tunai untuk Warga Balikpapan Terdampak PPKM Mulai Disalurkan 

Sementara sasaran pada 14.406 KK

Balikpapan, IDN Times - Pemkot Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim) mulai menyalurkan bantuan sosial untuk warga terdampak pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 4. Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud bersama Kepala Kantor Pos Kota Balikpapan Taufik Dadi Marala, secara simbolis menyerahkan bantuan sosial, Rabu (28/7/2021). 

Mereka memperoleh uang tunai sebesar Rp300 ribu per orang bagi 48 ribu warga Balikpapan terdampak PPKM level 4. 

Pasalnya, sejak adanya PPKM level 4, mulai banyak masyarakat Balikpapan yang berharap bantuan dari pemerintah daerah. Pembatasan yang dilakukan menyebabkan sejumlah sektor mengalami perlambatan pasca dibatasi aktivitasnya. 

Tak sedikit pelaku usaha yang mengeluhkan pendapatan mereka yang turun.

"Kami bersama Kantor Pos Balikpapan menyampaikan bantuan sosial ini. Sementara ini yang sudah masuk data ada 48 ribu KK, hampir 50 ribu lah," terang Rahmad Mas'ud. 

1. Bantuan akan jangkau 50 ribu KK di Balikpapan

Uang Tunai untuk Warga Balikpapan Terdampak PPKM Mulai Disalurkan Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud (IDN Times/ Fatmawati)

Pemberian bantuan dalam bentuk uang tunai agar perputaran ekonomi di Balikpapan tetap baik. Khususnya bagi pelaku UMKM, harapannya agar usaha mereka bisa tetap bertahan. 

"Supaya dana bantuan pemerintah ini berputar, dirasakan masyarakat dan juga pelaku usaha," terangnya

Pola pendataan, pemerintah kota menggunakan data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) yang selama ini telah terdaftar. Sementara untuk belum terdaftar dan masuk kategori terdampak dapat mendaftar ke dinas masing-masing. 

"Untuk yang terdampak PPKM namun tidak terdaftar seperti PKL, UMKM, PHK, driver bandara dan lainnya. Ada yang ke Dinas KUMKMP, Dinas Perhubungan, dan Dinas Sosial," jelasnya.

Prioritas, lanjut dia, bagi warga Balikpapan yang berdomisili di Balikpapan.

"Untuk luar Balikpapan kita lihat kebijakan nanti. Kalau memang berhak ya diberikan. Yang terpenting tak ada warga Balikpapan kelaparan," tegasnya. 

Ia pun menegaskan, bahwa memang tak semua orang bisa dijangkau. Pasalnya jumlah warga Balikpapan hampir 700 ribu orang. "Kita berharap yang mampu kita gotong-royong bersama, bersinergi," katanya.

Baca Juga: Tragis, Ibu di Balikpapan Tewas saat Selamatkan Anak dari Kebakaran

2. Kantor Pos juga akan salurkan langsung di tempat domisili warga

Uang Tunai untuk Warga Balikpapan Terdampak PPKM Mulai Disalurkan Bantuan sosial tunai dari Pemerintah Kota Balikpapan untuk masyarakat terdampak PPKM disalurkan mulai Rabu (28/7/2021). (IDN Times/ Fatmawati)

Pembagian bantuan sosial oleh pemerintah Kota Balikpapan rencana akan berlangsung dimulai hari ini. Nantinya dari pihak Kantor Pos yang akan menjangkau warga. "Akan dibagi di tiap kelurahan. Nanti penerima ambilnya juga tidak terlalu jauh," jelasnya.

Menurut Rahmad, ini tujuannya agar mempermudah masyarakat memperoleh hak mereka. "Tentunya ini juga upaya mengurangi kerumunan dan menerapkan protokol kesehatan," katanya. 

Ditambahkan Kepala PT Pos Indonesia, Taufik Dadi Marala, Proses penyalurannya pun ada beberapa opsi. PT Kantor Pos Indonesia berencana akan mendatangi lokasi warga terdampak.

"Untuk pembayaran kita akan hadir di komunitas terdekat, di mana masyarakat itu berdomisili," terangnya.

Warga penerima manfaat yang tidak bisa mengambil bantuan sosial di hari-hari utama maka akan di arahkan untuk mendatangi langsung ke Kantor Pos. "Kedua kita on the spot ke rumah-rumah, ketiga pembayaran di Kantor Pos," pungkas Taufik Dadi Marala.

3. Rencana selesaikan penyaluran bantuan sebulan ke depan untu 14.406 KK

Uang Tunai untuk Warga Balikpapan Terdampak PPKM Mulai Disalurkan Kepala Kantor Pos Indonesia Cabang Balikpapan, Taufik Dadi Marali (IDN Times/ Fatmawati)

Taufik melanjutkan, bantuan sosial dari pemerintah Kota Balikpapan ini rencananya disalurkan sekitar selama satu bulan ke depan. 

Meskipun dari data yang ada mencapai hampir 50 ribu KK, namun data sementara yang baru masuk melalui kantor pemerintahan itu totalnya sebanyak 14.406 KK.

"Kalau tahap satu ini kita bekerja sama dengan Dinas Sosial pembayaran akan dilakukan selama 1 bulan," ujarnya. 

Taufik berharap pemberian bantuan sosial tahap pertama bisa segera dituntaskan pembayarannya kepada penerima manfaat dalam waktu dekat.

Baca Juga: Strategi Vaksinasi Balikpapan dari Website hingga Door to Door

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya