Comscore Tracker

Kasad Tinjau Langsung Latihan Tempur Pasukan di Amborawang

Latihan untuk mengantisipasi ancaman dari luar

Kukar, IDN Times - Kepala Staf TNI AD Jenderal TNI Dudung Abdurachman menyaksikan langsung latihan tempur pasukan Batalyon Infantri 611/Awang Long Kodam VI Mulawarman di Amborawang Kutai Kartanegara Kalimantan Timur (Kaltim), Senin (5/12/2022).

“Pada hari ini saya berkunjung ke Kodam VI Mulawarman khususnya Batalyon 6/11 untuk melihat secara langsung pertempuan Batalyon 6/11. Tadi kita melihat prajurit-prajurit melaksanakan latihan,” kata Dudung dalam kunjungannya itu, Senin (5/12/2022).

1. Latihan merupakan program tahunan TNI

Kasad Tinjau Langsung Latihan Tempur Pasukan di AmborawangKepala Staf TNI AD Jenderal TNI Dudung Abdurachman di Amborawang Kutai Kartanegara Kalimantan Timur, Senin (5/12/2022). (IDN Times/Hilmansyah)

Dudung mengatakan, program latihan ini merupakan program tahunan TNI. Sudah berjalan di masing-masing batalyon antar kecabangan mulai dari satuan tempur, satuan bantuan tempur, dan satuan bantuan administrasi. 

“Ini sebenarnya program tahunan, program yang selama ini sudah berjalan masing-masing batalyon dan ini dilakukan antar kecabangan. Sehingga keterlibatan infrantri, kavaleri, armed, arhanud, zeni, POM, dan semuanya terlibat,” jelasnya.

Kasad jmemastikan program latihan yang selama ini dilakukan TNI sudah berjalan baik. Pasukan TNI sudah siap menjalankan pertempuran saat sewaktu-waktu ditugaskan menjaga wilayah NKRI. 

Baca Juga: Polisi Evakuasi Anak yang Dipasung Orangtua di Tabang, Kukar

2. Kasad ingin melihat mekanisme yang ada berjalan

Kasad Tinjau Langsung Latihan Tempur Pasukan di AmborawangKepala Staf TNI AD Jenderal TNI Dudung Abdurachman menyaksikan langsung latihan tempur pasukan Batalyon Infantri 611/Awang Long di Amborawang Kutai Kartanegara Kalimantan Timur, Senin (5/12/2022). (IDN Times/Hilmansyah)

Latihan tempur Batalyon 611, menurut Dudung, guna menyaksikan kesiapan mereka dalam menerapkan strategi tempur dijalankan pimpinan. 

“Kita akan melihat mekanisme yang sudah mereka lakukan sebagai ukuran. Kita melihat program yang selama ini dilaksanakan sudah mencapai sasaran,” ujarnya.

“Tadi mulai dari gerakan, bantuan tembakan, bagaimana bantuan dalam rangka mengatasi ranjau, mengatasi kawanan perang. Mekanisme ini saya lihat sudah sesuai ketentuan yang berlaku,” tambahnya.

3. Latihan juga untuk antisipasi ancaman dari luar

Kasad Tinjau Langsung Latihan Tempur Pasukan di AmborawangKepala Staf TNI AD Jenderal TNI Dudung Abdurachman menyaksikan langsung latihan tempur pasukan Batalyon Infantri 611/Awang Long di Amborawang Kutai Kartanegara Kalimantan Timur, Senin (5/12/2022). (IDN Times/Hilmansyah)

Dudung menegaskan, jika menghadapi ancaman dari luar TNI AD khususnya telah siap. Dia melihat, latihan berjalan baik, sasaran mampu dihancurkan para prajurit yang berlatih.

“Sehingga harapan kami dengan melaksanakan latihan yang sudah bagus ini ke depan untuk menghadapi ancaman-ancaman yang mungkin timbul TNI AD sudah siap menghadapi,” ucapnya.

“Tadi kalau sepintas, gerakannya sudah bagus, sasaran-sasarannya pun sudah bisa dihancurkan semuanya. Artinya ketepatan, akurasi ini sudah benar, tinggal nanti pasti ada evaluasi-evaluasi yang saya sampaikan.”

Baca Juga: Kapal Tugboat Tenggelam di Kukar, Balita dan Bayi dalam Pencarian

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya