Comscore Tracker

Wali Kota Balikpapan akan Dilantik Gubernur Kaltim pada 31 Mei 2021

SK Mendagri untuk pelantikan wali kota sudah terbit

Balikpapan, IDN Times - Pelantikan Wali Kota Balikpapan terpilih Rahmad Mas'ud dan Wa Wakil Wali Kota H. Thohari Azis (alm) akan dilaksanakan pada Senin (31/5/2021). Kepastian pelantikan ini berdasarkan Surat Mendagri Nomor 131.64/3427/OTDA per 25 Mei 2021, yang salah satu isinya adalah pelaksanaan pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Balikpapan terpilih. 

“Penjelasannya, ya sesuai dengan isi surat dari Mendagri yang membalas surat dari Ketua DPRD Balikpapan untuk segera dilakukan pelantikan,” ujar Ketua Harian DPD Partai Golkar Balikpapan, Andi Arief Agung pada Kamis (27/5/2021).

1. Akan dilaksanakan gladi bersih sebelum pelantikan

Wali Kota Balikpapan akan Dilantik Gubernur Kaltim pada 31 Mei 2021Pasangan Bakal Calon Walikota dan Wakil Walikota Balikpapan Rahmad Masud- Thohari Aziz saat deklarasi pencalonan pada Pilkada Balikpapan 2020 (IDN Times/Hilmansyah)

A-tiga sapaan akrabnya, menambahkan pihaknya telah mengkonfirmasi ke Sekretariat DPRD Balikpapan. Menurut informasi yang didapatnya, akan ada gladi bersih pada Minggu (30/5/2021). Kegiatan pelantikan wali kota dan wakil wali kota ini akan dilaksanakan dengan undangan terbatas karena masih situasi pandemik COVID-19 serta akan dilakukan secara online.

“Yang hadir dari Dewan hanya Ketua DPRD Balikpapan Abdulloh saja, sedangkan dari Pemkot Balikpapan hanya Sekda Sayid M.N. Fadli dan Asisten Satu Bidang Pemerintahan Syaiful Bahri saja,” jelas Ketua Fraksi Golkar di DPRD Balikpapan ini.

2. Masih pandemik, tamu undangan dibatasi

Wali Kota Balikpapan akan Dilantik Gubernur Kaltim pada 31 Mei 2021Ilustrasi Kantor Gubernur Kalimantan Timur (IDN Times/Mela Hapsari)

Sementara itu, kepastian tentang pelantikan ini juga dibenarkan oleh Kepala Biro Pemerintah Provinsi Kaltim Deni ketika dikonfirmasi, Kamis siang (27/5/2021).

“Betul,” ujarnya singkat.

Biro Pemerintah Provinsi Kaltim memang belum menyebar undangan kepada pihak-pihak yang akan hadir karena masih dalam situasi pandemik dan hanya akan dihadiri undangan dalam jumlah terbatas.

3. SK Mendagri untuk pelantikan wali kota sudah terbit

Wali Kota Balikpapan akan Dilantik Gubernur Kaltim pada 31 Mei 2021IDN Times/Yuda Almerio

Untuk diketahui masa jabatan Wali Kota Rizal Effendi dan Wakil Wali Kota Rahmad Mas'ud akan berakhir pada 30 Mei 2021. Berdasarkan Surat Mendagri Nomor 131.64/3427/OTDA per 25 Mei 2021, Rahmad Mas'ud selanjutnya akan dilantik menjadi Wali Kota Balikpapan pada 31 Mei mendatang. Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian meminta Gubernur Kaltim Isran Noor untuk melaksanakan pelantikan yang akan digelar di Kantor Gubernur Kalimantan Timur di Samarinda.

Pasangan Rahmad Mas'ud, yakni Thohari Azis yang seharusnya akan dilantik menjadi Wakil Wali Kota Balikpapan meninggal dunia pada 27 Januari 2021 lalu akibat COVID-19. 

Baca Juga: Pelantikan Wali Kota Balikpapan Terpilih Menanti Perintah Mendagri

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya