Comscore Tracker

Si Kerja Samarinda Diluncurkan, agar Kerja Sama Makin Mudah

Lewat portal satu pintu, hemat waktu dan pengeluaran

Samarinda, IDN Times - Pemerintah Kota Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim) akan meluncurkan situs online bernama Si Kerja Samarinda atau Sistem Kerja Sama Daerah Samarinda. Tujuannya untuk mempermudah pihak luar untuk menjalin kerja sama dengan pemerintah kota.

Di mana, melalui situs web tersebut pemohon dapat mengajukan berbagai macam kerja sama tanpa repot harus bertemu dahulu.

"Hampir 9 bulan ini, peran kolaborasi meningkat dari berbagai pihak, baik swasta maupun lembaga vertikal pemerintah. Dengan adanya ini (web) perannya sangat besar," ujar Kepala Bagian Kerja Sama Pemerintah Kota Samarinda Idfi Septiani, kepada media ini, Kamis (1/11/2022).

1. Keuntungan mengajukan kerja sama melalui portal

Si Kerja Samarinda Diluncurkan, agar Kerja Sama Makin MudahIdfi menjelaskan cara penggunaan portal satu pintu Si Kerja Samarinda (dok. Istimewa)

Ia menerangkan, ada beberapa keuntungan yang didapat dari kedua belah pihak. Selain menghemat waktu, berkas yabg dikirim dapat dievaluasi secara berkala sampai nantinya mencapai kesepakatan.

"Perjanjian ini kan antara dua belah pihak, kami harapkan semua mendapat untungnya, kita juga jadi tak tenggelam hanya dengan rutinitas untuk bawa proposal, pengecekkan dan evaluasi saja," jelasnya.

Baca Juga: PLN Berdayakan Warga Samarinda dengan Pengelolaan Bank Sampah

2. Terhubung ke semua layanan lingkup pemerintah kota

Si Kerja Samarinda Diluncurkan, agar Kerja Sama Makin MudahIlustrasi digitalisasi (marketeers)

Rencananya web Si Kerja Samarinda akan diluncurkan pada 12 Desember 2022 mendatang.

Web akan menyuguhkan pilihan atau fitur layanan yang memudahkan penggunanya.

Hanya tinggal memilih layanannya yang ada dalam lingkup pemerintahan daerah, situs akan langsung mengarahkan ke proses kerja sama.

"Semua layanan dan semua aspek akan ada di sana. Bahkan mau ngomong urusan parkir bisa kami kerja samakan," tuturnya.

3. Situs yang dapat dituju

Si Kerja Samarinda Diluncurkan, agar Kerja Sama Makin MudahFAVPNG.COM

Langkah ini sendiri diambil Pemerintah Kota Samarinda sebagai bentuk pemangkasan birokrasi yang selama ini dinilai ribet dan membuang banyak waktu dan pengeluaran.

Selain itu, hal tersebut juga menjadi bukti bahwa Pemkot Samarinda mulai mempercayakan digitalisasi dalam mengatur sistem internalnya.

"Nantinya bagi para pemohon bisa mengaksesnya melalui portal resmi samarindakota.co.id atau sikerja.samarindakota.go.id," tutup Idfi.

Baca Juga: PUPR Samarinda akan Melakukan Normalisasi Sungai Mati

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya