Comscore Tracker

Air Terjun Tanah Merah sebagai Lokasi Wisata Alam Samarinda

Keindahan alamnya tak terkira

Samarinda, IDN Times - Jalan-jalan ke Samarinda di Kalimantan Timur (Kaltim) jangan lupa mampir ke lokasi wisata air terjun. Cakep!! Lokasinya namanya Air Terjun Tanah Merah.

Samarinda menjadi wilayah yang dipenuhi tempat wisata modern seperti mal yang menjamur. Sehingga warga juga pengunjung lebih tertarik untuk merasakan dinginnya mal dibanding segarnya percikan air dengan suasana alam asri.

Menyedihkan ketika ada tempat wisata alam gratis yang terkalahkan pamornya, jadi jika petualang suka wisata alam dan sedang berada di Samarinda main yuk ke Air Terjun Tanah Merah.

Yaitu sebuah air terjun yang berlokasi kurang lebih 14 kilometer dari pusat Kota Samarinda. Ketinggian air terjun ini hanya sekitar 15 meter. Berikut cerita air terjun di Samarinda. Yuk, keep scrolling

1. Penemuan air terjun sejak 1975

Pertama kali ditemukan tahun 1975 silam, kemudian pada tahun 1989 disahkan menjadi sebuah lokasi wisata masyarakat. Objek wisata ini cocok untuk wisatawan keluarga karena tersedia pendopo untuk duduk-duduk melepas penat, banyak tempat berteduh.

Banyak warung-warung penjaja makanan dan minuman, kemudian memiliki tempat parkir yang luas, ada juga pentas terbuka, dan tempat pemandian.

Wah lokasi wisata yang bisa dibilang paket komplet ya!!

Baca Juga: Seram! Mitos Kerajaan Gaib Gunung Padai di Berau

2. Lokasi air terjun

Lokasi tepat dari air terjun ini adalah di Dusun Purwosari Tanah Merah Samarinda Utara Kaltim. Air yang meluncur berasal dari mata air yang ditutupi akar-akar pepohonan lebih tepatnya di dalam semak belukar pepohonan, air mengalir merayap di bebatuan besar dan langsung dijatuhkan menciptakan kolam yang besar di bagian bawahnya.

Tapi sayangnya kolam lingkaran sebesar 500 meter ini tidak bisa digunakan untuk berenang dan sudah dipagari demi menjaga keamanan pengunjung.

Kolam mini juga dipenuhi air yang keruh berwarna kecokelatan akibat dikelilingi tanah gambut juga tambang batu bara.

3. Lokasinya mudah dijangkau dari Samarinda

Di sekitar air terjun juga banyak tumbuh pohon langka dengan nilai ekonomis yang tegak menjulang, namanya pohon ulin yang memiliki diameter mencapai 3 sampai 5 meter, pohon gaharu juga pohon benuang yang memiliki diameter sampai 7 sampai 8 meter.

Untuk akses sudah terbilang mudah dijangkau, karena untuk mencapai lokasi air terjun Tanah Merah ini dapat ditempuh menggunakan kendaraan bermotor dengan roda dua maupun roda empat. Selain kendaraan pribadi, juga bisa ditempuh dengan kendaraan umum. Pilihlah trayek dari Pasar Segiri ke arah Sungai Siring.

Setelah itu turun di Simpang Tiga menuju Air Terjun Tanah Merah, kalau dari arah Kota Samarinda bisa turun di gapura menuju air terjun Tanah Merah yang ada di kanan jalan dan di kiri jalan jika datang dari arah Bontang.

4. Destinasi wisata alam

Jika dari Jalan Poros Samarinda-Bontang wajib menempuh jalan sepanjang 1 kilometer melalui perkampungan yang akses jalannya sudah beton. Sepanjang perjalanan juga banyak tersedia titik-titik lokasi wisata lain seperti pemancingan cocok untuk para maniak mancing.

Kalau petualang ingin merasakan berjalan menjajaki sepanjang air terjun sampai ke hulu bisa banget, karena di sini tersedia juga tangga dari kayu untuk didaki sampai ke hulu air terjun. Kalau mau berenang juga ada kolam renang.

Untuk rekreasi dengan keluarga sekadar piknik makan bareng bisa banget nih para petualang memasukkan Air Terjun Tanah Merah ke dalam daftar destinasi yang akan dikunjungi di kemudian hari nanti setelah pandemik virus COVID-19.

Jangan lupa untuk membawa bekal sembari menjaga kebersihan dan meminimalkan bujet. Bawa baju ganti juga P3K ya.

Baca Juga: Rekomendasi 6 Kafe di Samarinda yang Instagramable Abis

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya