Alat Berat pun Diturunkan dalam Pencarian Korban Kebakaran

Korban keempat berhasil ditemukan 

Balikpapan, IDN Times - Proses pencarian korban kebakaran di Jalan Soekarno Hatta Km 2 RT 13 Kelurahan Muara Rapak Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim) berbuah hasil, Selasa (8/3/2022) pukul 13.10 Wita. Tim pencari berhasil menemukan korban keempat kebakaran yang diidentifikasi bernama Indra (25).

Proses pencarian korban tidak mudah mengingat tempat kejadian penuh reruntuhan bekas kebakaran. Terpaksa, tim pencari menurunkan alat berat guna menyingkirkan reruntuhan bekas kebakaran. 

Hingga akhirnya, jasa korban keempat pun ditemukan dalam kondisi mengenaskan. Ditemukan tertimbun puing-puing reruntuhan bangunan yang sudah hangus terbakar. 

1. Alat berat ekskavator diturunkan

Alat Berat pun Diturunkan dalam Pencarian Korban KebakaranProses pencarian korban keempat kebakaran rumah toko di Balikpapan Kalimantan Timur, Selasa (8/3/2022). Foto istimewa

Petugas menggunakan alat berat ekskavator untuk menemukan korban. Sebab sejak awal diduga korban terakhir tertimbun puing-puing bangunan. Alat berat ini sengaja didatangkan ke lokasi kejadian pada pukul 12.30 Wita dan langsung melakukan penggalian.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Balikpapan, Izmir Novian yang memantau jalannya evakuasi di lokasi kejadian menyebut korban terakhir di temukan di area dapur ruko tersebut

"Sekitar 30 menit an akhirnya ketemu korban terakhir. Posisinya tertimbun di reruntuhan bangunan, saya nggak tahu itu apa tapi sepertinya dapur atau WC," terang Izmir.

Baca Juga: Tragis, Kebakaran Ruko di Balikpapan Ditemukan Tiga Korban Terpanggang

2. Korban pegawai warung siap saji

Alat Berat pun Diturunkan dalam Pencarian Korban KebakaranProses pencarian korban keempat kebakaran rumah toko di Balikpapan Kalimantan Timur, Selasa (8/3/2022). Foto istimewa

Sementara ini diperoleh informasi, korban merupakan pegawai di warung makan cepat saji di salah satu ruko tersebut. Izmir belum berani membeberkan detail kronologis kejadian lantaran masih diselidiki kepolisian.

"Kalau identitas korban sih nanti biar dipastikan setelah diperiksa. Untuk penyebabnya dari mana belum tahu, ini masih diselidiki polisi," ujarnya.

Ditanya posisi ditemukannya korban, Izmir mengatakan tiga korban yang ditemukan di lokasi kebakaran makanan cepat saji tidak dalam kondisi utuh. Beberapa bagian tubuh korban hilang, petugas penggali pun masih diminta melakukan pencarian.

"Dua korban yang tadi pagi dan yang terakhir ini ditemukan tidak utuh. Ada yang tangannya nggak ada, kakinya ada yang nggak ada. Makanya ini petugas masih melakukan pencarian sisanya," pungkasnya.

3. Peristiwa tragis kebakaran dini hari tadi

Alat Berat pun Diturunkan dalam Pencarian Korban KebakaranProses pencarian korban keempat kebakaran rumah toko di Balikpapan Kalimantan Timur, Selasa (8/3/2022). Foto istimewa

Seperti diketahui, bencana kebakaran melanda empat rumah toko di Jalan Soekarno Hatta Km 2 Kelurahan Muara Rapak pada Selasa 8 Maret 2022 pukul 04.00 Wita. 

Peristiwa kebakaran yang membuat panik masyarakat setempat. 

Tak hanya menghanguskan empat bangunan, kebakaran tersebut turut menelan korban jiwa. Empat orang penghuni ruko ditemukan dalam kondisi tewas terbakar dan tak dapat dikenali.

Sementara ini, para korban diketahui bernama M Noor (40) yang di temukan tewas di ruang tamu salah satu ruko. Sedangkan Indra Sofiyan (25), Lukman Harun (25) dan Adi Nurdiansyah (25) di temukan di dalam satu ruko yang menjual makanan siap saji.

Pihak Polresta Balikpapan masih melakukan proses penyelidikan guna mengungkap peristiwa kebakaran yang merengut empat korban jiwa ini. 

Baca Juga: Korban Keempat Kebakaran KM 2 Ditemukan di Bawah Reruntuhan Bangunan

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya