BI Perwakilan Kaltim Siapkan Rp4,19 Triliun Menyambut Ledaran

BI Kaltim menerima penukaran uang warga

Samarinda, IDN Times - Bank Indonesia (BI) Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) menyiapkan uang tunai dari berbagai macam pecahan kecil hingga besar dengan total senilai Rp4,19 triliun, khusus untuk menghadapi Idul Fitri 1444 Hijriah atau lebaran Ramadan 2023 Masehi.

"Bila dibandingkan dengan Idul Fitri 1443 lalu, maka uang yang disiapkan untuk Lebaran tahun ini naik 15,55 persen atau naik Rp564 miliar," kata Kepala BI Kantor Perwakilan Provinsi Kaltim Ricky Perdana Gozali dilaporkan Antara, Senin (27/3/2023). 

1. Memenuhi kebutuhan pada lebaran Idul Fitri

BI Perwakilan Kaltim Siapkan Rp4,19 Triliun Menyambut LedaranIlustrasi uang (ANTARA FOTO/Septianda Perdana)

Uang yang disiapkan ini untuk memenuhi kebutuhan masyarakat menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah yang diprakirakan meningkat ketimbang tahun lalu, karena ekonomi Kaltim yang cenderung meningkat akhir-akhir ini seiring mobilitas masyarakat lebih tinggi setelah pandemik COVID-19.

Penyediaan uang tunai sebanyak itu mempertimbangkan berbagai asumsi makro ekonomi terkini, termasuk memperhitungkan proyeksi perekonomian ke depan yang diprakirakan terus membaik.

Ricky melanjutkan, lebaran musim ini BI Kaltim membuka layanan penukaran uang tunai berbagai pecahan ke masyarakat melalui loket di perbankan, yakni pihaknya telah menjalin kerja sama dengan hampir semua perbankan untuk melakukan penukaran di 362 titik yang tersebar di kabupaten/kota.

Baca Juga: Ini Lokasi Pasar Murah yang Digelar di Samarinda dan Kukar

2. Pelayanan penukaran uang BI

BI Perwakilan Kaltim Siapkan Rp4,19 Triliun Menyambut LedaranIlustrasi uang rupiah (IDN Times/Anggun Puspitoningrum).

Penukaran dilakukan mulai 28 Maret hingga 20 April pada pukul 10 pagi hingga pukul 12 siang di perbankan yang tersebar pada 10 kabupaten maupun kota. Sedangkan layanan penukaran oleh BI Kaltim menggunakan kas keliling (mobil keliling), dilakukan di sejumlah titik di Samarinda, antara lain di Samarinda Square pada 10-14 April dan di Pasar Ramadhan halaman GOR Segiri Samarinda pada 6-14 April.

"Kas keliling untuk penukaran uang baru sengaja dilakukan di pekan terakhir menjelang Idul Fitri, karena biasanya saat itu masyarakat sudah menerima THR. Penukaran uang baru dipermudah oleh BI karena untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat, sekaligus untuk menghindari uang palsu," kata Ricky.

3. Wali Kota Samarinda hadiri peluncuran Serambi di BI Kaltim

BI Perwakilan Kaltim Siapkan Rp4,19 Triliun Menyambut LedaranIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Wakil Wali Kota Samarinda Rusmadi Wongso yang hadir saat peluncuran Serambi di Lantai IV BI Kaltim tersebut, mengaku bersyukur atas upaya BI Kaltim dalam memberikan kemudahan bagi warga Samarinda untuk memperoleh uang baru berbagai macam pecahan.

"Giat ini terwujud berkat sinergi yang baik antara BI Kaltim, Pemkot Samarinda, dan perbankan, semoga masyarakat Samarinda lebih mudah memperoleh rupiah baru untuk keperluan lebaran mendatang," kata Rusmadi.

Baca Juga: Polresta Samarinda akan Pidanakan Pelemparan Petasan Sembarangan 

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya