Ini Tiga Pejabat Utama Baru di Jajaran Polda Kaltim

Pergantian pejabat menjadi perintah Kapolri

Balikpapan, IDN Times - Polda Kalimantan Timur (Kaltim) merotasi gerbong mutasi pejabat utamanya sesuai perintah dalam telegram rahasia Kapolri langsung. Tiga pejabat baru langsung dilakukan prosesi serah terima jabatan di Mapolda Kaltim, Rabu (18/8/2021). 

Ditemui usai memimpin jalannya sertijab, Kapolda Kaltim Irjen Pol Herry Rudolf Nahak mengatakan pergantian tersebut meliputi pejabat Kabid Humas Polda Kaltim, Kapolresta Balikpapan, dan Kapolres Bontang.

1. Para pejabat Polda Kaltim yang dirotasi

Ini Tiga Pejabat Utama Baru di Jajaran Polda KaltimProses pelantikan tiga pejabat utama jajaran Polda Kaltim, Rabu (18/8/2021). Foto istimewa

Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Pol Ade Yaya Suryana ditarik sebagai Analis Kebijakan Madya Bidang PDI DIV Humas Mabes Polri.  Penggantinya, Kombes Pol Yusuf Sutejo yang sebelumnya menjabat Tutor Utama Lemdiklat Polri. 

Sedangkan Kapolres Balikpapan Kombes Pol Turmudi akan digantikan Kombes Pol V Thirdy Hadmiarso yang sebelumnya menjabat sebagai Itwasda Polda Metro Jaya.

Kapolres Bontang AKBP Hanifa Martunas Siringoringo diangkat dalam jabatan baru sebagai Kabagbekum Rolog Polda Kaltim. Digantikan oleh AKBP Hamam Wahyudi yang sebelumnya menjabat Kapolres Pandeglang Polda Banten diangkat dalam jabatan baru sebagai Kapolres Bontang.

Baca Juga: Kisah Pejuang Balikpapan untuk Mendengar Pidato Proklamasi 

2. Kapolda Kaltim meminta pejabat baru belajar dengan pejabat lama

Ini Tiga Pejabat Utama Baru di Jajaran Polda KaltimKapolda Kaltim Irjen Pol Herry Rudolf Nahak dalam pelantikan tiga pejabat utama jajarannya, Rabu (18/8/2021). Foto istimewa

Dalam kesempatan ini, Herry meminta pejabat baru dilantik agar memperhatikan tugas utama sesuai perintah pimpinan. Seperti contohnya soal penanganan COVID-19 terutama ditujukan pada pejabat di Balikpapan dan Bontang.

Untuk itu, Herry meminta baik kepada Kapolresta Balikpapan dan Kapolres Bontang yang baru. Untuk belajar dari Kapolresta yang lama, apa kesalahan-kesalahannya kemudian lakukan berbagai upaya dalam mengatasi pandemik COVID-19. 

"Saya kira aturan-aturan sudah ada yang kita kerjakan selama ini. Tinggal melanjutkan dan melakukan pengembangan-pengembangan saya kira itu," paparnya.

3. Kabid Humas Polda Kaltim pamitan dengan media massa di Kaltim

Ini Tiga Pejabat Utama Baru di Jajaran Polda KaltimKabid Humas Polda Kaltim Kombes Pol Ade Yaya Suryana (IDN Times/Mel Hapsari)

Di tempat terpisah, Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Pol Ade Yaya Suryana mengucapkan terima kasih kepada rekan-rekan yang sudah melaksanakan tugas selaku jurnalis dengan baik. Harapnya, itu juga dilakukan terhadap Kabid Humas Polda Kaltim yang baru.

"Saya mohon maaf apabila selama kebersamaan kita ada hal-hal yang tidak berkenan, itu bukan keinginan saya, tapi kapasitas kabid humas, saya maunya setiap saat kasih berita, tanpa memikirkan apa yang akan muncul, tapi saya kira selalu saya layani dengan baik," ungkapnya

Setengah becanda, Kombes Pol Yusuf Sutejo menimpali, bahwa sebenarnya dia hanya pengganti beliau. "Kalo kabid humasnya tetap Pak Ade, karena mereka pemegang rekor kabid humas terlama, hampir lima tahun," imbuhnya.

Jabatan hampir lima tahun tersebut, menurutnya sebuah prestasi yang tidak bisa dianggap enteng, menurutnya, jika beliau tidak sangat baik pasti sebentar, akan tetapi lantaran beliau sangat baik, maka dipercaya dan dipertahankan oleh pimpinannya.

Kemudian Yusuf juga ingin bekerja sama dengan rekan-rekan media, harapnya apa yang dilakukan kepada Kabid Humas Sebelumnya agar tidak dikurangi, diakuinya bahwa ia masih orang baru di bidang media. "Saya masih banyak harus belajar dengan baik," imbuhnya.

4. Kapolres Balikpapan langsung memetakan masalah di tempatnya bertugas

Ini Tiga Pejabat Utama Baru di Jajaran Polda KaltimDok Humas Polres Kebumen

Adapun Kapolresta Balikpapan yang baru dilantik Kombes Pol V. Thirdy Hadmiarso meminta kepada masyarakat Balikpapan untuk dapat menerima sebagai warga Balikpapan yang baru.

“Secara pribadi terima kasih atas penerimaan sebagai warga Balikpapan mohon diterima. Apa yang sudah dilaksanakan pejabat lama akan saya terus laksanakan,” ucapnya.

Upaya yang dilakukan ke depan kata Thirdy masih fokus terkait penanganan pandemik COVID-19. Selain itu juga memastikan keamanan dan ketertiban masyarakat tetap terjaga dengan baik.

Mantan Itwasda Polda Metro Jaya ini juga tengah melakukan pemetaan terkait kendala yang dihadapi serta upaya penurunan dampak pandemik.

5. Kapolres Balikpapan kagum dengan keberagaman di Kota Beriman

Ini Tiga Pejabat Utama Baru di Jajaran Polda KaltimPemandangan Kota Balikpapan Kaltim. Dok

Thirdy yang pernah menjabat Kapolres Semarang ini mengaku kagum suasana di Balikpapan.  Di mana masyarakat yang heterogen berdampingan dan hidup rukun.

"Kota Balikpapan luar biasa masyarakat sangat guyub diharapkan semua bekerja sama mampu mengendalikan mulai dari keamanan dan kesejahteraan," paparnya. 

Dia menambahkan pengalaman bertugas di ibu kota negara yang sesuai akan diterapkan di Balikpapan.

“Ini suasana baru bagi saya karena selama ini bertugas di ibu kota Jakarta di Polda Metro Jaya apa yang bisa diterapkan akan saya terapkan di Balikpapan,” jelasnya.

Thirdy juga akan memaksimalkan peran quick response 110 Polresta Balikpapan yang sudah diterapkan. “Seperti harapan Kapolda yang sudah dilakukan terkait 110 akan terus dilakukan terhadap pelayanan masyarakat yang di lakukan Polresta Balikpapan,” tandasnya.

Baca Juga: Komplotan Perampok Rumah Mewah Balikpapan Diringkus di Batam

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya