Balikpapan Fest, Gelaran Akbar Siap Meriahkan HUT ke-123 Kota Minyak

Berikut agenda dan waktu kegiatan Balikpapan Fest 2020

Balikpapan, IDN Times – Balikpapan akan berusia 123 tahun pada 10 Februari 2020 ini. Menyambut hari jadi kota ini, Pemkot Balikpapan bersama stakeholder menggarap Balikpapan Fest (Festival) 2020. Kegiatan terakbar yang pernah ada di Kota Minyak ini siap menghibur seluruh masyarakat.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Balikpapan Doortje Marpaung mengatakan, Balikpapan Fest 2020 akan berlangsung sejak 5 hingga 16 Februari 2020. Sementara opening ceremony Balikpapan Fest 2020 akan dilaksanakan di Balikpapan Tennis Stadium, pada Kamis (6/2), pukul 19.00 Wita.

“Balikpapan Fest bertemakan The Age of Collaboration. Ini akan menjadi kegiatan terbesar di kota ini. Karena hanya ada tiga kegiatan di Kaltim yang telah menjadi agenda tetap Kementrian Pariwisata, diantaranya Festival Erau dan Balikpapan Fest,” katanya kepada awak media, Senin (3/2) sore.

1. Balikpapan Menari akan pecahkan rekor Muri

Balikpapan Fest, Gelaran Akbar Siap Meriahkan HUT ke-123 Kota MinyakPemkot Balikpapan, Panitia Balikpapan Fest 2020 dan beberapa pihak penyelenggara Balikpapan Fest 2020 menggelar konferensi pers, Senin (3/2) sore. (IDN Times/Surya Aditya)

Lebih lanjut, Doortje memaparkan, ada 42 kegiatan dalam Balikpapan Fest 2020 nanti. Salah satunya BPN GO 123. Kegiatan dengan konten kuliner, lifestyle dan fashion ini akan berlangsung di Balikpapan Tennis Stadium, pada 5 sampai 9 Februari 2020.

Selain itu ada juga Fashion Week di Pentacity, E-walk dan Grand Jatra Hotel Balikpapan Super Block (BSB), pada tanggal 7 hingga 9 Februari 2020.

Kegiatan yang bekerja sama dengan manajemen BSB ini akan menghadirkan 30 desainer terkenal, baik dari dalam maupun luar Balikpapan.

Pada 10 Februari 2020, atau tepat pada hari jadi Balikpapan, akan ada kegiatan Balikpapan Menari dengan tema Tarian Nusantara. Acara tersebut berlangsung setelah upacara pagi memperingati HUT Balikpapan di Lapangan Merdeka, Balikpapan Kota.

“Pada acara Balikpapan Menari ini kami akan memecahkan rekor Muri dengan melibatkan 2500 penari dari seluruh kalangan di Balikpapan, seperti pelajar sekolah,” papar mantan Kepala Dinas Kesehatan Balikpapan itu.

Baca Juga: Demi Minum Kopi, Dua Pemadat Nekat Jualan Sabu-sabu Abal-abal 

2. Balikpapan Fest 2020 akan ditutup dengan acara orkestra di pinggir Pantai Manggar

Balikpapan Fest, Gelaran Akbar Siap Meriahkan HUT ke-123 Kota MinyakJogja Fashion Carnival 2019_Istimewa/Dinas Pariwisata DIY

Selain Balikpapan Menari, lanjut Doortje, Balikpapan Film Festival di Gedung Kesenian Balikpapan juga siap menghibur warga, pada Selasa (11/1). Kegiatan yang dikemas dalam sebuah kompetisi ini bertujuan menumbuhkembangkan bakat bagi insan perfilman di Balikpapan.

Setelah itu, pada Sabtu (15/1), Balikpapan Fest 2020 akan dilanjutkan dengan acara Fashion Carnaval di Pusat Kota Balikpapan. Menariknya dalam acara ini, penari asal Prancis, Senegal dan Thailand bakal ambil bagian dalam Fashion Carnaval.

Festival Pesisir di Pantai ManggarSegarasari akan menjadi penutup rangkaian Balikpapan Fest. Akan ada banyak hiburan menarik dan unik dalam kegiatan yang berlangsung pada 15 hingga 16 Februari 2020 ini. Salah satunya orkestra di pinggir pantai dari COFF (Choral Orkestra Folklore Festival).

Selain itu, Festival Pesisir juga akan diisi penampilan budaya tradisional, lomba perahu naga, perahu hias, lomba memasak, festival layang-layang dan lomba PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Jadi, jangan sampai terlewat, ya, kamu bisa ikuti kegiatan-kegiatan seru di Balikpapan Fest 2020.

“Balikpapan Fest tidak akan pernah bisa berjalan tanpa ada dukungan dari berbagai pihak. Jadi, kami ucapakan terima kasih banyak kepada semua pihak yang sudah terlibat dan membantu dalam kegiatan ini,” pungkasnya Doortje.

3. Sempat terhambat dana, Balikpapan Fest 2020 dipastikan siap dilaksanakan

Balikpapan Fest, Gelaran Akbar Siap Meriahkan HUT ke-123 Kota MinyakKetua Panitia Balikpapan Fest 2020, Armiwinsih. (IDN Times/Surya Aditya)

Namun kegiatan Balikpapan Fest 2020 belum habis sampai di situ. Ditambahkan Ketua Panitia Balikpapan Fest 2020, Armiwinsih (51), akan ada kegiatan sosial untuk melengkapi momen hari jadi Balikpapan.

“Nanti kami akan mengadakan bersih-bersih lingkungan di Pasar Pandansari. Kegiatan sosial ini atas usul warga Balikpapan, jadi kami selalu menampung dan mengkaji setiap usulan yang masuk,” kata perempuan berhijab itu.

Lebih jauh, Armi – sapaan Armiwinsih – menjelaskan, Balikpapan Fest 2020 sudah digarap sejak jauh-jauh hari, tepatnya sejak November 2019. Dalam menyusun acara tersebut bukan tanpa ada kendala.

Armi mengaku, masalah yang paling dirasakan adalah soal pendanaan. Timnya harus mencari dana secara mandiri untuk membuat kegiatan ini. Meski begitu, dia memastikan Balikpapan Fest 2020 siap dihelat dan menghibur warga Balikpapan.

“Sempat ada hambatan dana, karena Pemkot Balikpapan juga lagi defisit. Jadi kami harus cari lagi ke pihak lain. Tapi sekarang sudah gak ada masalah, Balikpapan Fest 2020 sudah mencapai 90 persen, 42 kegiatan yang direncanakan sudah siap dilaksanakan,” ucap wanita yang juga menjabat sebagai Kepala BPD Kaltim Kaltara Cabang Balikpapan itu.

Diberitakan sebelumnya, untuk membuat seluruh rangkaian kegiatan Balikpapan Fest 2020, dibutuhkan anggaran senilai Rp4,5 miliar. Armi menerangkan, anggaran tersebut didapat dari berbagai kalangan, seperti Pemkot Balikpapan, Kementerian Pariwisata hingga instansi swasta. “Ada juga dari Badan Usaha Milik Negara,” tutupnya

Baca Juga: Anggaran HUT Kota Balikpapan Membengkak, Mencapai Rp4,5 Miliar

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya