Comscore Tracker

Paslon Ardiansyah-Kasmidi Bulang Unggul di Pilkada Kutai Timur

Kandidat Ardiansyah-Kasmidi berhasil meraih 46.084 suara

Sangatta, IDN Times - Sembilan daerah di Kaltim telah pungkas laksanakan pilkada serentak pada 9 Desember 2020 lalu. Termasuk Kutai Timur. Di kabupaten ini pasangan nomor urut tiga, Ardiansyah Sulaiman-Kasmidi Bulang (ASKB) memimpin sementara. Keduanya mengungguli paslon nomor urut satu Mahyunadi-Kinsu dan paslon nomor urut dua Awang Ferdian Hidayat-Uce Prasetyo.

“Alhamdulillah berdasarkan hitung cepat dari data di semua kecamatan, kami berhasil memperoleh jumlah suara hingga 47 persen. Ini unggul dari dua paslon lainnya,” ujar Ardiansyah saat dikonfirmasi pada Selasa (15/12/2020) sore.

1. Paslon Ardiansyah-Kasmidi Bulang berhasil meraih 46.084 suara

Paslon Ardiansyah-Kasmidi Bulang Unggul di Pilkada Kutai TimurPasangan nomor urut tiga, Ardiansyah Sulaiman-Kasmidi Bulang (ASKB) saat bincang-bincang dengan media pada 9 Desember 2020 lalu usai Pilkada Kutai Timur (Dok.IDN Times/istimewa)

Tak hanya dari hitung cepat. Kemenangan pasangan ini juga tercatat dalam laman pilkada2020.kpu.go.id. Hasil hitung sirekap tersebut tak jauh berbeda. ASKB masih memimpin dengan raihan 47,0 persen atau 46.084 suara. Dari belakang paslon Mahyunadi-Kinsu mengejar dengan 35.820 suara atau 36,5 persen. Terakhir duet Awang Ferdian Hidayat-Uce Prasetyo hanya meraih 16.202 suara atau setara 16,5 persen. Ardiansyah pun mengapresiasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kutim karena berhasil menyelenggarakan kenduri demokrasi. Pun demikian dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kutim dalam urusan pengawasan. Perhelatan lima tahun sekali ini berlangsung damai.

“Kami juga mengapresiasi aparat TNI-Polri yang telah bertugas dengan baik,” terangnya.

Baca Juga: Penghitungan KPU Belum Tuntas, Jawara Pilkada Samarinda Bisa Berubah

2. Enggan jemawa dengan hasil yang diraih

Paslon Ardiansyah-Kasmidi Bulang Unggul di Pilkada Kutai TimurIlustrasi warga pemilih memasukan surat suara pada kotak surat suara saat simulasi pilkada (IDN Times/Hilmansyah)

Dia juga menuturkan perhelatan pilkada memang berbeda dari biasanya sebab terjadi saat virus corona mewabah. Paslon harus menyiapkan tenaga ekstra untuk bertemu dengan warga. Total ada 200 titik yang dikunjungi sebelum masa tenang. Walau memimpin sementara, pihaknya enggan jemawa. Hasil pasti dari KPU Kutim selalu dinanti.

“Kami ucapkan terima kasih kepada masyarakat Kabupaten Kutim yang telah mempercayakan kami berdua. Menata kembali Kabupaten Kutim di periode mendatang,” imbuhnya.

3. Kemenangan Ardiansyah-Kasmidi Bulang adalah kemenangan masyarakat Kutai Timur

Paslon Ardiansyah-Kasmidi Bulang Unggul di Pilkada Kutai TimurIlustrasi pilkada serentak. IDN Times/Mardya Shakti

Dia menambahkan, kepada seluruh sukarelawan atau pendukung ASKB mulai dari kabupaten hingga kecamatan agar mengawal pesta demokrasi di Kutai Timur menjadi pikada yang damai. Tak hanya itu, apa pun hasilnya harus  diterima dengan lapang dada dan tidak mengedepankan emosional. Intinya kemenangan ASKB adalah kemenangan masyarakat Kutim.

"Kepada semua pendukung ASKB saya ucapkan terima kasih banyak. Alhamdulillah semua tetap solid,” pungkasnya.

Baca Juga: Satu Kaki Paslon Andi Harun-Rusmadi Sudah Masuk Balai Kota Samarinda

Topic:

  • Anjas Pratama

Berita Terkini Lainnya