Laga Kandang Piala AFF Akhirnya Digelar dengan Penonton

PSSI memperjuangkan izin dari kepolisian

Samarinda, IDN Times - Upaya yang dilakukan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan menghadirkan penonton pada laga kandang Timnas Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, pada Piala AFF 2022 berujung manis setelah keluarnya izin dari kepolisian.

"Alhamdulillah, usaha keras kita dalam meminta izin untuk menghadirkan penonton pada dua laga kandang timnas senior di babak penyisihan grup Piala AFF di Stadion Gelora Bung Karno (SUGBK), dikabulkan oleh Mabes Polri." kata Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan diberitakan Antara, Senin (19/12/2022). 

1. Permintaan PSSI sudah dijawab Mabes Polri

Laga Kandang Piala AFF Akhirnya Digelar dengan PenontonKetua Umum PSSI Mochamad Iriawan (kiri) mengunjungi stadion Mandala Krida Yogyakarta. (IDN TImes/Tunggul Kumoro)

Permohonan Ketua Umum PSSI dijawab oleh Mabes Polri melalui surat izin bernomor SI/430/XII/YAN.2.1/2022/BAINTELKAM yang mengizinkan pertandingan AFF Mitsubishi Electric Cup 2022 dapat dihadiri penonton di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta dengan proses yang ketat.

Menurut jadwal, Indonesia akan menjamu Kamboja pada Jumat (23/12) di mana permohonan Ketua Umum PSSI bisa disaksikan langsung oleh 30 ribu penonton. Sedangkan ketika timnas menjamu Thailand di tempat yang sama pada 29 Desember, Iwan Bule memohon 50 ribu penonton hadir dalam SUGBK.

"Terima kasih kami ucapkan kepada Bapak Presiden RI Joko Widodo, Bapak Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Bapak Menpora Zainudin Amali dan pihak-pihak lainnya yang telah merestui serta membantu terwujudnya keinginan dari para penggemar sepakbola Indonesia," katanya menambahkan.

Baca Juga: Balikpapan akan Menggelar Outlook Apeksi 2022

2. Arti penting kehadiran penonton mendukung Timnas Indonesia

Laga Kandang Piala AFF Akhirnya Digelar dengan PenontonAksi pemain Timnas U-19, Kakang Rudianto, saat berhasil timnya mengalahkan Brunei Darussalam di babak penyisihan Piala AFF U-19 2022, Senin (4/6/2022). (IDN Times/Tata Firza)

Apa yang diperjuangkan Iwan Bule untuk menghadirkan penonton ke stadion bukannya tanpa alasan, karena para suporter yang menjadi pemain ke-12 itu bisa menjadi penambah semangat para pemain timnas dalam perjalanannya meraih trofi Piala AFF untuk kali pertamanya.

Namun, Iwan Bule pun meminta kepada calon penonton nantinya untuk selalu tertib dan menaati peraturan yang diterapkan pihak penyelenggara.

3. Pendukung timnas agar menjaga kepercayaan pihak kepolisian

Laga Kandang Piala AFF Akhirnya Digelar dengan PenontonTimnas Indonesia Senior saat tampil di pertandingan (IDN Times/Herka Yanis)

Karena ini, Iwan meminta para pendukung timnas menjawab kepercayaan sudah diberikan kepolisian. Salah satunya dengan terus menjaga perilaku selama mendukung kesebelasan di Indonesia.

"Mari kita jaga kepercayaan yang diberikan pihak Kepolisian kepada kita ini dalam mendukung Timnas Senior di SUGBK nanti. Mohon saudara-saudaraku para suporter yang hadir untuk selalu tertib dan mengikuti aturan-aturan yang berlaku, sehingga kondisi dari awal hingga akhir berjalan kondusif," imbau Iwan Bule.

Upaya keras Iwan Bule ini pun diapresiasi suporter Timnas. "Terima kasih Ketua PSSI atas upayanya, akhirnya kita bisa memberikan dukungan langsung kepada Timnas di Stadion," kata Zamroni, suporter asal Lebak Bulus.

Baca Juga: Karantina Pertanian Balikpapan Musnahkan Komoditas dari 5 Negara Asing

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya