Comscore Tracker

Info Rute dan Lokasi ke Pantai Melawai di Kaltim

Spot menarik untuk menikmati senja

Balikpapan, IDN Times - Kalimantan sebagai salah satu pulau besar di Indonesia sangat terkenal akan sumber daya alamnya. Hal ini menjadikan pulau ini menjadi salah satu pulau dengan perekonomian yang berkembang pesat di Indonesia. 

Keadaan tersebut sangat memungkinkan Pulau Kalimantan menjadi salah satu tujuan kunjungan bagi wisatawan lokal maupun internasional. Ada banyak sekali wisata alami, khususnya pantai yang ada di Kalimantan, khususnya Kota Balikpapan.

Pantai Melawai adalah salah saru destinasi wisata yang cukup populer di kota ini.  Seiring berjalannya waktu, pantai ini terus saja menarik perhatian wisatawan lokal maupun luar daerah. Ingin tahu lebih banyak soal Pantai Melawai? Yuk, scrolling

1. Pesona Pantai Melawai

Info Rute dan Lokasi ke Pantai Melawai di KaltimPantai Melawai Balikpapan (IDN Times/ Mela Hapsari)

Pantai Melawai memang tidak seperti pantai lain pada umumnya, pantai ini tidak memiliki bibir pantai dengan hamparan pasir dari ujung hingga ujung. Bibir pantai ini dibatasi oleh batuan karang serta tembok dari beton.

Walaupun begitu, pantai ini menawarkan pemandangan indah nan menarik yang tidak bisa kalian temukan di tempat lain. Jika memandang jauh ke laut, akan terlihat pemandangan laut biru yang di atasnya terdapat aktivitas lalu lalang kapal. 

Jika melihat ke daratan, kalian akan langsung diperlihatkan dengan kondisi jalan yang penuh kendaraan berlalu lalang. Dari sini juga terlihat dengan jelas gedung-gedung bertingkat yang ada di sekitar kawasan pantai. 

Baca Juga: Surga Kuliner, 12 Tempat Makan di Balikpapan Hidangan Khas Nusantara

2. Panorama Teluk Balikpapan dan Pulau Tukung

Info Rute dan Lokasi ke Pantai Melawai di KaltimPantai Melawai (instagram.com/bpp_kece)

Bersantai sejenak di pantai ini, akan menyejukkan mata dengan panorama Teluk Balikpapan yang indah. Menjadi lokasi hilir mudik kapal-kapal industri migas hingga tambang batu bara di Kaltim. Kapal nelayan Balikpapan juga menggantungkan nasibnya dari hasil tangkapan di tempat ini. 

Di tempat ini, pengunjung pun bisa menyaksikan sebuah pulau kecil yang dinamai dengan Pulau Tukung atau Pulau Babi. Sebuah pulau karang kecil berdiameter sekitar 30 meter yang berjarak 200 meter dari bibir Pantai Melawai. 

3. Senja di Pantai Melawai

Info Rute dan Lokasi ke Pantai Melawai di Kaltimgetborneo.com

Selain itu, pantai ini merupakan surga bagi para penikmat senja, di sini kalian bisa melihat proses sunset dengan jelas. Ketika cuaca sedang cerah, maka langit jingga serta pancaran cahaya matahari yang memantul di laut akan terlihat jelas tanpa halangan apa pun di sini.

Ketika matahari sudah terbenam, pantai ini malah mulai ramai dikunjungi oleh para pengunjung. Hal ini disebabkan karena pada malam hari pantai ini akan dihiasi dengan cahaya lampu kapal yang terombang ambing di tengah lautan lepas. Suasana itu menjadi daya tarik sendiri bagi orang-orang untuk berkunjung ke tempat ini pada malam hari.

Tak hanya menikmati suasana di malam hari, di sini juga terdapat kafe-kafe yang menyediakan makanan ringan serta makan malam untuk menemani suasana malam hari yang dingin. Ada juga berbagai minuman hangat maupun dingin, mulai dari kopi, teh, hingga jus yang akan menemani malam harimu. 

4. Lokasi dan rute

Info Rute dan Lokasi ke Pantai Melawai di KaltimPantai Melawai Balikpapan (IDN Times/ Mela Hapsari)

Pantai Melawai berada di kawasan yang cukup strategis, dekat dengan Pelabuhan Semayang dan Teluk Banua Patra. Pantai ini juga berlokasi tak terlalu jauh dari pusat kota Balikpapan.

Untuk sampai ke kawasan Pantai Melawai, kalian harus menempuh jarak sekitar 3 km dari pusat kota. Kondisi jalannya sangat baik dan mudah dilalui, sehingga akses kendaraan pribadi dan kendaraan umum sangat mudah ke tempat ini.

Untuk yang menaiki kendaraan umum, gunakan angkutan kota nomor 6 atau 3 untuk sampai ke tempat ini. Sedangkan untuk kendaraan pribadi, masuk ke jalan Dl. Panjaitan, kemudian belok kanan menuju jalan Dr. Sutomo. Belok kiti menuju jalan P. Antasari, melewati kantor kesebangpol Balikpapan, lalu megarah ke jalan Jenderal Sudirman.

5. Berdampingan dengan kilang Pertamina

Info Rute dan Lokasi ke Pantai Melawai di Kaltimilustrasi Teluk Balikpapan (Dok.IDN Times/Istimewa)

Pantai Melawai lokasinya tepat berdampingan dengan kilang pengolahan minyak Pertamina Balikpapan. Di tempat ini sedang dalam proses upgrade peningkatan kapasitas pengolahan BBM Pertamina guna memenuhi kebutuhan masyarakat di Indonesia timur. 

Sehingga tidak jarang, pengunjung akan melihat aktivitas kapal-kapal maupun pegawai Pertamina yang melintas di perairan Pantai Melawai maupun sepanjang Jalan Jenderal Sudirman Balikpapan. 

Sehingga masyarakat Balikpapan sudah paham dengan Pantai Melawai yang identik dengan Pertamina.

Sudah menjawab rasa penasaran kalian atau belum? Untuk lebih jelasnya, langsung aja dong ke Pantai Melawai Balikpapan. 

Baca Juga: Aquaboom BSB Wisata Air Idola Warga Balikpapan

Topic:

  • Linggauni
  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya