Comscore Tracker

Potret Pantai Tanah Merah di Mana Hutan Pinus Begitu Memesona 

Wisata pantai di Kutai Kartanegara

Kukar, IDN Times - Indonesia negara yang sangat beragam akan potensi wisata alamnya yang memesona. Terbentang luas dari Sabang hingga Merauke. 

Salah satu bukti akan pesona alam Indonesia ialah kawasan Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur (Kaltim) yang terdapat pemandangan indah dari Pantai Tanah Merah. 

Di pantai ini pengunjung akan disuguhkan nuansa magis nan eksotis.Tak hanya itu, terdapat pula beberapa pohon bakau dan pinus serta hamparan pasir putih yang memberikan atmosfer syahdu.

Untuk membahas lebih jauh  tentang potret terbaik pantai Tanah Merah. Berikut di bawah ini adalah ulasannya. Check it out!

1. Akses yang mudah

Potret Pantai Tanah Merah di Mana Hutan Pinus Begitu Memesona Ilustrasi Moda Transportasi. (IDN Times/Mardya Shakti)

Dengan keindahan dari Pantai Tanah Merah ini, tak heran pantai ini termasuk dalam salah satu destinasi wisata yang cukup populer di Kutai Kartanegara. 

Banyak pengunjung yang sengaja datang ke pantai ini untuk menikmati potret terbaik Pantai Tanah Merah, dan melepas penas dan menikmati waktu liburan dan pastinya ingin mengabadikan beberapa gambar di pantai yang indah ini dalam bentuk foto. 

Berada di dekat pusat Kota Balikpapan dan tak jauh dari Selat Makassar, pantai ini memiliki akses yang mudah dan termasuk dalam lokasi yang cukup strategis. Butuh waktu perjalanan sekitar 1 jam jika berangkat dari Kota Beriman.

2. Pasir berwana merah

Salah satu potret terbaik Pantai Tanah Merah ialah tanah di pantai ini berwarna merah, karena itulah dinamai Pantai Tanah Merah. 

Pada bagian pesisir terdapat hamparan pasir putih yang indah dan kawasan ini begitu landai. Hal ini sangat cocok untuk anda berjalan-jalan sambil menikmati pemandangan perairan sekitar dan pasir putih yang memanjakan mata anda. 

Baca Juga: Kesultanan Kukar tentang Sejarah Masuknya Islam ke Kalimantan  

3. Menikmati kebersamaan bersama keluarga di pantai

Potret Pantai Tanah Merah di Mana Hutan Pinus Begitu Memesona Pantai di Kutai Kartanegara Kalimantan Timur. (IDN Times/Wibisono)

Bermain, berlari-lari ataupun rebahan bersama teman maupun keluarga sangatlah cocok sambil menikmati pemandangan panorama alam pantai ini. 

Di Pantai Tanah Merah ini juga terdapat sebuah jembatan kayu yang populer bagi para pengunjung dan salah satu potret terbaik Pantai Tanah Merah.

Banyak dari pengunjung yang menjadikan latar belakang dari pantai ini sebagai tempat untuk menghasilkan foto-foto yang indah. 

4. Hamparan pohon pinus

Potret Pantai Tanah Merah di Mana Hutan Pinus Begitu Memesona Pohon pinus yang banyak ditemui di pantai-pantai Kutai Kartanegara Kalimantan Timur. (IDN Times/Wibisono)

Pengunjung akan disambut dengan hamparan pohon pinus yang merupakan potret terbaik Pantai Tanah Merah ketika telah masuk beberapa meter mendekati lokasi pantai. 

Pohon-pohon tersebut berdiri kokoh dan gagah menjulang tinggi, karena hal itulah anda akan merasakan pancaran aura magis yang sulit digambarkan. Para pengunjung bisa melihat sejumlah pohon bakau yang tumbuh subur di bagian pesisir dan beberapa jenis pohon lainnya yang beragam. 

Keberadaan pohon-pohon di pantai ini menunjukkan bahwa Pantai Tanah Merah memiliki dan memberikan suasana yang teduh dan sejuk daripada pantai-pantai lainnya. 

5. Kedalaman pantai yang dangkal

Pantai Tanah Merah ini memiliki kedalaman yang masih relatif dangkal yaitu sekitar 300 meter dari bibir pantai. Anda bisa beraktivitas seperti berenang ataupun hanya bermain-main sambil mencari binatang laut yang merupakan salah satu potret terbaik Pantai Tanah Merah.

Pada hari-hari libur terdapat beberapa acara hiburan di sebuah panggung pertunjukkan yang ada di pantai ini. Butuh tenaga ekstra untuk jika anda ingin mencapai bagian bibir pantai yang harus ditempuh kurang lebihnya sekitar 800 meter

6. Menikmati sunset

Menikmati pemandangan di Pantai Tanah Merah ini dalam waktu yang lama tidaklah terasa.  Sebagai potret terbaik Pantai Tanah Merah pengunjung akan disuguhkan pemandangan indah dari matahari yang terbenam. 

Pemandangan yang menciptakan atmosfer syahdu ini akan memberikan ketenteraman dalam hati dan pikiran siapa pun yang melihatnya. Hal ini cocok bagi para pengunjung yang ingin sejenak melupakan hiruk pikuk kehidupan kota.

7. Fasilitas yang lengkap

Tak lengkap rasanya jika membicarakan potret terbaik Pantai Tanah Merah , tanpa membahas fasilitas yang lengkap di pantai ini.

Fasilitas di Pantai ini juga cukup lengkap di antaranya yaitu tempat parkir yang luas, toilet umum, pondok-pondok untuk beristirahat dan juga warung-warung yang menyediakan berbagai makanan maupun minuman, karena itulah para pengunjung semakin betah ketika berada di pantai ini.

Penutup:

Itulah beberapa potret terbaik dari Pantai Tanah Merah yang dapat diberikan. Anda wajib berkunjung ke pantai ini jika memiliki kesempatan dan waktu, yang pastinya tidak akan anda sesali setelah sampai dan menikmati pemandangan yang diberikan Pantai Tanah Merah ini.

Baca Juga: Air Terjun Batu Lapis di Kutai Timur  yang Konon Dikenal Angker

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya