Comscore Tracker

Wisata Air Terjun Mahulu di Perbatasan dengan Malaysia

Pariwisata di Mahulu dikenal masih perawan

Mahulu, IDN Times - Halo para petualang yang menggemari wisata outdoor, pastinya sudah pernah mendengar Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu) di Kalimantan Timur (Kaltim) dong. 

Satu kabupaten yang letaknya berbatasan langsung dengan negeri jiran Malaysia. Wilayah pedalaman Borneo ini sangat terkenal dengan wisata alam yang masih perawan, dari arum jeram, hutan nan lebat, hingga keanekaragaman hayati Kalimantan. 

Mari sama-sama kita simak keindahan alam masih perawan disimpan masyarakat Mahulu. Yuk, scrolling guys. 

1. Belasan wisata air terjun di Mahulu

Wisata Air Terjun Mahulu di Perbatasan dengan MalaysiaAir terjun Kohong di Mahakam Ulu Kalimantan Timur. Foto Antara

Mahulu sesuai namanya menjadi hulu Sungai Mahakam yang yang mengalir ke sejumlah kota/kabupaten di Kaltim hingga ke laut. Sehingga pantas saja bila di tempat tersebut terdapat 13 air terjun yang menjadi wisata andalan. 

Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh mengungkapkan, daerahnya memiliki 13 air terjun dengan kategori besar, kecil, tinggi, hingga rendah. Wisata alam yang tidak dimiliki daerah lain di seluruh Indonesia. 

"Mahakam Ulu itu eksotik dan menarik sebagai salah satu daerah kunjungan wisata," katanya saat Festival Hudoq Cross Border 2019.

Baca Juga: Rekomendasi Kafe Kekinian dan Ramah Kantong di Berau

2. Air Terjun Jantur Kenheq

Salah satu air terjun tertinggi yaitu Air Terjun Jantur Kenheq terletak di Kampung Long Tuyoq Kecamatan Panghangai Mahulu. Air terjun ini memiliki keunikan yang tidak dimiliki air terjun lain, yaitu air yang jatuh langsung ke badan Sungai Mahakam.  

Pasalnya air terjun lainnya tidak langsung jatuh ke badan sungai. Begitu tinggi Air Terjun Jantur Kenheq ini sehingga menimbulkan kabut air di sekitarnya, dikelilingi oleh hutan yang masih asri menambah keindahan dari air terjun yang satu ini

Air Terjun Jantur Kenheq merupakan hadiah terindah dari alam bagi petualang yang mengarungi Sungai Mahakam, jika ingin sampai ke hulu dari Sungai Mahakam dapat melewati Riam Haloq, Riam Udang, dan Riam Panjang.

Suasana basah nan asri sepanjang perjalanan, sekaligus hutan belantara yang berdiri seakan di atas awan. Jika melakukan perjalanan dari hilir Riam Panjang, maka dapat menikmati indahnya Air Terjun Jantur Kenheq dari atas speedboat.

3. Air Terjun Jantur Kohong

Selanjutnya ada Air Terjun Jantur Kohong yang berada di Kampung Ujoh Bilang Long Bagun Mahulu. Wisata ini telah menjadi objek favorit bagi warga maupun pengunjung karena cocok untuk liburan bersama keluarga tercinta, selain itu jaraknya juga dekat dari ibu kota kabupaten.

"Saya ke sini bersama rombongan dari Puskesmas Ujoh Bilang. Jumlah rombongan kami sekitar 30 orang yang merupakan keluarga besar Puskesmas. Saya baru pertama ke sini, tapi merasa nyaman," ucap Sari Niza Ana, perawat Puskesmas Ujoh Bilang saat berada di Jantur Kohong.

Jantur Kohong membutuhkan waktu tempuh 30 menit dari Kantor Bupati Mahakam Ulu. Setelah itu cukup berjalan kaki menuju lokasi wisata air terjun memakan waktu tempuh 5 hingga 7 menit melintasi hutan. 

Air Terjun Jantur Kohong memiliki ketinggian kurang lebih 5 meter, dan memiliki lebar kurang lebih 15 meter. Butuh perjuangan memang untuk menjangkau lokasi Mahulu ini. 

Wisata air terjun ini memang masih bernuansa alam nan asri. Masih banyak hal yang bisa dikembangkan dalam industri pariwisata di Mahulu. 

Tetapi, para pencinta wisata traveling pastinya akan takjub dengan seluruh keindahan alam serta keanekaragaman hayati di Mahulu ini.

Baca Juga: Sungai Mahakam sebagai Tempat Keramat Masyarakat Mahulu

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya