Comscore Tracker

Pemerintah Membantu Penyambungan Listrik Gratis di Kaltara

Program gratis 364 rumah tangga tidak mampu

Balikpapan, IDN Times - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengakomodasi sambungan listrik gratis kepada 364 rumah tangga di Kalimantan Utara (Kaltara). Program ini digelar melalui program BPBL menjadi sinergi antara Kementerian ESDM, DPR RI, PLN, dan pemerintah daerah sebagai upaya untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat serta peningkatan rasio elektrifikasi di seluruh Indonesia.

"Dengan memiliki akses listrik sendiri, diharapkan masyarakat penerima manfaat BPBL tidak lagi tergantung penyediaan listrik dari tetangga," kata Direktur Pembinaan Pengusahaan Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Jisman Hutajulu dalam pers rilis, Senin (7/11/2022). 

1. Penyambungan 80 ribu listrik rumah tangga di Indonesia

Pemerintah Membantu Penyambungan Listrik Gratis di KaltaraKementerian ESDM mengakomodasi sambungan listrik gratis kepada 364 rumah tangga di Kalimantan Utara. Foto PLN

Jisman hadir langsung dalam proses seremoni penyalaan pertama Program BPBL Kaltara di Tarakan. Dalam kesempatan itu, berhasil dituntaskan 80 ribu sambungan listrik rumah tangga se Indonesia hingga akhir tahun 2022. 

Selain untuk meningkatkan rasio elektrifikasi, program BPBL juga diharapkan dapat meningkatkan taraf hidup dan kemandirian masyarakat.

Jisman kemudian menambahkan ada 114 masyarakat Kota Tarakan yang menjadi penerima manfaat pada seremoni penyalaan BPBL kali ini.

"Sebanyak 364 rumah tangga calon penerima manfaat BPBL untuk Kaltara, di mana Kota Tarakan akan mendapatkan 114 sambungan rumah tangga yang tersebar di 4 kecamatan," ujarnya. 

Baca Juga: Pembangunan IKN Nusantara di Kaltim, Sampahnya Dibuang ke Mana?

2. Komitmen dari Kementerian ESDM dan PLN

Pemerintah Membantu Penyambungan Listrik Gratis di KaltaraPetugas PLN siaga menjaga keandalan jaringan listrik (dok. PLN)

Anggota Komisi VII DPR RI Arkanata Akram hadir daring menyampaikan apresiasi pelaksanaan program BPBL di Kaltara. 

"Saya berharap program ini berjalan dengan baik dan memberikan manfaat untuk masyarakat khususnya masyarakat Kota Tarakan," ujar Arkanata.

Demikian pula Wali Kota Tarakan Khairul menyambut baik rencana pemerintah dalam pelaksanaan program BPBL dan berharap agar usulan data penerima BPBL di daerahnya dapat diterima.

"Terima kasih ESDM dan PLN semoga program ini bisa terus dilanjutkan, usul saya agar semua usulan BPBL di daerah kami bisa diakomodir. Mudah-mudahan program ini dapat menyejahterakan masyarakat," paparnya. 

Pihak EVP Pelayanan Pelanggan Retail PT PLN (Persero) Saleh Siswanto mengaku siap menjalankan tugas dari pemerintah untuk pelaksanaan program BPBL ini.

"Kami siap bersinergi bersama pemerintah untuk mengeksekusi program-program yang sudah dicanangkan demi mewujudkan energi listrik yang berkeadilan bagi masyarakat Indonesia," kata Saleh.

3. Kesaksian dari warga penerima manfaat

Pemerintah Membantu Penyambungan Listrik Gratis di KaltaraKementerian ESDM mengakomodasi sambungan listrik gratis kepada 364 rumah tangga di Kalimantan Utara. Foto PLN

Setelah acara kegiatan seremoni penyalaan listrik dilakukan, dua warga penerima manfaat BPBL yakni Amar (31) dan Rizaldi (27) mengaku senang atas bantuan pasang listrik gratis yang diberikan oleh pemerintah ini.

"Sekarang enak punya listrik sendiri, dulu gak enakan sama ipar harus nyalur listrik dari rumahnya," kata Amar, nelayan yang sebelumnya menyalur listrik dari rumah kerabat.

Senada dengan Amar kebahagiaan juga ditampakkan oleh Rizaldi (27) yang sehari-hari berprofesi sebagai tukang bangunan. Ia mengaku sebelumnya menyalur listrik dari rumah di sebelahnya. "Iya sebelumnya dari sini (sebelah rumah), sekarang sudah ada," ungkapnya sambil memberikan senyum bahagianya.

Baca Juga: Wakil Gubernur Kaltim Terima Audiensi PT Kaltim Kariangau Terminal

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya