Comscore Tracker

Penampakan Misterius yang Sosoknya Seram di Kalimantan 

Masyarakat percaya dengan keradaan mereka

Balikpapan, IDN Times - Indonesia memiliki segudang cerita misteri yang tersebar di beberapa daerah, misalnya di Jawa terdapat banyak tempat-tempat keramat yang banyak dihuni oleh makhluk halus sampai wilayah Kalimantan.

Kita ketahui bahwa sebagian besar wilayah Kalimantan masih banyak hutan yang mitosnya terdapat banyak hantu di pedalaman.  Lalu, apa saja hantu paling seram di Kalimantan?

Kalimantan juga punya cerita misteri yang mungkin saja salah satunya sudah Anda ketahui. 

Pada pembahasan berikut ini dapat menjadi pembahasan yang menarik. Scrolling guys.

1. Kuyang

Penampakan Misterius yang Sosoknya Seram di Kalimantan boombastis.com

Sosok hantu yang menggemparkan ini datang dari Kalimantan, karena kata kuyang ini juga berasal dari cerita masyarakat di Kalimantan. Siluman yang berwujud kepala manusia dengan organ di dalamnya terbang untuk mencari mangsanya.

Percaya atau tidak, masyarakat tetap meyakini, sosok kuyang membuat warga resah. Dan dari cerita dikatakan bahwa sosok kuyang ini mengincar ibu hamil atau ibu yang sedang akan melahirkan sebagai tumbalnya. Serem ya.

Baca Juga: Kisah Seram Bukit Soeharto yang Simpan Sejarah Kelam di Zaman Jepang

2. Si hewan bulu mariaban

Hantu paling seram di Kalimantan ini berwujud seperti siluman hewan berbulu lebat yang tinggal di pedalaman hutan Kalimantan. Bahkan masyarakat ada yang mengincar bulu mariaban ini untuk digunakan untuk memelet wanita. Terlepas dari itu semua, memang masyarakat di sekitar juga masih mempercayainya.

Makhluk ini dikatakan sangat suka dengan darah, ia bisa saja memangsa manusia yang ditemui di wilayah kekuasaannya. Kemunculan mariaban ini tidak bisa diprediksi, menurut cerita masyarakat, sosok ini bisa menyamar sebagai manusia yang tidak begitu sempurna dan kadang ia bersembunyi tanpa siapa pun tahu.

Manusia yang menyimpan bulu dan minyak mariaban diketahui akan terpengaruh oleh sifat makhluk tersebut, hidupnya kacau, emosional, bahkan bisa membunuh manusia lain. Misterius juga kan. 

3. Hantu air

Hantu banyu atau hantu air biasanya mendiami sungai yang angker dan bisa menampakkan wujudnya di permukaan. Hantu air menurut cerita orang sekitar dapat menggulung manusia sampai lemas dan kehilangan nyawa. Bahkan masyarakat pernah melihat seorang mayat yang muncul di permukaan.

Istilah banyu sendiri berdasarkan bahasa Suku Banjar yang banyak mendiami Kalimantan. 

4. Anak sima

Cerita rakyat tentang anak sima yang penuh misteri ini berasal dari Kalimantan. Sima lahir dari hubungan tidak sah, karena itu ibunya membuangnya ke hutan setelah melahirkan agar tidak menanggung malu. Bayi yang baru lahir ini kemudian dihampiri oleh hantu terkuat di Kalimantan Selatan (Kalsel) yang dikenal dengan sebutan takau.

Takau bisa berubah dan memiliki ilmu yang sangat tinggi, hingga anak sima dipelihara oleh takau.

Menurut cerita sima menurunkan ilmu hantu dari Takau, hantu ini menarik perhatian manusia dengan tangisannya sehingga manusia mencari sumber suara anak kecil itu.

Anak sima diketahui akan memakan jantung manusia hidup-hidup ketika manusia mendengar ia sedang menangis. Wow.

5. Hantu berwujud hewan dan manusia

Hantu kambe merupakan jenis hantu yang berwujud setengah hewan menyerupai kambing dan setengah berwujud manusia wanita berambut panjang. Hantu ini juga diketahui masyarakat sekitar dapat menerkam manusia dengan kecepatannya. 

Hmm, unik kan. 

Demikianlah cerita hantu paling seram di Kalimantan. Terlepas dari kebenarannya, kita juga perlu mempercayai bahwa keberadaan jin atau iblis itu ada.

Baca Juga: Mitos Hantu Kuyang yang Mesti Kalian Tahu

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya