Comscore Tracker

Kuyang, Sosok Urban Legend yang Sudah Meneror Warga Kaltim

Sosok urban legend di Kalimantan

Balikpapan, IDN Times - Masyarakat Kalimantan pastinya tak asing dengan kuyang, sosok urban legend yang misterius ini. Sosok seram yang sudah jadi mitos melegenda hingga masih ada sampai saat ini.

Sosok kuyang merupakan hantu kepala wanita cantik terbang tanpa badan namun hanya dengan organ dalamnya, penampakannya dibarengi bola api terbang. Berikut kesaksian warga yang menyaksikan kehadiran sosok seram ini secara langsung.

Peringatan, bagian kalian yang bernyali kecil agar sebaiknya tidak meng scroll artikel di bawah ini lho!

1. Kesaksian warga Samarinda

Kuyang, Sosok Urban Legend yang Sudah Meneror Warga KaltimScreenshot facebook

Sosok mistis ini nampak terbang menghantui permukiman warga Gang 2 Jalan Slamet Riyadi Kelurahan Teluk Lerong Ulu Kecamatan Sungai Kunjang Samarinda Kalimantan Timur (Kaltim). 

Sebulan lamanya, sosok kuyang menghantui warga setempat. 

Bermacam cara dicoba warga untuk menangkap kuyang ini, mulai dari membekali diri dengan sapu lidi juga sendok nasi dengan bahan kayu (wancu) demi dapat menangkap sosok yang meneror kampung. Ari salah seorang warga Samarinda bahkan sempat memukul kuyang ini yang kebetulan sedang terbang rendah. i.

Dipercaya kuyang takut dengan bawang merah, bawang merah tunggal, cermin, sisir, pisau, juga rumput jaringau. Biasanya benda-benda ini diletakkan mengelilingi tubuh ibu hamil yang akan melahirkan untuk menjauhkan dari gangguan kuyang.

Baca Juga: Dimulai dari Kerajaan, Ini Sejarah Panjang Kutai Kartanegara

2. Kuyang sering sembunyi di sekitar parit toilet

Kuyang, Sosok Urban Legend yang Sudah Meneror Warga KaltimListal.com

Kehadiran kuyang ini dapat disaksikan oleh banyak warga di dapur dan dekat kamar mandi warga. Salah satu saksi hidup bernama Mariyam (60) sempat menatap langsung mata hantu jadi-jadian yang sembunyi di belakang toilet rumahnya. Kebetulan, warga Samarinda ini sedang pergi ke toilet rumahnya tepat pukul 01.00 Wita. 

Ia melihat tatapan seram dari sosok wanita berambut panjang ini.

“Sayup-sayup dengar suara ringkikan. Saat saya tengok ke arah suara, terlihat kepala manusia berambut panjang dengan mata merah menyala menatap saya,” jelas Mariyam.

Ia pun ketakutan bukan kepalang hingga tubuhnya tidak bisa bergerak sama sekali.  Ingin berteriak sekencang mungkin, tetapi lidahnya mendadak terasa kelu. 

3. Kuyang menjilati kotoran dari parit toilet

Kuyang, Sosok Urban Legend yang Sudah Meneror Warga Kaltimsebarinfokita.com

Saat itu pula, Mariyam menyadari sosok seram tersebut terlihat sedang menjilati parit dari toilet di rumahnya. Sosoknya seram, berwujud kepala perempuan berambut panjang berikut jeroan tubuhnya yang bergantung-gantung. 

Selain darah segar, kuyang disebut-sebut menggemari kotoran di parit rumah tangga. Sosok hanya sekejap saja lantas melesat terbang ke atas menembus langit-langit rumahnya. 

Tak hanya Mariyam, wanita bernama Zaitun berusia 39 tahun juga sempat melihat serta merasakan kemunculan kuyang. Ketika di luar sana banyak warga menguber kuyang, Zaitun merasakan bahwa dirinya seperti dirasuki roh halus. Ketika kerasukan, mulut Zaitun mengaku sebagai kuyang bernama Sanah.

“Sebelum kesurupan tubuh saya sempat ditarik kuyang yang bersembunyi di kolong rumah saat dikejar warga. Untung sempat ditahan, kalau tidak saya masuk ke dalam kolong saat itu,” ujar Zaitun.

Zaitun yang tak sadarkan diri tidak mengetahui bahwa dirinya mengucap nama Sanah, beliau mengetahui ketika melihat rekaman video saat dirinya mengalami kerasukan.

4. Sosok sebenarnya dari kuyang

Kuyang, Sosok Urban Legend yang Sudah Meneror Warga Kaltimmonyetnongkrong.wordpress.com

Kuyang merupakan manusia normal pada siang hari dan membaur dengan warga sehingga tak ada yang menyadari bahwa tetangga atau keluarganya merupakan sosok kuyang. Manusia setengah hantu ini bergentayangan di malam hari hanya dengan kepala juga isi tubuhnya yang menggantung. 

Sosok kuyang diyakini merupakan ilmu turunan warisan dari nenek moyang di masa lalu. Mereka terkena kutukan saat mempelajari ilmu hitam hingga harus mewariskan ilmunya itu kepada anak turun berjenis kelamin perempuan.  

Menurut buku Kumpulan Kisah Nyata Hantu di 13 Kota menerangkan, kuyang beterbangan mencari darah segar dari ibu yang baru saja melahirkan atau bahkan darah bayinya, memiliki dua taring di mulutnya. Untuk menipu korbannya, kuyang dapat mengubah diri menjadi burung atau kucing.

Biasanya sebelum mengejar korban, kuyang akan mengusap perut ibu hamil besar yang akan melahirkan sebelum beraksi di hari kelahiran bayi malang tersebut. Ketika menjadi manusia, kuyang akan menutupi guratan di lehernya dengan rambut panjang dan kain selendang agar tidak kepanasan saat terpapar sinar matahari.

Dipercaya kuyang takut dengan bawang merah, bawang merah tunggal, cermin, sisir, pisau, juga rumput jaringau. Biasanya benda-benda ini diletakkan mengelilingi tubuh ibu hamil yang akan melahirkan untuk menjauhkan kuyang dari tubuh ibu ini.

Wah, seram juga ya urban legend di Kalimantan, bikin gak bisa nyenyak tidur malam nih. 

Baca Juga: Misteri Segitiga Setan di Kaltim yang Sudah Bikin Heboh

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya