Comscore Tracker

Digigit Ular Berbisa, Ini Cara Biar Tak sampai Diamputasi

Jangan mengikat bagian yang digigit dengan kuat

Samarinda, IDN Times-Meski dipelihara sejak kecil, ular tidak mengenal majikannya. Ketika merasa terancam apalagi disakiti, sistem pertahanan diri seperti gigitan pasti akan muncul. Ketika sudah terlanjur digigit, apa yang harus dilakukan?

“Segera beri pertolongan pertama dan larikan ke rumah sakit terdekat karena dapat mengancam nyawa seseorang, apalagi jika spesiesnya berbisa,” tegas Ahmad Aidil Tazakka, dokter umum yang bertugas di RS Samarinda Medika Citra.

Dokter muda itu menjelaskan, bisa ular dapat menghancurkan jaringan otot di sekitar area yang digigit. Jika masuk ke pembuluh darah, dikhawatirkan merusak seluruh jaringan tubuh. Tetap tenang merupakan kuncinya.

“Sebab ketika korban panik dan terlalu banyak bergerak racun dapat menyebar lebih cepat,” ungkapnya.

Berikut tips dari Aidil untuk pertolongan pertama kala digigit ular.

1. Risiko kematian tidak tinggi jika terkena gigitan ular di bawah dada

Digigit Ular Berbisa, Ini Cara Biar Tak sampai Diamputasibuzzuploads.com

Risiko kematian tidak begitu tinggi jika posisi gigitan ular berada di bawah dada karena racun tidak menyebar ke bagian jantung. Semisal mengenai kaki, tentunya area tersebut tidak lebih tinggi dibandingkan posisi dada jadi penyebaran racun tidak langsung mengalir ke jantung. Aidil menerangkan, ketika menyebar ke otot jantung maka nyawa rentan melayang. 

“Selain tenang juga harus paham pertolongan pertamanya terlepas dari ular tersebut memiliki bisa atau tidak,” tambahnya.

Baca Juga: 5 Manfaat Bisa Ular untuk Kesehatan

2. Jangan mengikat bagian yang terkena gigitan dengan kuat

Digigit Ular Berbisa, Ini Cara Biar Tak sampai Diamputasiid.pinterest.com

Hindari mengikat bagian yang terkena gigitan terlalu kuat dan lepaskan seluruh benda yang melingkari tubuh seperti cincin, jam tangan dan gelang. Biasanya, setelah digigit akan terjadi pembengkakan dan ketatnya ikatan justru mengganggu aliran darah. 

“Mitos mengikat bagian luka dengan tali itu tidak tepat, ikatan hanya berfungsi untuk membatasi pergerakan agar korban tak banyak gerak,” terang Aidil.

Setelah seluruh pertolongan pertama dilakukan dengan benar, segera larikan ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan anti bisa ular.

Aidil menjelaskan, setiap detiknya adalah waktu berharga. Semakin cepat diselamatkan, harapan hidupnya menjadi lebih tinggi. 

“Korban harus disuntik dengan anti bisa ular,” kata dia.

3. Jika terlambat penanganan bisa diamputasi

Digigit Ular Berbisa, Ini Cara Biar Tak sampai Diamputasicollections.museumvictoria.com.au

Suntikan tersebut dikatakannya memang tidak dijual secara bebas dan harus di bawah penanganan ahli medis sebab butuh keahlian untuk menyuntikannya. Bila asal tusuk, dikhawatirkan mengenai bagian syaraf dan justru membahayakan.

 “Apalagi kondisinya sedang panik,” jelasnya.

Aidil menyatakan, tidak ada waktu maksimal untuk menyelamatkan korban. Ketika bengkaknya mulai besar dan menghitam, dokter harus segera memberi tindakan paling tepat guna menyelamatkan nyawa pasiennya.

 “Bahkan bisa diamputasi kalau kakinya sudah membusuk, sebab dikhawatirkan merusak organ yang lainnya,” pungkasnya.    

Baca Juga: 7 Arti Mimpi Digigit Ular, Pertanda Jodoh?

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya