TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Tiga Jalan Nasional di Banjarmasin Jadi Langganan Genangan Air

Pemkot Banjarmasin hanya bisa membersihkan drainase

Genangan air di Jalan Brigjend Hasan Basri pasca hujan deras mengguyur Kota Banjarmasin

Banjarmasin, IDN Times - Beberapa hari ini Kota Banjarmasin Kalimantan Selatan (Kalsel) diguyur hujan dengan intensitas lama, Senin (16/9/203). Beberapa titik jalanan sudah mulai tergenang karena tidak berfungsinya aliran drainase.

Pantauan IDN Times, titik rawan genangan air itu sendiri ada yang sudah bertahun-tahun. Sebagian besar masalah genangan terjadi pada jalan-jalan nasional dan provinsi yang pengerjaannya tidak bisa dilakukan oleh Pemerintah Kota Banjarmasin.

Baca Juga: Karyawan Rumah Sakit di Banjarmasin Terancam PHK

1. Jalan Brigjen Hasan Basri Genangan terparah

Jalan Brigjen Hasan Basri, Banjarmasin Utara digenangi air hujan menyebabkan kemacetan.

Jalan tergenang air tersebut meliputi di Jalan Brigjen Hasan Basri. Hampir sepanjang jalan dengan nama tokoh pahlawan nasional asal Banjar ini digenangi air hujan. 

Saat tergenang, pengendara kendaraan bermotor tidak ada berani yang melaju, pasalnya cipratan akan mengenai pengendara motor di samping dan belakang.

Titik terparah genangan di jalan ini ada dekat bundaran jukung sampai Rumah Sakit Ansari Saleh.

2. Jalan Lambung Mangkurat dan Merdeka

Genangan di Jalan Lambung Mangkurat, Banjarmasin.

Genangan langganan juga terjadi di Jalan Lambung Mangkurat. Jalan yang merupakan jalan tertua dan pertama dibangun pada zaman kolonial Belanda ini. Namun, kondisi jalan tersebut selalu menjadi langganan genangan air jika diguyur hujan yang berintensitas lama.

Genangan air hujan juga tak kalah dengan Jalan Merdeka persis depan Masjid Sabilal Muhtadin (Masjid Raya) masih satu jalur dengan jalan Lambung Mangkurat.

Banjir semakin parah jika hujan bercampur dengan pasang air laut. Kemacetan panjang pun akan terjadi dan mengganggu kelancaran beraktivitas.

Baca Juga: Kritikan Renovasi Jembatan di Banjarmasin yang Sedot Rp11,8 Miliar 

Berita Terkini Lainnya