TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Serang Pawang, Dua Harimau Kabur dari Sinka Zoo Singkawang

Longsor di kandang, pawang diserang hingga tewas

Ilustrasi Harimau (unsplash.com/Blake Meyer)

Balikpapan, IDN Times - Lepasnya dua ekor harimau milik Sinka Zoo di Kota Singkawang, Kalimantan Barat menghebohkan warga. Dua harimau itu diduga berkeliaran di daerah Pasir Panjang, Lirang, dan Bokmakong Kecamatan Sedau.

Dikutip dari ANTARA, "Kami sudah menghubungi pihak Sinka Zoo terkait lepasnya dua ekor harimau tersebut dan memang benar, bahwa ada dua ekor Harimau yang lepas," kata Kepala Seksi Konservasi Wilayah III Singkawang, Suparto di Singkawang, Jumat (5/2/2021)

Baca Juga: Warga Balikpapan Diminta Bersiap Jalankan Aturan Kaltim Berdiam Diri 

1. Warga agar berhati-hati dan lebih waspada di sekitar Sinka Zoo

Ilustrasi Harimau (Paul M/Unsplash)

Suparto pun langsung menghubungi pihak BKSDA Pontianak untuk berkoordinasi terkait kejadian ini. Adapun kronologi kejadian lepasnya dua ekor harimau dari Sinka Zoo itu belum diketahui. Ia pun meminta warga lebih berhati-hati dan waspada namun jangan panik.

"Kami sudah meminta pihak Sinka Zoo untuk sementara waktu tutup," ujarnya.

Upaya pencarian harimau juga bukan perkara mudah. Ia mengatakan, petugas pencari akan makin kesulitan menangkap pada malam hari. "Karena harimau akan lebih aktif dan gesit di malam hari," ungkapnya.

Pihaknya menyarankan kepada para petugas pencarian untuk menghentikan pencarian di malam hari karena membahayakan petugas. Pihaknya juga berkoordinasi dengan TNI dan Polri untuk pencarian kedua ekor harimau itu.

2. Longsor di kandang harimau menyebabkan lubang cukup besar

ilustrasi harimau (sciencemag.org)

Pengurus Sinka Zoo Singkawang, Elka Surya mengatakan kejadian lepasnya dua ekor harimau tersebut akibat faktor alam. Kawasan Sinka Zoo mengalami longsor karena hujan deras yang mengguyur selama beberapa hari.

"Hujan yang mengguyur selama beberapa hari terakhir mengakibatkan longsor di dekat kandang harimau. Longsor tersebut akhirnya menyebabkan lobang yang cukup besar di kandang harimau dan akhirnya dua harimau kabur," cerita Elka.

Baca Juga: Kaltim Steril, Penyemprotan Disinfektan di Pasar Pandansari Balikpapan

Berita Terkini Lainnya