Comscore Tracker

Kaltim Steril, Penyemprotan Disinfektan di Pasar Pandansari Balikpapan

Masih ada pedagang yang tetap menggelar dagangan

Balikpapan, IDN Times - Tim Satuan Tugas Penanggulangan COVID-19 Kota Balikpapan bersama Kodam VI/Mulawarman dan Polda Kaltim melaksanakan penyemprotan disinfektan ke sejumlah fasilitas pelayanan publik seperti pasar tradisional, pelabuhan dan terminal di Balikpapan.

Penyemprotan disinfektan ini sesuai dengan instruksi Gubernur Kaltim Nomor 1 Tahun 2021 tentang Pengendalian, Pencegahan dan Penanganan Wabah Pandemi COVID-19 di Provinsi Kalimantan Timur. Kebijakan ini dikenal dengan sebutan Kaltim Steril atau Kaltim Silent (senyap).

“Tadi pagi saya memantau Kota Balikpapan, hampir tidak ada masyarakat yang keluar rumah karena melaksanakan instruksi Gubernur Kaltim Nomor 1 Tahun 2021 tentang pelaksanan pembatasan kegiatan masyarakat atau Kaltim Steril,” ujar Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Heri Wiranto, disela-disela penyemprotan disinfektan di Pasar Pandan Sari Balikpapan Barat, Sabtu (6/2/2021).

1. Penyemprotan disinfektan di sejumlah fasilitas publik

Kaltim Steril, Penyemprotan Disinfektan di Pasar Pandansari BalikpapanKapolda Kaltim Irjen Pol Herry Rudolf Nahak melakukan penyemprotan di lapak pedagang Pasar Pandansari Balikpapan Barat, Sabtu (6/2/2021) (IDNTimes)

Penyemprotan disinfektan pada Sabtu ini difokuskan pada tempat-tempat keramaian seperti kompleks Pasar Pandan Sari dan Pelabuhan Speedboat Kampung Baru. Pene

“Yang paling penting saat ini adalah masyarakat sadar, karena tinggi angka warga yang terkonfirmasi positifnya, maka harus ada upaya yang luar biasa," kata Kapolda Kaltim Irjen Pol. Herry Rudolf Nahak. 

Langkah untuk menekan angka konfirmasi positif COVID-19 ini yang terbaik adalah dengan pencegahan, tak perlu menunggu sakit terlebih dahulu.

"Salah satu cara mencegah adalah seperti ini, Sabtu dan Minggu kita senyap. Kita istirahat di rumah kemudian berikan kesempatan kepada TNI-Polri dan aparat pemerintah untuk melakukan sterilisasi dan pembersihan,” ujar Herry.

Baca Juga: Kaltim Steril Dua Hari, Gubernur Isran Minta Warga Diam di Rumah Saja

2. UPT Pasar Pandan Sari akui masih ada pedagang yang buka

Kaltim Steril, Penyemprotan Disinfektan di Pasar Pandansari BalikpapanPangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Heri Wiranto memerintahkan anggotanya untuk melakukan penyemprotan desinfektan, Sabtu (6/2/2021).

Sementara itu, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pasar Pandansari Syafruddin mengakui, masih ada sebagian pedagang yang buka dan berjualan di pasar ikan basah.

”Kita nanti akan sampaikan ke mereka agar tidak membuka lapaknya, tapi saya yakin tidak ada yang beli, dan kalau pun ada yang paling sedikit pembelinya, ” ujarnya.

Sementara terkait pedagang luar atau PKL yang berada di jalan di depan pasar, Syafruddin menegaskan bukan kewenangannya.

”Kita gak sampai ke situ, itu di luar kawasan pasar, hanya pedagang yang ada di dalam pasar saja yang jadi kewenangan kita, jumlah pedagangnya sebanyak 760 orang, ” tegasnya.

3. Pedagang pasar sudah diingatkan untuk tidak berjualan pada hari Sabtu dan Minggu

Kaltim Steril, Penyemprotan Disinfektan di Pasar Pandansari BalikpapanKoordinator Pasar Ikan Basah, Ridwan (IDNTimes).

Sementara itu, Koordinator Pasar Ikan Basah Pasar Pandan Sari, Ridwan mengatakan, sebagai warga Kaltim para pedagang pasar ikan basah akan menaati instruksi Gubernur Kaltim tersebut.

“Kita akui ada beberapa teman yang masih menggelar dagangannya, padahal saya sudah minta taati aturan pemerintah, untuk tutup selama Sabtu-Minggu, dimana juga akan dilakukan penyemprotan disinfektan,” ujar Ridwan.

Khusus ikan basah, lanjutnya, tetap ada pedagang yang buka karena ada dua mobil pick up dari Samarinda yang membawa ikan. Sementara ikan tersebut harus dibongkar dan dimasukkan dalam pendingin.

Baca Juga: Wali Kota Balikpapan Minta Warga Hentikan Kegiatan Akhir Pekan

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya