TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Viral Busana Adat Suku Tidung di Uang Rupiah, Kenali Sejarahnya, Yuk!

Asli Kaltara, sempat dikira sebagai pakaian adat Tionghoa

Penukaran uang Rp75 ribu. IDN Times/Debbie Sutrisno

Balikpapan, IDN Times - Uang kertas edisi khusus senilai Rp75 ribu diluncurkan di Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia, Senin 17 Agustus 2020. Gambar sembilan orang anak yang mengenakan busana adat ternyata menimbulkan kehebohan lantaran salah seorang anak yang menggunakan pakaian adat Kalimantan Utara, sempat dikira pakaian dari adat Tionghoa.

IDN Times berbincang langsung dengan Datu Norbeck, budayawan asal suku Tidung, dari Provinsi Kalimantan Utara. Datu Norbeck mengungkapkan bahwa, pakaian tersebut merupakan pakaian adat asli dari suku Tidung.

"Iya, banyak yang menyangka itu busana China. Jadi busana itu sebenarnya salah satu busana adat dari suku Tidung, penduduk asli Kalimantan Utara. Jadi suku Tidung ini, termasuk kaum pesisir yang beragama Islam. Itu adalah pakaian adat pengantin dari suku Tidung. Tentang hubungan dengan China, secara budaya tidak ada," kata Datu Norbeck, melalui sambungan telepon, Rabu (19/8/2020) malam.

Baca Juga: Gubernur Kaltara: Perhatian Pemerintah, Baju Adat Tidung di Uang Baru 

1. Busana di uang Rp75 ribu itu merupakan busana pengapit pengantin Suku Tidung

Baju pengantin suku Tidung, Kalimantan Utara (Dok pribadi Datu Norbeck)

Dijelaskan oleh Datu Norbeck, bahwa pakaian yang digunakan oleh anak dalam uang baru pecahan Rp75 ribu tersebut merupakan busana yang menyerupai pakaian pengantin suku Tidung. Dalam bahasa suku Tidung, disebut sebagai busana 'pengapit' pengantin atau yang biasa disebut anak pengantin.

"Jadi baju yang dikenakan si anak itu mirip dengan baju pengantin, tetapi ada cirinya bahwa, ini baju pengantin, yang ini baju pengapit. Mirip sekali," jelasnya.

2. Arti dari mahkota pada busana pengantin suku Tidung

Busana pengantin laki-laki suku Tidung (Dok. pribadi Datu Norbeck)

Datu Norbeck menuturkan, bahwa kemungkinan orang salah mengira bahwa pakaian tersebut dari adat CinaTionghoa, karena foto anak berbusana suku Tidung di uang tersebut tidak utuh. Selain itu, menurut Datu Norbeck mahkota pada foto tersebut tidak tegak namun agak rebah.

Sebenarnya, dari sisi penggunaan jamong atau mahkota pada laki-laki harus tegak. Lengkapnya disebut Jamong Punsok Melaka, yang jika diartikan dalam bahasa Indonesia berarti mahkota menyerupai Puncan Nanas.

"Tidak ada kaitannya juga dengan kerajaan Malaka ya. Mungkin dahulu imajinasi dari perancangnya itu ke daun nanas. Jika yang pengantin punya, jelas sekali image-nya seperti daun nanas," paparnya.

3. Model aslinya berdasar rekomendasi langsung oleh raja namun kemudian dikreasi kembali oleh para juru rias

Pelaminan pengantin suku Tidung Kalimantan Utara (Dok. pribadi Datu Norbeck)

Datu Norbeck juga menerangkan bahwa dahulu pakaian adat pengantin ini merupakan rekomendasi langsung dari Raja Tidung. Konsep penataan, hingga pembiayaannya pun langsung dari raja.

Tetapi seiring perkembangan zaman, para juru rias berkreasi. Antara lain ujung mahkota tersebut mengarah ke samping agar menyerupai sebuah tanduk. Sedangkan aslinya, mahkota tersebut memiliki model ujung yang mengarah ke belakang.

"Iya, dapat dikatakan bahwa di dalam acara pengantin tersebut, selain menghargai mempelai juga sebagai bentuk menghargai sang juru rias atas kreasi mereka. Jadi juru rias ini termasuk paling penting dalam pernikahan budaya di suku Tidung," ucapnya.

4. Arti dari warna baju adat pengantin suku Tidung

Busana pengantin suku Tidung untuk perempuan (Dok.pribadi Datu Norbeck)

Datu Norbeck menjelaskan bahwa, warna baju adat yang dikenakan oleh anak pada uang kertas Rp75 ribu yang viral tersebut memiliki makna-makna khusus. Warna kuning menggambarkan, bahwa hanya para bangsawan yang dapat mengenakannya. Sedangkan warna merah di busana tersebut merupakan penegas dari warna kuning itu.

"Dahulu itu hanya raja dan keluarga raja yang boleh menggunakan warna kuning. Jadi kuning ini bisa bermakna kehormatan, kemuliaan, dan keagungan. Jadi arti warna kuning dan merah pada baju itu menjelaskan bahwa yang mengenakan sedang ditinggikan statusnya. Pengantin, kan seperti itu," ujarnya.

Baca Juga: Makna Aneka Warna dan Pernak-pernik pada Pakaian Adat Dayak, Sakral!

Berita Terkini Lainnya