Caleg PKS di Banjarmasin Dianiaya Orang Tidak Dikenal di Depan Rumah

Diduga karena beda pilihan politik

Banjarmasin, IDN Times - Seorang calon legislatif DPRD Kota Banjarmasin Kalimantan Selatan (Kalsel) menjadi korban penusukan senjata tajam, Minggu malam (18/2/2024). Korban bernama Muhammad Syafe'i (44) merupakan caleg daerah pemilihan Banjarmasin Tengah dianiaya di depan rumahnya Jalan Tunas Baru Teluk Dalam.

Korban langsung dilarikan ke rumah sakit guna penanganan luka tusukan senjata tajam bagian leher, perut, dan tangan. Kasusnya pun dilaporkan ke kepolisian guna memproses pelaku yang langsung kabur setelah melakukan penganiayaan

1. Kuasa hukum berharap pelaku segera tertangkap

Caleg PKS di Banjarmasin Dianiaya Orang Tidak Dikenal di Depan RumahMatrosul bersama tim Kuasa hukum M Syafe’i.

Pengacara Hukum Matrosul mengatakan, kliennya berada dalam kondisi stabil dan bisa berbicara pascaperawatan pihak medis rumah sakit. Matrosul menjelaskan bahwa luka yang dialami korban masuk dalam kategori penganiayaan berat, dan ada indikasi unsur perencanaan dalam serangan tersebut.

Sebelum kejadian, pelaku telah terlihat berulang kali di sekitar rumah korban. Ketika menemui korban, pelaku langsung menyerang tanpa alasan yang jelas, sehingga menyebabkan luka parah pada korban. Pelaku kemudian melarikan diri dan masih dalam pencarian.

Dia berharap pelaku segera tertangkap dan diadili agar kasus serupa tidak terulang.

Baca Juga: Mardani H Maming Tepergok di Banjarmasin, Begini Kata Kalapas Sukamiskin

2. Pelaku disebut sudah merencanakan penganiayaan

Caleg PKS di Banjarmasin Dianiaya Orang Tidak Dikenal di Depan RumahPemungutan suara di TPS 3 Belitung Utara, Banjarmasin Barat.

Matrosul menyatakan korban mengalami penganiayaan berat sesuai KUHP Pasal 351 dan 353. Sebelum terjadi penganiayaan itu, kata warga sekitar pelaku sudah terlihat bolak-balik di sekitar rumah korban, pelaku juga merupakan warga sekitar.

Korban tidak sempat melakukan perlawanan hanya sempat menangkis dari serangan yang diterimanya. Setelah melihat targetnya luka parah, pelaku kabur dan sekarang masih buron.

“Kalau sesuai kronologinya, pelaku ini sudah merencanakan aksinya sebelum menganiaya korban," paparnya. 

3. Korban caleg PKS dapil Banjarmasin Tengah

Caleg PKS di Banjarmasin Dianiaya Orang Tidak Dikenal di Depan RumahKetua DPD PKS Banjarmasin, Mathari

Ketua DPD PKS Banjarmasin Mathari mengungkapkan bahwa kader PKS ini memiliki dukungan yang signifikan di lingkungan tempat kejadian. Meskipun belum bisa mengantarnya menjadi Anggota DPRD Banjarmasin pemilihan 2024 ini.  

Namun, dia tidak dapat memastikan apakah perbedaan politik menjadi pemicu penusukan ini. Mathari menyayangkan apabila insiden tersebut terjadi karena perbedaan pilihan politik.

Kasat Reskrim Polresta Banjarmasin Komisaris Polisi Thomas Afrian menyatakan bahwa kasus ini masih dalam tahap penyelidikan. Pelaku yang melarikan diri dijerat dengan pasal 351 tentang penganiayaan, dan polisi berharap pelaku segera ditangkap dengan barang bukti yang telah ditemukan.

Baca Juga: Sidang Perdana Kasus Penusukan Siswa SMAN 7 Banjarmasin

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya