TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Hutan Mangrove Penajam Paser Utara Bakal Jadi Lokasi Ekowisata 

Pohon mangrove penting ditanam terutama di pesisir pantai

Peserta penanam mangrove (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Penajam, IDN Times - Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Abdul Gafur Mas'ud berencana membuat kawasan hutan mangrove di Kelurahan Kampung Baru, Kecamatan Penajam, menjadi lokasi ekowisata.

"Pemerintah memiliki wacana untuk menjadikan kawasan hutan mangrove jadi salah satu kawasan ekowisata mangrove PPU,” kata Gafur, dalam acara Hari Menanam Nasional kerja sama Pemkab PPU dengan PT. Pertamina Hulu Kalimantan Timur (PHKT) di hutan mangrove, Kelurahan Kampung Baru, pada Senin (13/1).

Baca Juga: Praktik Prostitusi Masih Menggeliat di Km 17 Balikpapan

1. Dihimbau instansi terkait dapat mengembangkan mangrove

Bupati PPU, Abdul Gafur Masud menanam bibit mangrove (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Selama ini hutan mangrove Kampung Baru tersebut memang telah sering menjadi objek wisata yang ramai dikunjungi oleh masyarakat. Gafur mengimbau kepada instansi terkait untuk dapat mengembangkan konservasi dan rehabilitasi mangrove atau bakau, sebagai salah satu program wisata dengan meningkatkan partisipasi dan pemberdayaan masyarakat.

Ia berharap khususnya para anggota kelompok tani maupun pemerhati lingkungan untuk dapat bersinergi dengan pemerintah daerah untuk menjaga kelestarian lingkungan dan ekosistemnya.

“Hal ini agar anak cucu kita masih dapat menikmati hijaunya pepohonan terutama pohon mangrove di sekitar pantai,” ujarnya.

2. Masyarakat diajak menjaga lingkungan

Sejumlah pejabat PPU di hutan mangrove (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Pada kesempatan itu, Gafur juga mengajak seluruh masyarakat untuk menjaga lingkungan agar tetap lestari dan senantiasa memberikan manfaat bagi seluruh umat manusia, khususnya bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat PPU.

"Mari kita bersama - sama menjaga lingkungan hidup di sekitar kita agar tetap lestari dan memberi manfaat bagi seluruh masyarakat PPU," tukasnya.

Baca Juga: Korem Baru di Kalimantan Tingkatkan Sistem Pertahanan di Ibu Kota Baru

Berita Terkini Lainnya