TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Pemilihan Duta Pelajar Sadar Hukum di Balikpapan

Akan memperoleh beasiswa kuliah di fakultas hukum

Pemilihan Duta Pelajar Sadar Hukum di Balikpapan, Jumat (24/6/2022). (IDN Times/Hilmansyah)

Balikpapan, IDN Times - Kejaksaan Tinggi (Kejati) dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) menggelar pemilihan Duta Pelajar Sadar Hukum di Balikpapan. Pemenang dalam lomba ini akan mendapatkan beasiswa penuh ke perguruan tinggi fakultas hukum lewat Program Beasiswa Kaltim Tuntas. 

“Hari ini kita melaksanakan lomba pemilihan duta pelajar sadar hukum yang merupakan agenda ketiga di wilayah Kaltim dan ini sekarang kita berada di Kota Balikpapan,” kata Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Kaltim Amiek Mulandari, Jumat (24/6/2022). 

Baca Juga: 356 Calon Jemaah Haji Sudah Tiba di Embarkasi Balikpapan

1. Diikuti sebanyak 10 pasangan siswa

Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Kaltim Amiek Mulandari. (IDN Times/Hilmansyah)

Amiek menambahkan, kegiatan ini diikuti 10 pasang siswa-siswi setingkat SMA. Pemenang pemilihan Duta Pelajar Sadar Hukum ini akan mewakili Balikpapan dalam ajang serupa di tingkat Provinsi Kaltim. Bersaing dengan pelajar dari daerah lain.

“Jadi kita memilih pelajar-pelajar dari tingkat SMA, MA, SLB kemudian kita saring mereka akan menjadi duta-duta pelajar sadar hukum yang kemudian kita saring lagi di tingkat provinsi untuk pemenang tingkat Provinsi Kaltim,” jelasnya.

Para pelajar, kata Amiek, akan diberikan kesempatan mempresentasikan karya masing-masing. Di mana nantinya dipilih yang terbaik sesuai tema sudah ditetapkan. Pemilihan juga dilaksanakan di kabupaten kota lain di Kaltim.

“Para peserta juga menayangkan aplikasi IT yang mereka buat dalam lomba ini,” ungkapnya.

2. Para pelajar menjadi duta di masyarakat

Pemilihan Duta Pelajar Sadar Hukum di Balikpapan, Jumat (24/6/2022). (IDN Times/Hilmansyah)

Amiek menyatakan, tujuan utama kegiatan tersebut menghasilkan para pelajar yang sadar hukum. Sehingga nantinya, mereka pun bisa menyosialisasikan sadar hukum di lingkungan masyarakat, rumah, lingkungan sekolah, maupun pergaulan. 

“Pasalnya, masyarakat yang sadar hukumnya sudah kuat, akan termotivasi untuk mengondisikan ketertiban dan kesadaran hukum yang lebih tinggi. Jadi etika mereka sadar untuk tidak melanggar hukum,” paparnya.

Apalagi dalam usia muda, tentunya para pelajar bisa menjadi panutan bagi lingkungan pergaulannya masing-masing. Terutama untuk wilayah kota dan kabupaten di Kaltim dan sekitarnya. 

Baca Juga: Gubernur Kaltim Antar Keberangkatan Jemaah Haji Embarkasi Balikpapan

Berita Terkini Lainnya