356 Calon Jemaah Haji Sudah Tiba di Embarkasi Balikpapan

Penundaan keberangkatan selama 4 jam 

Balikpapan, IDN Times - Sebanyak 365 calon jemaah haji kelompok terbang 1 Kalimantan Timur (Kaltim) tiba di Asrama Embarkasi Batakan Balikpapan. Ratusan calon jemaah haji ini berasal dari 3 daerah di Kaltim, yakni Samarinda, Paser, dan Penajam Paser Utara (PPU). 

"Kloter pertama jemaah haji asal Kaltim ini berasal dari Kota Samarinda sebanyak 186 orang, Kabupaten Paser 112 orang, dan Kabupaten PPU 56 orang. Ditambah 4 petugas, totalnya 360 orang yang berangkat," ujar Sekretaris PPIH Embarkasi Haji Batakan, Balikpapan Kabul Budiono, Selasa (21/6/2022).

1. Jemaah jalani masa karantina

356 Calon Jemaah Haji Sudah Tiba di Embarkasi BalikpapanRombongan jemaah haji sudah tiba di Asrama Embarkasi Balikpapan. (IDN Times/Hilmansyah)

Kabul mengatakan, jemaah haji ini akan menjalani masa karantina selama 24 jam di asrama Embarkasi Balikpapan. Dan selama masa karantina ini, maka jemaah calon haji akan mendapat berbagai pembekalan, seperti pembinaan manasik.

“Di samping itu juga ada pemantapan petugas yang turut diberangkatkan,” jelasnya.

Setelahnya itu, jemaah haji akan menjalani pemeriksaan kesehatan terakhir di Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Balikpapan. Pemeriksaan ini akan menentukan apakah yang bersangkutan dianggap layak menjalani perjalanan hingga ke luar negeri. 

Baca Juga: Balikpapan Harapkan APBN untuk Bantu Pembangunan Infrastruktur Jalan

2. Keberangkatan mengalami penundaan

356 Calon Jemaah Haji Sudah Tiba di Embarkasi BalikpapanRombongan jemaah haji sudah tiba di Asrama Embarkasi Balikpapan. (IDN Times/Hilmansyah)

Sesuai jadwal, menurut Kabul, para calon jemaah haji tersebut akan berangkat ke tanah suci pada Rabu 22 Juni 2022. Persisnya besok pukul 16.30 Wita. 

Jam keberangkatan mengalami penundaan di mana awalnya pukul 13.30 Wita menjadi 16.30 Wita. 

"Besok kita akan berangkat menuju Jeddah itu pada Rabu tanggal 22. Dan semula direncanakan pukul 13.30 Wita, tapi karena penundaan dari pihak maskapai, maka keberangkatan akan diundur menjadi jam 16.30 Wita," ucapnya.

3. Kloter kedua akan masuk embarkasi setelah kloter pertama berangkat

356 Calon Jemaah Haji Sudah Tiba di Embarkasi BalikpapanRombongan jemaah haji sudah tiba di Asrama Embarkasi Balikpapan. (IDN Times/Hilmansyah)

Selepas keberangkatan kloter 1 ke tanah suci, Asrama Embarkasi Balikpapan akan menerima kedatangan kloter 2 dari Balikpapan, Berau, Kutai Barat, dan Mahakam Ulu. 

Kloter 2 masuk embarkasi diperkirakan pukul 17.00 Wita.

"Jemaah calon haji kloter berasal dari Kota Balikpapan, kemudian dari Berau, kemudian Kubar, dan Mahakam Ulu," jelasnya.

Di mana kloter kedua ini jumlah calon hajinya ada sebanyak 356 yang terdiri dari 171 Balikpapan, 41 Kubar, 71 Bontang, 69 Berau, dan 4 Mahulu.

Baca Juga: Embarkasi Haji di Balikpapan akan Berangkatkan Jemaah pada 22 Juni

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya