TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

MUI Balikpapan Serukan Doa Minta Hujan

Belum perlu sholat istisqo, belum masuk kategori kemarau

Sekretaris Majelis Ulama Indonesia (MUI) Balikpapan Muhammad Jailani (IDN Times/Maulana)

Balikpapan, IDN Times - Pemerintah Kota Balikpapan masih menunggu keputusan dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk menggelar salat istisqa atau minta hujan terkait bencana kekeringan yang terjadi di sejumlah kota/kabupaten di wilayah Kalimantan Timur termasuk di Kota Balikpapan selama 2 bulan terakhir.

Bencana kekeringan yang terjadi menyebabkan naiknya jumlah kasus kebakaran lahan dan hutan di sejumlah wilayah, yang berdampak pada pencemaran kualitas udara akibat kabut asap.

“Kita akan berkoordinasi dengan MUI (Majelis Ulama Indonesia) terkait waktu pelaksanaannya, nanti kita akan agendakan,” kata Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi di Hotel Menara Bahtera, Kamis (19/9).

Baca Juga: Sengaja Bakar Lahan untuk Kebun Sawit, Polres Berau Tangkap 9 Orang

1. Menunggu arahan MUI

IDN Times/Maulana

Kejadian kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi tidak hanya menimbulkan kerusakan pada kondisi hutan dan masyarakat sekitar, namun juga menimbulkan bencana kabut asap yang terbawa angin hingga daerah sekitarnya. Kota Balikpapan menjadi salah satu wilayah yang dilanda kabut asap. Jarak pandang yang menurun menyebabkan terganggunya sejumlah penerbangan.

Dari laporan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Balikpapan tingkat pencemaran udara sudah masuk dalam kategori sedang, dengan indeks pencemaran mencapai angka 65.

Rizal menjelaskan, pihaknya telah menjadwalkan rencana untuk menggelar rapat koordinasi dengan sejumlah perwakilan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) termasuk Majelis Ulama Indonesia Kota Balikpapan.

“Kita minta pertimbangan majelis ulama apakah sudah memenuhi syarat untuk melaksanakan salat istisqa, kalau kata majelis ulama sudah bisa akan segera kita laksanakan,” kata Rizal.

 

Baca Juga: Gelar Salat Istisqo, Gubernur Sumsel: Karhutla Ini adalah Ujian

Berita Terkini Lainnya