TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Pemantauan Arus Balik Lebaran di Samarinda dari Ancaman Hepatitis Akut

Pemeriksaan kesehatan di Bandara APT Pranoto 

ilustrasi mudik salah satu tradisi sebelum Lebaran (instagram.com/eusebiobojoy)

Samarinda, IDN Times - Petugas KKP Bandara bersama Polsekta Sungai Pinang, Samarinda Kalimantan Timur (Kaltim) menggelar pemeriksaan kesehatan dalam rangka memastikan para penumpang arus balik melalui Bandara APT Pranoto di Sungai Siring terbebas dari penyakit hepatitis akut maupun COVID-19.

"Hepatitis akut menjadi salah satu penyakit yang juga harus diwaspadai. Oleh karenanya, kami melakukan pemeriksaan ke sejumlah penumpang yang ada di embarkasi," kata Kapolsek Sungai Pinang Ajun Komisaris Polisi Noor Dhianto diberitakan Antara, Minggu (8/5/2022). 

Baca Juga: 98 Persen Anak di Samarinda Sudah Punya Akta Kelahiran

1. Virus hepatitis menjadi ancaman baru

Ilustrasi penumpang Bandara APT Pranoto Samarinda (IDN Times/Yuda Almerio)

Dia menjelaskan, hepatitis akut menjadi ancaman baru selain virus COVID-19. Warga pun diminta untuk selalu waspada dengan menjaga kesehatan dan taat protokol kesehatan (prokes), terlebih di masa arus balik libur Idul Fitri saat ini.

Dalam pemeriksaannya, petugas mendatangi satu per satu penumpang kemudian melakukan screening dan testing kepada penumpang yang tiba di lokasi pos cek point pada terminal kedatangan.

Pemeriksaan dilakukan berdasarkan tampilan scan monitoring suhu tubuh pada layar monitor yang terpasang maupun scan suhu tubuh portable.

2. Target utama pemeriksaan arus balik

Dok.UPBU Bandara APT Pranoto

Target utama dalam pemeriksaan ialah anak usia satu hingga 16 tahun. Petugas juga memeriksa penumpang dewasa untuk memastikan terbebas dari virus COVID-19.

Jika ditemukan indikasi sesuai gejala dan diagnosa awal, pihak KKP Bandara Polsek Sungai Pinang akan berkoordinasi dengan Dinkes Kota Samarinda/Provinsi untuk penanganan selanjutnya melalui tes lab.

"Alhamdulillah, hasil pemeriksaan tidak ditemukan indikasi kedua penyakit ini pada penumpang yang datang pada arus balik lebaran," tuturnya.

Meski tidak ditemukan indikasi kedua penyakit dalam pemeriksaan tersebut, KKP Bandara dan Polsek Sungai Pinang akan terus melakukan pemeriksaan kesehatan kepada para penumpang hingga situasi benar-benar aman.

Baca Juga: Arus Balik di Samarinda Lancar, Kemacetan karena Aktivitas Wisata

Berita Terkini Lainnya