TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Pj Gubernur Kaltim Bersinergi dengan Kejaksaan untuk Bangun IKN

Membangun kebersamaan dengan kejaksaan

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian (tengah) menyerahkan surat keputusan pelantikan kepada Penjabat Gubernur Sumatera Selatan Agus Fatoni (kiri) dan Penjabat Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik (kanan), Jakarta, Senin (2/10/2023). ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/rwa

Samarinda, IDN Times - Penjabat Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Akmal Malik membangun kebersamaan dan sinergi bersama Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Kaltim Hari Setiyono dalam memajukan pembangunan dan pelayanan publik di daerah untuk persiapan menuju Ibu Kota Negara (IKN).
 
"Dalam pertemuan tersebut, beliau (Kajati) siap membantu memberikan pendampingan pengamanan untuk seluruh program-program pembangunan di daerah," ujar Akmal saat bersilaturahmi ke Kantor Kejati Kaltim diberitakan Antara di Samarinda, Senin (16/10/2023).

Baca Juga: Wali Kota Samarinda Minta Evaluasi Tarif Penerbangan Ekonomi 

1. Pemprov Kaltim mengapresiasi komitmen kejaksaan

Wakil Kepala Kejati Kaltim, Sarjono Turin (ketiga dari kiri) didampingi Kajari Bontang Agus Kurniawan (kedua kiri) saat memberi keterangan pers di Kantor Kejaksaan Tinggi Kaltim di Samarinda, Kamis 24 Oktober 2019 (Dok. Kejati Kaltim/Istimewa)

Akmal juga mengapresiasi komitmen kejaksaan dalam membangun penyelenggaraan pemerintahan yang bersih dan menegakkan hukum secara persuasif.
 
"Pertemuan ini menunjukkan komitmen bersama untuk membangun penyelenggaraan pemerintahan yang bersih dan tentunya juga menegakkan hukum secara persuasif," ucap Akmal.
 
Dirinya sangat menghargai langkah-langkah  yang dilakukan oleh jajaran Kejati Kaltim.

2. Kejati Kaltim berharap sinergi dengan pemerintah daerah

Sebuah kendi yang berisi tanah dan air dari seluruh provinsi se-Indonesia usai seremoni ritual Kendi Nusantara di titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Senin (14/3/2022). (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/hp.)

Sementara itu Kajati Kaltim Hari Setiyono berharap, sinergi antara pemerintah daerah dan kejaksaan dapat terus ditingkatkan, terutama dalam menghadapi tantangan pembangunan IKN.
 
"Kami punya intelijen, kami punya tim Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara (Datun) untuk pengamanan pembangunan strategis baik nasional maupun di daerah," tutur Kajati Hari.
 
Dirinya menyatakan, tim Datun melakukan pendampingan terhadap kegiatan-kegiatan yang berpotensi menimbulkan persoalan. Dari sisi pengamanan ganti rugi lahan, misalnya, tentu jangan sampai menjadi persoalan hukum tetapi bisa diselesaikan secara kekeluargaan.

Baca Juga: Peserta BPJS Kesehatan di Samarinda Tembus 103,58 Persen

Berita Terkini Lainnya