TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Satgas Kodam Siliwangi Siap Amankan Perbatasan di Indonesia-Malaysia

Batalyon Armed 5/Pancagiri di Cianjur Jabar

Satgas Pamtas Indonesia - Malaysia Batalyon Armed 5/Pancagiri di Pelabuhan Semayang Balikpapan. Foto Kodam Mulawarman

Balikpapan, IDN Times - Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan Republik Indonesia - Malaysia Batalyon Armed 5/Pancagiri sudah tiba di Pelabuhan Semayang Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim) pada Sabtu 30 Juli 2022 lalu. Sebanyak 450 personel ini bertugas menjaga pos perbatasan Indonesia-Malaysia di sepanjang wilayah Kalimantan. 

Dalam pers rilis Kodam VI Mulawarman,  pasukan TNI ini diterima langsung Panglima Kodam Mayor Jenderal TNI Tri Budi Utomo. 

Baca Juga: DPRD Balikpapan Soroti Kondisi RPH, Perlu Banyak Perbaikan

1. Satgas Pamtas Batalyon Armed 5/Pancagiri

Satgas Pamtas Indonesia - Malaysia Batalyon Armed 5/Pancagiri di Pelabuhan Semayang Balikpapan. Foto Kodam Mulawarman

Satuan Yonarmed 5/Pancagiri berasal dari Kodam III/Siliwangi berkedudukan di Cipanas Kabupaten Cianjur Jawa Barat. Mereka menggantikan Satgas Yonarmed 18/Komposit Buritkang untuk menjaga wilayah perbatasan di RI-Malaysia di Provinsi Kalimantan Utara dan Kaltim.

Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonarmed yang berjumlah 450 personel dikomandoi oleh Letkol Arm Yan Octa Rombenanta tiba di Balikpapan setelah berlayar dari Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta dengan menggunakan KRI-540 Teluk Lampung.

2. Tugas pengamanan perbatasan di Indonesia-Malaysia

Satgas Pamtas Indonesia - Malaysia Batalyon Armed 5/Pancagiri di Pelabuhan Semayang Balikpapan. Foto Kodam Mulawarman

Tri Budi dalam sambutannya mengatakan, keberadaan Satgas di perbatasan memberikan efek tangkal bagi seluruh pihak yang berniat mengganggu keutuhan dan kedaulatan wilayah Indonesia. Ia meminta Satgas melaksanakan tugas dengan segala risikonya dalam menjamin kedaulatan masyarakat Indonesia dan aktivitas sehari-hari.

Ia pun memerintahkan agar para prajurit melaksanakan ibadah sesuai agama dan kepercayaan masing-masing dalam setiap pelaksanaan tugas. Pesan selanjutnya adalah agar tetap Pegang teguh Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI dalam langkah pengabdian.

"Laksanakan tugas dengan penuh keikhlasan untuk berbuat yang terbaik bagi negara dan bangsa," paparnya. 

Baca Juga: Wali Kota Balikpapan Turun ke Jalan Bagikan Bendera Merah Putih

Berita Terkini Lainnya