TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Terima Konjen Jepang, Pemprov Kaltim Ingin Tingkatkan Kerja Sama

Penunjukan IKN Nusantara membawa dampak ekonomi

Sebuah kendi yang berisi tanah dan air dari seluruh provinsi se-Indonesia usai seremoni ritual Kendi Nusantara di titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Senin (14/3/2022). (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/hp.)

Samarinda, IDN Times - Plt Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Riza Indra Riadi menerima kunjungan Konsulan Jenderal (Konjen) Jepang, Takeyama Kenichi di Kantor Gubernur Kaltim, Rabu, (8/6/2022).

Riza dalam pertemuan singkat itu, mengharapkan kerja sama antara Pemprov Kaltim dengan Pemerintah Jepang yang saat ini sudah terjalin dapat lebih ditingkatkan dan diperkuat.

“Saya berharap kerja sama Kaltim dengan Jepang ini dapat meningkat dan semakin kuat,” tuturnya dalam akun Instagram Pemprov Kaltim. 

Baca Juga: Wagub Kaltim Lakukan Kunjungan Kerja ke Wilayah Selatan

1. Keberadaan IKN Nusantara akan membawa dampak positif bagi Kaltim

Riza mengatakan, dipilihnya Kaltim sebagai ibu kota negara baru RI, akan membawa dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi, tidak hanya di Kaltim tetapi juga wilayah lain di Kalimantan dan Sulawesi.

“Kita bersyukur tahun 2023, pemerintah pusat akan menganggarkan Rp30 triliun untuk pembangunan IKN,” ujar Riza.

Anggaran sebesar itu, menurut Riza, setara dengan tiga kali APBD Kaltim. Saat ini, Benua Etam masih dihadapkan dengan persoalan konektivitas antar wilayah dan infrastruktur jalan yang masih banyak mengalami kerusakan.

“Kita berharap kerja sama dengan Jepang dapat menyasar masalah ini, karena yang kita tahu bantuan Jepang banyak terfokus di wilayah Jawa saja," ungkapnya.

Baca Juga: Pentingnya Gugus Tugas Pengendalian Penyakit Ikan di Kaltim

Berita Terkini Lainnya