Wagub Kaltim Lakukan Kunjungan Kerja ke Wilayah Selatan

Dalam rangka melihat langsung masyarakat hukum adat

Samarinda, IDN Times - Wakil Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Hadi Mulyadi didampingi sejumlah pimpinan perangkat daerah melakukan kunjungan kerja (kunker) ke wilayah Selatan selama tiga hari pada 7-9 Juni 2022.

Dalam akun Instagram Pemprov Kaltim, kunker kali ini dalam rangka melihat langsung Masyarakat Hukum Adat (MHA) Mului di Desa Swan Slutung, Kecamatan Muara Komam Kabupaten Paser.

Baca Juga: Isran Noor Optimis Pokja Ketahanan Pangan Dorong Daya Saing Kaltim

1. MHA Mului merupakan salah satu dari 10 pemenang Kalpataru Nasional

MHA Mului merupakan salah satu dari 10 pemenang Kalpataru Nasional melalui tokoh adat Jidan untuk kategori penyelamat lingkungan. Kepala Biro Administrasi Pembangunan (Adbang) Setdaprov Kaltim Lisa Hasliana selaku pimpinan rombongan mengatakan pada kunker ke Selatan kali ini merupakan kegiatan rutin kepala daerah untuk monitoring pelaksanaan program pembangunan sekaligus menyapa langsung masyarakat di daerah.

“Selain ke MHA Mului, beberapa rangkaian acara juga dilaksanakan di Kantor UPT KPHP Kendilo, Gunung Boga/Gunung Embun di Desa Luan, serta Desa Muara Andeh di Kecamatan Muara Samu," paparnya. 

2. Acara berupa bantuan atau kegiatan dari masing-masing perangkat daerah

Wagub Kaltim Lakukan Kunjungan Kerja ke Wilayah SelatanRitual adat Paser PPU (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Acara berupa bantuan atau kegiatan dari masing-masing perangkat daerah terkait, seperti Dinas Kehutanan, Dinas Perkebunan, DPMPD, Dinas Pangan TPH, Dinas Peternakan, Dinas ESDM, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Kesehatan dan RSUD AW Syahranie.

Lisa menjelaskan rombongan berangkat ke Paser menggunakan kendaraan roda empat dengan jumlah sekitar 44 unit. Selain diikuti perangkat daerah terkait lingkup Pemprov Kaltim juga diikuti instansi vertikal yang ada di daerah, khususnya yang menangani pembangunan infrastruktur jalan di Kaltim.

“Kita melintasi beberapa ruas jalan nasional, untuk itu Dinas PUPR dan Pera bersama BBPJN XII Balikpapan ikut serta mendampingi guna menjelaskan perkembangan pemeliharaan ruas jalan nasional yang dilintasi oleh rombongan kunker. TGUP3 juga turut serta dalam kunjungan ini,” pungkas Lisa.

Baca Juga: Tanaman Obat di Kaltim yang Berkhasiat dan Jadi Bisnis Menjanjikan 

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya