Comscore Tracker

All Biker, Wadah Pecinta Motor di PPU Pererat Persaudaraan

Kegiatan anak motor tak selalu negatif

Penajam, IDN Times - Anak motor identik dengan perilaku negatif, seperti ugal-ugalan dan kebut-kebutan di jalan, bahkan sering terlibat tindak kriminalitas. Untuk menepis anggapan negatif tentang anak motor serta mempererat tali persaudaraan para pencinta otomotif khususnya sepeda motor roda dua, sejumlah klub dan komunitas motor di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) membentuk satu wadah perkumpulan yang mereka beri nama All Biker PPU.

"Tepatnya pada tahun 2017 lalu, sejumlah komunitas dan klub motor di kabupaten PPU sepakat untuk membentuk wadah pemersatu bernama All Biker, " ujar Ketua All Biker PPU, Bre Abong kepada IDN Times, Senin (20/20) di Penajam.

1. Banyak klub motor di PPU tidak terorganisir secara baik, bersatu dalam All Biker

All Biker, Wadah Pecinta Motor di PPU Pererat PersaudaraanPersaudaraan anggota All Biker PPU walaupun beda varian sepeda motor (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Dibeberkannya, banyak klub motor di PPU tetapi tidak terorganisir secara baik. Hal ini menjadi hambatan untuk mendapatkan sponsor dalam mengadakan berbagai kegiatan. 

Para pencinta motor yang tergabung dalam berbagai klub motor di PPU menggelar kegiatan kopi darat (kopdar). Setelah itu,  klub-klub motor kemudian sepakat bersatu dalam paguyuban All Biker.

Baca Juga: Pentas Kuda Lumping di Balikpapan Ricuh, Brimob Bantu Pengamanan

2. All Biker untuk mempererat tali persaudaraan

All Biker, Wadah Pecinta Motor di PPU Pererat PersaudaraanRemaja PPU pecinta motor tergabung di All Biker PPU (IDN Times/Ervan Masbanjar)

"Tujuannya pertama terbentuknya All Biker, adalah untuk mempererat tali persaudaraan lah supaya tidak ada blok-blok  atau pemisah karena kita sama-sama memiliki hobi sama,  walaupun beda varian jenis motornya tetapi tetap sama-sama," ungkapnya.

Lalu yang kedua, sambungnya, supaya masyarakat lebih bisa melihat anak motor-motor ini selama ini dinilai negatif bahwa ada kegiatan positif dari anak motor. Kemudian ketiga, supaya anak-anak pencinta motor bisa banyak lagi bergabung dengan hal-hal yang positif.

3. Jumlah anggota All Biker PPU capai 420 orang

All Biker, Wadah Pecinta Motor di PPU Pererat PersaudaraanAnggota All Biker PPU berkegiatan bersama Satlantas Polres PPU (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Dibeberkannya, terkait dengan jumlah anggota All Biker PPU hingga kini jumlah mencapai sekitar 420 orang. Dari 27 klub yang terdaftar, kini ada 18 klub saja yang aktif di All Biker.

"Kegiatan selama ini masih banyak mengikuti kegiatan klub-klub dulu, sedangkan agenda All Biker sendiri mungkin di Maret baru kami lakukan acara tepatnya setelah perayaan HUT Kabupaten PPU ke-18, tahun 2020," kata Abong.  

4. All Biker jadi wadah penyaluran hobi yang positif

All Biker, Wadah Pecinta Motor di PPU Pererat PersaudaraanKetua All Biker PPU, Abong saat melakukan kegiatan sosial bersama Polres PPU (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Minat para remaja PPU untuk bergabung belum terlalu tinggi dan All Biker masih harus terus memperkenalkan diri ke anak muda PPU penggemar otomotif. 

Abong menjelaskan, banyak anak muda yang suka memodifikasi motor namun tidak terlalu berminat bergabung ke klub. Sebenarnya jika bergabung di All Biker, bisa menjadi tempat dan ruang yang tadinya suka otomotif atau balapan diarahkan menjadi touring atau kegiatan lain yang positif.

"Selain itu, kami juga mengajak mereka untuk bersosialisasi melakukan kegiatan-kegiatan sosial yang yang lebih bermanfaat. Kita tidak pungkiri tidak semua anak muda hobi otomotif, karena ada juga memiliki hobi lain seperti fotografi, main games serta hobi kreatif lain," tuturnya.

Abong berharap, All Biker mampu menjaring dan menjadi wadah positif bagi anak muda yang suka ugal - ugalan di jalan, dirangkul untuk berkegiatan positif melalui klub motor.

Baca Juga: Cegah Mesum, Satpol PP Penajam Paser Utara Giat Patroli Tempat Rawan

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya