Dikabarkan Hilang, Bocah 6 Tahun Ditemukan Tak Bernyawa di Dasar Laut

Korban sempat terlihat di Jembatan Pantai Lango

Penajam, IDN Times - Bocah berusia enam tahun ditemukan sudah tidak bernyawa di perairan laut di Kelurahan Lango Kecamatan Penajam Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur (Kaltim), Selasa (30/5/2023) pukul 15.30 Wita. Korban sempat dilaporkan hilang oleh orangtua. 

“Korban awalnya dikabarkan hilang, namun kemudian ditemukan tenggelam di dasar laut oleh warga,” kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) PPU Budi Santoso usai pencarian korban.

1. Keluarga tidak menyadari keberadaan korban

Dikabarkan Hilang, Bocah 6 Tahun Ditemukan Tak Bernyawa di Dasar LautSeorang dokter lakukan penangan terhadap korban tenggelam di Penajam (IDN Times/Ervan)

Dibeberkan, adapun kronologis terjadinya yang menimpa korban yang sempat dianggap sedang asyik bermain dengan teman-temannya di rumah. 

“Namun ternyata korban hingga sore hari belum pulang ke rumah. Upaya pencarian telah dilakukan di sekitar rumah orangtuanya, rumah tetangga  dan sekitarnya, Tetapi belum berhasil ditemukan,” tuturnya. 

Dari informasi seorang kerabat korban, anak usia enam tahun itu terakhir kali dilihat sedang bermain di sekitar Jembatan Pantai Lango. Lokasinya memang kebetulan tak dari rumah korban.

Karena tak berhasil menemukan korban, lanjut Budi, kemudian seorang staf Kelurahan Pantai Lango melaporkan kejadian itu ke Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BPBD PPU pukul 15.52 Wita.

Baca Juga: Polres PPU Membekuk Kurir Sabu Lintas Provinsi Kaltim-Kalsel

2. Korban ditemukan di dasar laut tak bernyawa

Dikabarkan Hilang, Bocah 6 Tahun Ditemukan Tak Bernyawa di Dasar LautTim lapangan ketika melakukan pencarian korban tenggelam di sekitar laut Pantai Lango Penajam (IDN Times/Ervan)

Personel BPBD PPU pun langsung meluncur ke lokasi kejadian.

“Usai laporan itu masuk ke Pusdalops BPBD PPU, kemudian tim langsung bergerak menuju  ke lokasi pencarian dan berkoordinasi dengan semua unsur terkait,” ungkapnya.

Pencarian terhadap korban itu  dilakukan hingga dekat Jembatan Pantai Lango dan wilayah sekitarnya oleh tim gabungan bersama pihak keluarga dan warga.  Korban berhasil ditemukan dalam kondisi sudah tak bernyawa.

“Korban ditemukan sekitar pukul 17.30 Wita, oleh salah seorang warga bernama Ardi dengan cara diselam hingga ke dasar laut di sekitar Jembatan Pantai Lango itu,” urainya.

Ketika itu jasad korban ditemukan di dasar laut dan warga tadi  langsung mengangkat korban ke permukaan kemudian dievakuasi ke rumah orangtua korban.

3. Pencarian libatkan sejumlah pihak

Dikabarkan Hilang, Bocah 6 Tahun Ditemukan Tak Bernyawa di Dasar LautTim lapangan ketika melakukan pencarian korban tenggelam di sekitar laut Pantai Lango Penajam (IDN Times/Ervan)

Jasad korban sempat pula dibawa ke klinik kesehatan di Jenebora. 

“Korban juga sempat dibawa ke salah satu klinik kesehatan di Jenebora. Namun kemudian dinyatakan meninggal dunia. Saat ini, jasad korban telah berada di rumah duka guna dilakukan proses pemakaman yang dilakukan malam ini juga,” tukas Budi.

Proses pencarian korban melibatkan BPBD PPU, aparatur Kelurahan Pantai Lango, Koramil Penajam, Polsek Penajam, TNI AL Pos Penajam, Polisi Air Penajam, dan warga. 

“Aksi pencarian itu juga menggunakan sekitar 36 unit kapal perahu milik warga, empat unit speedboat warga, satu unit Speedboat TNI AL Penajam dan satu unit speedboat milik Polair Penajam. Karena korban telah ditemukan, maka kegiatan operasi pencarian terhadap korban dinyatakan resmi ditutup,” pungkas Budi.

Baca Juga: Pemkab PPU Upayakan Pelatihan Kerja bagi Penyandang Disabilitas

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya