Comscore Tracker

Gencar Vaksinasi, Penajam Paser Utara Ditetapkan PPKM Level 2

Positif aktif COVID-19 sisa tiga kasus

Penajam, IDN Times - Setelah sempat dikembalikan pada pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Level 3, akhirnya Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Kalimantan Timur (Kaltim) kini berada Level 2 akibat gencar laksanakan vaksinasi COVID-19 ke masyarakat.

“Saat ini kita berada di PPKM level 2 setelah beberapa waktu pada level 3 karena capaian vaksinasi COVID-19 dosis pertama masih di bawah 50 persen. Namun hingga kini kita secara provinsi dan nasional tetap di zona kuning,” ujar Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 PPU dr Jansje Grace Makisurat kepada IDN Times, Jumat (26/11/2021).

1. Vaksinasi dosis pertama PPU telah capai 60,02 persen atau berada di atas 50 persen

Gencar Vaksinasi, Penajam Paser Utara Ditetapkan PPKM Level 2Cakupan vaksinasi COVID-19 Kaltim (Dok Satgas COVID-19 Kaltim)

Ia mengungkapkan, saat ini capai vaksinasi dosis pertama se Kaltim, PPU telah mencapai 60,02 persen atau telah berada di atas 50 persen.  Sehingga status PPKM turun menjadi level 2 dari sebelumnya level 3. 

Bahkan pihaknya terus melakukan vaksinasi untuk mengejar target 70 persen atau lebih di akhir tahun.

“Kawan-kawan di setiap puskesmas tiap hari melaksanakan vaksinasi, kini tinggal tergantung ketersediaan vaksin dari provinsi saja. Puskesmas juga terus melakukan vaksinasi untuk mengejar target 70 persen atau lebih akhir tahun,” tegas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten PPU ini.

Baca Juga: Masyarakat Penajam Paser Utara Harus Bersiap Menyambut IKN

2. Penerapan PPKM Level 3 di PPU guna sambut Natal dan tahun baru

Gencar Vaksinasi, Penajam Paser Utara Ditetapkan PPKM Level 2Pos Pengetatan pelabuhan speedboad dan kelotok Penajam saat libur tahun 2021 kini sudah tidak ada lagi (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Terkait dengan libur Natal dan tahun baru, jelasnya, pemerintah mengupayakan agar tidak ada lonjakan dengan mengurangi mobilitas dan sebagai bentuk preventif terhadap kenaikan kasus COVID-19. Sehingga seluruh wilayah di Indonesia ditetapkan dalam PPKM Level 3 termasuk PPU sendiri.

“Iya dalam waktu dekat ini semua wilayah termasuk PPU dijadikan PPKM Level 3 khusus menghadapi libur Natal dan tahun baru. Hal itu sebagai upaya pemerintah menekan bertambahnya penderita COVID-19 baru. Sedangkan untuk teknis kegiatannya rencananya hari ini kami akan rapat Polres PPU siang ini. Sedangkan Pemkab PPU pada Senin minggu depan,” tuturnya.

Menurutnya, PPU kemungkinan besar tidak terkena dampak gelombang pandemik COVID-19 ketiga di saat libur Natal dan tahun baru tersebut. Sepanjang semua pintu masuk Kaltim dijaga ketat, artinya yang masuk ke Kaltim setidaknya sudah divaksin minimal dosis pertama.

“Yang suka mondar-mandir keluar masuk Kaltim kan salah satunya aparatur sipil negara (ASN) tetapi kalau PPU kayaknya kurang yang akan keluar Kaltim karena terbatasnya anggaran kegiatan,” sebutnya.

3. Pendatang harus memperlihatkan aplikasi peduli lindungi

Gencar Vaksinasi, Penajam Paser Utara Ditetapkan PPKM Level 2dr. Jansje Grace Makisurat (IDN Times/Ervan)

Diakuinya, memang beberapa tahun terakhir ini wilayah PPU menjadi daerah tujuan pendatang karena adanya rencana pemindahan ibu kota negara (IKN) ke Sepaku dan adanya proyek nasional milik PT Pertamina. Namun para pendatang itu masuk lewat Kota Balikpapan yang harus memperlihatkan aplikasi peduli lindungi.

Tetapi itu tidak lepas dari pemantauan pihaknya.

“Iya memang betul kalau perusahaan yang pekerjanya didatangkan dari luar PPU atau Kaltim tentu mereka punya kebijakan internal perusahaan untuk rutin melakukan pemeriksaan antigen ulangan atau jika mempunyai gejala COVID-19,” kata Grace.

Untuk diketahui, tambahnya, tim gabungan Pemkab PPU sudah melakukan peninjauan ke perusahaan perusahaan yang ada di wilayah PPU,  makanya kini sudah tidak ada lagi klaster perusahaan.

“Namun masalah pendatang dimasa libur Natal dan tahun baru ini, nanti siang akan dibahas  dalam rapat,” akunya.

4. Kecamatan Waru dan Babulu zona hijau

Gencar Vaksinasi, Penajam Paser Utara Ditetapkan PPKM Level 2Infografis COVID-19 PPU (Dok Satgas COVID-19 PPU)

Dibeberkannya, terkait dengan situasi dan perkembangan kasus penderita COVID-19 saat ini di PPU, dirinya menilai terus alami perbaikan di mana jumlah pasien sembuh meningkat dan penderita positif ikut berkurang. Ada dua kecamatan yakni Waru dan Babulu masuk zona hijau di tingkat kabupaten karena tidak memiliki pasien terkonfirmasi aktif positif.

“Saat ini Kecamatan Waru dan Babulu tidak ada pasien positif sedangkan Kecamatan Penajam dan Sepaku masih terdapat pasien terkonfirmasi. Adapun posisi saat ini jumlah pasien terkonfirmasi positif aktif se PPU tersisa tiga orang, lalu pasien sembuh 4.212 kasus sedangkan pasien meninggal 231 kasus total keseluruhan kasus sejak Maret 2020 hingga sekarang mencapai 4.446 kasus,” pungkasnya.

Baca Juga: Harga Minyak Goreng di Penajam Paser Utara Merangkak Naik

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya