KIB Penajam akan Jadi Pelabuhan Logistik Pembangunan IKN Nusantara   

PT. KBS tertarik bangun pelabuhan di KIB

Penajam, IDN Times - Pelabuhan di Kawasan Industri Buluminung (KIB) milik Pemkab Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur (Kaltim) akan dijadikan sebagai pelabuhan material dan logistik konstruksi kebutuhan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. 

Hal ini terungkap saat  jajaran Manajemen PT Krakatau Bandar Samudera (KBS) Cilegon mengunjungi Pemkab PPU, Selasa (22/2/2022). Dalam rangka potensi bisnis sarana dan prasarana pelabuhan atau terminal laut di KIB sebagai gerbang masuk material dan logistik konstruksi ke IKN Nusantara.

“Setelah melakukan peninjauan lokasi di PPU  PT KBS ini sangat tertarik untuk berinvestasi membangun pelabuhan distribusi logistik di daerah IKN di KIB, karena memang merupakan salah satu kawasan andalan yang ada di Kabupaten PPU,” ujar Kepala Bagian Pembangunan Setkab PPU Nicko Herlambang kepada IDN Times, Rabu (23/2/2022).

1. Pelabuhan KIB sangat strategis penyuplai logistik

KIB Penajam akan Jadi Pelabuhan Logistik Pembangunan IKN Nusantara   Audensi antara PT. KBS dengan Plt. Bupati PPU, Hamdam terkait rencana pelabuhan logistik IKN (IDN Times/Ervan)

Menurutnya, dukungan logistik ke IKN  nantinya memang sangat diperlukan dan wilayah yang paling menjanjikan itu memang posisinya ada di pelabuhan di KIB PPU. Harapannya, bisa mendukung pembangunan IKN kelak karena dijadikan sebagai pelabuhan material dan logistik.

“Wilayah KIB ini juga punya potensi besar karena berada pada jalur Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) II pelayaran Indonesia, artinya memang sangat memungkinkan untuk dilalui kapal-kapal besar yang akan masuk ke wilayah Buluminung,” jelas Nicko.

Baca Juga: 300 Tenaga Kerja dari PPU Diterima pada Proyek Kilang Minyak Pertamina

2. Agar BBPJN Kaltim perhatikan badan jalan akses menuju dari dan ke KIB

KIB Penajam akan Jadi Pelabuhan Logistik Pembangunan IKN Nusantara   Ilustrasi Infrastruktur (Pelabuhan) (IDN Times/Arief Rahmat)

Selain itu, kata Nicko, Pemerintah Kabupaten PPU juga berharap badan jalan akses menuju dari dan ke KIB jadi perhatian khusus Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Kaltim untuk ditingkatkan. Terkait aksesibilitas jalan dari kilometer 13 simpang Silkar Petung menuju kawasan IKN masuk ke KIB.

“Di mana  pada lokasi ini terdapat jalan sepanjang 12 kilometer yang telah dibuka aksesnya oleh Pemerintah Kabupaten PPU melalui Unit Pelaksana Teknis Pekerjaan Umum (UPT PU)," ungkap Nicko.

3. Akses jalan telah dibuka mampu jadi jalur mobilisasi logistik ke IKN

KIB Penajam akan Jadi Pelabuhan Logistik Pembangunan IKN Nusantara   Plt. Bupati PPU. Ir. H. Hamdam memberikan penjelasan kepada Dirut PT. KBS terkait masterplan waterfront city (IDN Times/ Ervan)

Menurutnya, akses jalan yang telah dibuka oleh Pemkab PPU ini mampu menjadi jalur mobilisasi logistik ke IKN. Di mana jalur ini existingnya sudah ada. Jadi tinggal melakukan peningkatan sekarang kondisi tanah. 

“Kami berharap, badan jalan yang jadi akses transportasi mobilisasi logistik ke IKN kelak dapat ditingkatkan, karena sekarang baru berupa tanah harapan kita ditingkatkan jadi agregat atau jika perlu cor beton,” ucap Nicko.

4. Berharap menarik investor besar lain dan berinvestasi di PPU

KIB Penajam akan Jadi Pelabuhan Logistik Pembangunan IKN Nusantara   Plt. Bupati PPU. Ir. H. Hamdam memberikan penjelasan kepada Dirut PT. KBS terkait masterplan waterfront city (IDN Times/ Ervan)

Sementara itu, Plt Bupati PPU Hamdam saat menerima kunjungan jajaran pimpinan KBS berharap, agar perusahaan itu dapat segera melakukan investasi di PPU dalam rangka mendukung pembangunan IKN.

Ia berharap dengan adanya kunjungan ini  bisa mendukung iklim investasi yang baik di PPU dan untuk memunculkan investor-investor lainnya untuk berinvestasi di daerah ini.

"Kami atas nama Pemerintah Kabupaten PPU menyambut baik rencana investasi di Kabupaten PPU. Harapan dapat menarik investor besar lainnya ke daerah ini guna berinvestasi di PPU," pungkasnya.

Baca Juga: Perbaikan Jalan Riko-Pemaluan di PPU, Terkendala DIPA Kemen PUPR 

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya