Lima Pasien Positif COVID-19 di Penajam Paser Utara Dinyatakan Sembuh

Angka kesembuhan capai 71,89 persen

Penajam, IDN Times – Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), dr. Jansje Grace Makisurat mengatakan, sebanyak lima warga asal Kecamatan Penajam telah selesai jalani proses isolasi atau dinyatakan sembuh dari corona.

“Hari ini sebanyak lima asal Kecamatan Penajam telah selesai menjalani isolasi dan dinyatakan sembuh, sehingga diperbolehkan kembali ke rumahnya masing-masing,” ujar Grace kepada IDN Times, Rabu (6/1/2021) di Penajam.

1. Lima orang warga Penajam sudah sembuh dari COVID-19

Lima Pasien Positif COVID-19 di Penajam Paser Utara Dinyatakan SembuhIlustrasi pasien yang dinyatakan sembuh dari COVID-19. ANTARA FOTO/Ampelsa

Dibeberkan Grace, kelima warga Kecamatan Penajam yang dinyatakan sembuh masing-masing, PPU 215, perempuan (52) warga Kelurahan Buluminung, PPU 230 laki-laki (39) warga Desa Girimukti, PPU 305 perempuan (26) tinggal di Kelurahan Penajam, PPU 314 perempuan (19) warga Keluarahan Penajam, dan terakhir PPU 317 perempuan (50) tinggal di Kelurahan Petung.

“Untuk PPU 215 telah menjalani isolasi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ratu Aji Putri Botung (RAPB) PPU, PPU 230 dikarantina di Wisma PKK masuk klaster tenaga kesehatan (Nakes). Sementara pasien sembuh lainnya sudah menjalani karantina di Rumah Susun Sewa (Rusunawa) Penajam,” sebut Grace.

2. Hingga saat ini total angka kesembuhan capai 284 pasien

Lima Pasien Positif COVID-19 di Penajam Paser Utara Dinyatakan Sembuhdr. Jansje Grace Makisurat (IDN Times Ervan Masbanjar)

Grace menjelaskan, dengan penambahan lima pasien sembuh hari ini, membuat total jumlah kesembuhan COVID-19 di PPU sebanyak 284 pasien. Angka itu merupakan bagian dari total pasien sejak 22 Maret 2020 hingga 6 Januari 2021 yang mencapai 395 orang.

“Angka kesembuhan pasien terkonfirmasi positif COVID-91 hingga kini telah mencapai 284 atau sekitar kurang lebih 71,89 persen sejak terjadinya bencana non alam pandemik COVID-19 di PPU pada 22 Maret 2020 hingga hari ini,” ungkapnya.

3. Tidak ada kasus positif baru hari ini di PPU

Lima Pasien Positif COVID-19 di Penajam Paser Utara Dinyatakan SembuhRelawan Indonesia Bersatu Lawan COVID-19 melakukan tes cepat COVID-19 (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Kabar baiknya yaitu, pada hari ini tidak ada tambahan kasus positif baru COVID-19 di Penajam Paser Utara. Grace mengatakan, saat ini angka akumulatif pasien positif sebanyak 96 orang di wilayahnya.

“96 orang pasien berstatus positif tersebut sebanyak 13 orang di antaranya masih dirawat di rumah sakit lalu 83 pasien laksanakan isolasi mandiri di lokasi karantina terpadu Rusunawa Penajam. Sedangkan jumlah pasien positif meninggal tetap 15 orang,” urai Grace.

Baca Juga: Pasien COVID-19 di PPU Meninggal, Swab Lambat, Jenazah Dibawa Pulang

4. Terdapat penambahan 27 kasus suspek COVID-19

Lima Pasien Positif COVID-19 di Penajam Paser Utara Dinyatakan SembuhIlustrasi (IDN Times/Surya Aditya)

Meskipun tidak ada peningkatan jumlah pasien berstatus positif, jelas Grace, namun hari ini terdapat penambahan 27 kasus suspek COVID-19. Tambahan itu membuat jumlah kasus suspek naik menjadi total 1.669 pasien.

“Dari jumlah keseluruhan kasus suspek COVID-19 tersebut, terdapat 26 harus menjalani perawatan di rumah sakit, sembilan orang isolasi mandiri, sembilan meninggal dengan komorbid swab negatif atau bertambah satu suspek meninggal kemarin hasil swab miliknya telah diketahui yakni negatif,” kata Grace.

Baca Juga: Lagi, Keluarga Bawa Pulang Jenazah Pasien Suspek COVID-19 di PPU

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya