Comscore Tracker

Warga PPU Kumpulkan Rp675 Juta Bantu Korban Bencana Kalsel dan Sulbar

Relawan juga melelang bonsai kesayangan untuk korban bencana

Penajam, IDN Times – Sejumlah relawan di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, mengumpulkan donasi Rp697 juta untuk membantu masyarakat terdampak bencana banjir di Kalimantan Selatan dan gempa bumi di Sulawesi Barat. Uang itu dikumpulkan dari sejumlah donatur sejak 16 Januari hingga Rabu 17 Januari 2021.

“Sejumlah organisasi relawan yang tergabung dalam Posko Bersama Bantuan Kemanusiaan Bencana di Kalsel dan Sulbar yang didirikan tepat depan kantor camat Penajam," ujar Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) PPU, Nurlaila, kepada IDN Times, Kamis (28/1/2021) di Penajam.

1. Donasi uang tunai berasal dari sejumlah OPD, ormas dan masyarakat

Warga PPU Kumpulkan Rp675 Juta Bantu Korban Bencana Kalsel dan SulbarBarang sumbangan masyarakat yang dikumpulkan oleh Posko bersama bantuan kemanusiaan PPU (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Donasi yang berhasil dikumpulkan tersebut, kata Nurlaila, berasal dari sejumlah organiasi perangkat daerah (OPD) di lingkup Pemerintah Kabupaten PPU, organisasi kemasyarakatan, dan individu lainnya.

"Dana tunai sumbangan sukarela tersebut setelah terkumpul hingga 30 Januari 2021 depan segera kami salurkan membantu masyarakat terdampak bencana di Kalsel dan Sulbar. Di mana selain dana tunai kami juga berhasil mengumpulkan bantuan barang dari masyarakat penyumbang pakaian layak pakai, sembako, mie instan, air mineral obat-obatan dan lain-lain,” katanya.

2. Pemkab PPU telah salurkan bantuan untuk korban terdampak gempa Sulbar

Warga PPU Kumpulkan Rp675 Juta Bantu Korban Bencana Kalsel dan SulbarPenggalangan dana untuk korban bencana Kalsel dan Sulbar yang dilaksanakan relawan remaja PMI PPU (Dok. PMI PPU)

Pada Senin 25 Januari lalu, Pemkab PPU telah menyalurkan bantuan untuk korban gempa di Kabupaten Majene dan Mamuju di Sulbar. Bantuan itu dibawa menggunakan kapal KRI Tongkol 318 dari Pelabuhan Pelindo Semayang, Balikpapan.

Plt. Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten PPU, Muliadi pada kesempatan itu mengatakan, bantuan tersebut dikumpulkan sejak 16 Januari. Bantuan yang dikirim ke Sulbar sebanyak 11 truk terdiri dari lima truk bermuatan pakaian layak pakai, dua truk pengangkut mie instan, tiga truk membawa beras serta sembako, dan obat-obatan diangkut satu truk.

“Mudah-mudahan bantuan yang dikirim cepat tersalurkan ke korban bencana gempa bumi di Sulbar, khususnya Kabupaten Mamuju dan Kabupaten Majene. Semoga saudara kita di sana mampu keluar dari persoalan bencana ini dan bisa normal kembali dengan cepat," katanya.

Baca Juga: Bertambah 30 Pasien, Positif COVID-19 di PPU Mencapai 154 Kasus

3. PBPI Lelang Bonsai untuk donasi gempa Sulbar dan banjir di Kalsel

Warga PPU Kumpulkan Rp675 Juta Bantu Korban Bencana Kalsel dan SulbarLelang tanamam bonsai oleh PBPI untuk bantu masyarakat terdampak bencana di Kalsel dan Sulbar (IDN Times/Ervan Masbajar)

Baru-baru ini Pencinta Bonsai Penajam indonesia (PBPI) turut menggalang dana bantuan kemanusiaan untuk korban bencana banjir di Kalsel serta gempa di Sulbar. Kegiatan lelang dilakukan di depan lapangan sepak bola Petung, PPU.

Ketua PBPI, Sutikno mengatakan penggalakan dana kemanusian tersebut dilakukan dengan menggelar pameran dan lelang bonsai sembari mengumpulkan bantuan sukarela dari para pengguna jalan raya menuju Penajam ke Grogot atau sebaliknya.

“Hasil dari lelang bonsai kesayangan anggota PBPI tersebut kami donasikan ke daerah bencana alam termasuk juga dana yang kami dapat dari sumbangan sukarela masyarakat yang melintas. Di mana kami berhasil mengumpulkan dana tunai sebanyak Rp6 juta lebih donasi,” katanya.

Baca Juga: Tambah 7 Kasus Positif COVID-19 di PPU, 2 Diantaranya Nakes RSUD PPU

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya