Catat! Balikpapan Kick Off Vaksinasi untuk Anak Usia 6-11 Tahun

Vaksinasi akan didampingi orangtua anak

Balikpapan, IDN Times - Kementerian Kesehatan sudah mengizinkan pelaksanaan vaksinasi COVID-19 bagi anak usia 6 hingga 11 tahun. Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim) menjadi salah satu kota yang akan melaksanakan vaksinasi khusus anak ini di Sentra Vaksinasi BSSC Dome, Rabu (15/12/2021).  

Nantinya ada 8 orang siswa yang akan divaksin secara simbolis. Sementara, siswa lainnya yang juga akan mendapatkan vaksinasi adalah pelajar SDN 13 dan SDN 14 Kelurahan Gunung Bahagia, Balikpapan Selatan. 

"Acara akan dibuka oleh Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas'ud sekira pukul 08.00 Wita. Sebelum Balikpapan, ada tiga daerah yang telah melaksanakan pada hari ini, yakni Jakarta, Banten dan Depok," sebut Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan, Andi Sri Juliarty, Selasa (14/13/2021). 

1. Sebanyak 81 ribu anak usia 6-11 tahun jadi sasaran vaksinasi

Catat! Balikpapan Kick Off Vaksinasi untuk Anak Usia 6-11 TahunKepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan, Andi Sri Juliarty. IDN Times/Fatmawati

Dio, sapaan Andi Sri Juliarty mengatakan, untuk melaksanakan vaksin anak usia 6-11 tahun ini, suatu daerah harus memenuhi capaian vaksinasi dosis 1 di atas 70 persen, dan lansia di atas 60 persen.

Selain itu juga sudah melaksanakan vaksinasi Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) lewat satu bulan. Ia menyebut, Balikpapan sudah memenuhi syarat tersebut. 

"Sehingga kami melakukan persiapan pengumpulan data dari Disdukcapil (Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil). Bahwa jumlah anak usia 6-11 di Balikpapan ada 81.404 orang," sebutnya.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 67.800 anak bersekolah. Sementara sisanya belum masuk sekolah karena usia masih 6 tahun.

Baca Juga: Balikpapan Menerima DAK Fisik Rp68 Miliar untuk Infrastruktur 

2. Gunakan vaksin Sinovac, anak harus didampingi orangtua

Catat! Balikpapan Kick Off Vaksinasi untuk Anak Usia 6-11 TahunPelaksanaan vaksinasi COVID-19 di lokasi DOME Balikpapan Kaltim. (IDN Times/Hilmansyah)

Dio menjelaskan, pihaknya juga telah mempersiapkan tenaga untuk bertugas dalam vaksinasi ini. "Kami sudah menyiapkan tenaga dan lokasi pelaksanaan," jelasnya.

Ia juga menerangkan, jenis vaksin yang akan digunakan adalah Sinovac. Dosis vaksin sudah tiba pada hari Senin (13/12/2021) kemarin.

"Nanti mereka akan menerima suntikkan 0,5 ml di lengan anak-anak, sama dengan dosis untuk orang dewasa," katanya. 

Menurutnya, dalam proses pemberian vaksinasi, pihaknya akan meminta kepada seluruh orangtua mendampingi anak ketika sedang di vaksin.

"Nanti anak-anak ini juga harus didampingi orangtua masing-masing," katanya. 

3. Cakupan vaksin Balikpapan capai 97 persen, termasuk salah satu yang terbaik se Indonesia

Catat! Balikpapan Kick Off Vaksinasi untuk Anak Usia 6-11 TahunWali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud. (IDN Times/Hilmansyah)

Terkait vaksinasi, Pemerintah Kota Balikpapan juga mendapat penghargaan dari Pemerintah Pusat sebagai salah satu daerah yang terbaik dalam pelaksanaan vaksinasi. Hal itu disamapikan Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud, Selasa (14/12/2021).

"Balikpapan mendapat penghargaan untuk pelayanan implementasi dalam pelaksanaan vaksin di Indonesia, Alhamdulilah,” ujarnya.

Menurutnya ini karena pencapaian vaksinasi di Kota Balikpapan menjadi salah satu yang terbaik di Indonesia. Hingga saat ini sudah mencapai 97 persen. Targetnya pada akhir tahun bisa mencapai 100 persen. 

“Kita sudah 97 persen. Maunya 100 persen di akhir tahun ini tapi cari yang 3 persen ini tidak mudah,” ujarnya.

Untuk mencapai target tersebut, Satgas COVID-19 Kota Balikpapan melakukan berbagai inovasi. Di antaranya menggelar vaksinasi di tempat-tempat keramaian. Tidak hanya digelar pada sentra vaksinasi.

Seperti di Lapangan Merdeka akhir pekan lalu yang pesertanya mencapai 500 orang. “Artinya di keramaian-keramaian ini kita lakukan vaksin. Ini untuk mengejar target kita mencapai 100 persen,” terangnya. 

Dia juga menyampaikan terima kasih atas partisipasi TNI, Polisi, instasi maupun masyarakat yang juga menggelar vaksinasi di Kota Balikpapan sehingga mempercepat capaian.

Baca Juga: Pimpinan Dirjen Pemasyarakatan Tinjau Lapas Balikpapan

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya