Proteksi Pekerja, K3 Penting untuk Pembangunan IKN yang Super Cepat 

Setiap hari 8 orang meninggal karena kecelakaan kerja

Balikpapan, IDN Times -  Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) sangat penting terutama selama masa pembangunan Ibu Kota Negara (IKN), dimana Presiden Joko "Jokowi" Widodo menghendaki pada tahun 2024, IKN sudah pindah ke Kalimantan Timur.

Hal ini disampaikan oleh Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi pada Seminar Nasional K3 di Hotel Novotel, pada Kamis (12/3). Seminar nasional yang mengangkat tema Peranan K3 dalam Mewujudkan Ibu Kota Negara (IKN) yang Sehat, Selamat, Aman, dan Nyaman ini, sangat relevan dengan pembangunan IKN.

"Pekerjaan IKN ini dalam konstruksinya sangat super cepat. Karena Bapak Presiden mentargetkan tahun 2024 istana sudah ditinggali oleh Bapak Presiden. Kita bayangkan 3-4 tahun pembangunan infrastruktur sangat luar biasa, sehingga peranan K3 sangat penting. Kalau tidak kecelakaan kerja jadi tinggi," jelas Rizal

1. Setiap hari delapan orang meninggal karena kecelakaan kerja

Proteksi Pekerja, K3 Penting untuk Pembangunan IKN yang Super Cepat Ilustrasi pembangunan infrastruktur jalan. IDN Times/Asrhawi Muin

Menurut Rizal kecelakaan kerja di Indonesia masih tinggi, rata-rata per tahun di atas 100 ribu kejadian, dengan sekitar dua ribu pekerja meninggal dunia. 

"Jadi di Indonesia setiap hari ada 8 orang meninggal dunia karena kecelakaan kerja," ujarnya.

Apalagi dengan pembangunan IKN yang ditarget selesai di 2024, risiko kecelakaan kerja berpotensi semakin meningkat karena pekerjaan dituntut lebih cepat selesai.

Dilansir kemnaker.go.id, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengungkapkan pada 2018 terjadi sebanyak 157.313 kasus kecelakaan kerja. Sementara sepanjang Januari hingga September 2019 terdapat 130.923 kasus, yang menunjukkan penurunan kasus kecelakaan kerja sebesar 26.40 persen.

2. Perusahaan perlu antisipasi wabah virus corona

Proteksi Pekerja, K3 Penting untuk Pembangunan IKN yang Super Cepat Seminar Nasional K3 dan FGD di Balikpapan 12 Maret 2020 (IDN Times/Mela Hapsari)

K3 juga penting dikaitkan dengan kesehatan kerja, karena Indonesia sedang dihebohkan oleh wabah virus corona yang dari waktu ke waktu semakin bertambah penderitanya.

Seperti diberitakan sebelumnya, di Kota Minyak ini ada 3 orang pasien suspect virus corona atau COVID-19 dan 10 orang dalam pemantauan yang menjalani observasi di rumah.

Perusahaan pun perlu melakukan antisipasi agar para pekerjanya terhindar dari wabah virus mematikan ini. 

"Perusahaan-perusahaan juga harus menerapkan K3 dengan baik. Menyediakan pencuci tangan, masker, dan lainnya. Mudah-mudahan tidak ada di Balikpapan ini yang positif virus corona," ujar Rizal. 

3. K3 perlu ditingkatkan terutama pada bidang konstruksi

Proteksi Pekerja, K3 Penting untuk Pembangunan IKN yang Super Cepat Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi (IDN Times/Mela Hapsari)

Menurut Rizal, industri perminyakan yang ada di Balikpapan rata-rata sudah disiplin K3, bahkan sudah banyak perusahaan yang zero accident. Namun menurutnya, K3 di bidang konstruksi masih lemah.

"Kita masih lihat di (proyek) bangunan, orang tidak pakai safety, tidak pakai helm pelindung, glove, alat pengikat keamanan. Ini yang harus dibudayakan," katanya.

K3 tidak hanya wajib untuk perusahaan dan pekerja. Namun sejak dini anak-anak dan ibu rumah tangga juga perlu dilibatkan dan mendapatkan pemahaman terkait K3.

"Kita bangun semangat ini di sekolah-sekolah, di ibu rumah tangga supaya mengingatkan suaminya," katanya

Rizal juga menegaskan perusahaan jangan menganggap K3 sebagai beban biaya, justru harus dipandang sebagai investasi bagi perusahaan.

4. Rangkaian acara Bulan K3 di Balikpapan

Proteksi Pekerja, K3 Penting untuk Pembangunan IKN yang Super Cepat Gelar Winayawidhi Suganda, Ketua Umum Panitia Bulan K3 Kota Balikpapan (IDN Times/Mela Hapsari)

Sementara, Gelar Winayawidhi Suganda, Ketua Umum Panitia Bulan K3 Kota Balikpapan menjelaskan, ada serangkaian acara yang telah dilakukan untuk memeriahkan Bulan K3 di Balikpapan.

Rangkaian acara tersebut yakni Pemilihan Duta K3, lomba blog, lomba cerdas cermat untuk ibu-ibu PKK antar kecamatan, serta National Fire Rescue Series (NFRS), dan Seminar Nasional K3 yang menjadi puncak acara dari K3 di Balikpapan.

Kegiatan Pemilihan Duta K3, lomba blog yang menyasar pelajar, dan cerdas cermat ibu-ibu memiliki tujuan khusus untuk mengedukasi para pelajar dan ibu rumah tangga untuk lebih memahami tentang K3.

"Sasaran supaya generasi mendatang punya kesadaran lebih tinggi mengenai K3. Generasi mendatang masih bisa kita bentuk, kita ukir lebih mudah, Sementara yang orangtua biar kamilah yang di perusahaan yang menangani," ujar Gelar.

Baca Juga: Pemkot Tolak Kapal Pesiar Coral Adventure Sandar di Balikpapan

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya