Comscore Tracker

Siswa Balikpapan dan Bontang Peraih Nilai Tertinggi UNBK SMP di Kaltim

Selamat ya, sudah lulus SMP!

Balikpapan, IDN Times - Hasil Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMP diumumkan kepada para siswa SMP di Balikpapan hari Rabu (29/5). Dari hasil Ujian Nasional SMP, Kota Balikpapan masih menduduki peringkat tertinggi di Kalimantan Timur. 

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Balikpapan, Muhaimin mengatakan, "Alhamdulillah, kalau tahun lalu Kota Balikpapan peringkat I sendiri (di Kaltim), tahun ini peringkat I bersama dengan Bontang dengan nilai 393.5, sama dengan siswa dari Bontang." 

1. Nilai UNBK Tertinggi diraih siswa SMPN 1 Balikpapan

Siswa Balikpapan dan Bontang Peraih Nilai Tertinggi UNBK SMP di KaltimIDN Times/Mela Hapsari

Nilai tertinggi UN SMP se-Kalimantan Timur dari Balikpapan dengan skor 393,5 diraih oleh Firza El Hakim siswa SMPN 1 Balikpapan. Sementara peraih nilai tertinggi dari Bontang adalah Husna Azkiya Hartanto dari SMP IT Daarul Hikmah Bontang dengan nilai UN 393,5.

Prestasi  Balikpapan juga terlihat dari banyaknya siswa yang meraih nilai sempurna pada Ujian Nasional. Muhaimin menjelaskan, "Dari sekitar 51 siswa yang mendapatkan nilai 100 pada UN (se-Kalimantan Timur), 22 diantaranya masih direbut oleh anak-anak Balikpapan, atau sekitar 43 persen," katanya.

Selain itu menurut Muhaimin, dari peringkat sepuluh besar nilai UN SMP se-Kalimantan Timur juga lebih dari separuh diraih oleh para pelajar Balikpapan.

"Dari peringkat sepuluh besar se-Kaltim, peringkat satu sampai sepuluh, total 65 siswa, karena ada nilai yang sama. Dari 65 siswa ini, 35 diantaranya direbut oleh  (siswa asal) Balikpapan. Hal ini menunjukkan kualitas pendidikan di Balikpapan masih bagus," ujar Muhaimin.

Baca Juga: PPDB Banyak Dikritik, Dinas Pendidikan Malang Angkat Bicara

2. Tidak ada satupun siswa di Kaltim yang meraih nilai sempurna pada pelajaran Bahasa Indonesia

Siswa Balikpapan dan Bontang Peraih Nilai Tertinggi UNBK SMP di KaltimIDN Times/Mela Hapsari

Muhaimin memberikan apresiasi kepada para guru terutama guru mata pelajaran yang berhasil meloloskan anak-anak mendapatkan nilai 100.

Namun, sayangnya tahun ini tak satupun siswa Balikpapan dan Kalimantan Timur yang berhasil mendapatkan nilai sempurna pada pelajaran Bahasa Indonesia.

"Tahun ini seluruh Kaltim tidak ada yang mendapatkan 100 pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Padahal tahun lalu ada 7 (siswa yang mendapatkan nilai 100) se-Kaltim dan Balikpapan masih dapat 3 (siswa). Tapi tahun ini tidak ada," katanya.

Sementara pada mata pelajaran lain ada 22 siswa asal Balikpapan yang berhasil meraih nilai 100.

"Alhamdulillah di Balikpapan ada satu anak yang berhasil mendapatkan dua nilai 100 yaitu nilai mata pelajaran Matematika dan IPA, oleh siswa dari SMP Nasional KPS," kata Muhaimin.

Siswa yang berhasil meraih dua nilai sempurna 100 pada mata pelajaran IPA dan Matematika ini adalah Naufal Arsa Danendra dari SMP Nasional KPS.

3. Para siswa peraih nilai 10 besar UN SMP tingkat Kota Balikpapan mendapatkan penghargaan dari Wali Kota Balikpapan

Siswa Balikpapan dan Bontang Peraih Nilai Tertinggi UNBK SMP di KaltimDok.IDN Times/Istimewa

Para siswa berprestasi peringkat 10 besar tertinggi nilai UNBK SMP dari Balikpapan akan mendapatkan penghargaan dan uang pembinaan dari Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi. Penghargaan ini akan diserahkan pada Sabtu, 1 Juni 2019 saat Upacara Hari Lahir Pancasila.

Muhaimin menjelaskan uang pembinaan akan diberikan kepada peraih Peringkat 1 sebesar Rp3,5 juta rupiah. Peringkat satu sampai sepuluh akan mendapatkan uang pembinaan dengan selisih per peringkat sebesar Rp250 ribu. Sedangkan untuk para siswa yang berhasil mendapatkan nilai 100 akan mendapatkan uang senilai Rp1 juta untuk tiap mata pelajaran.

Selain itu Muhaimin juga mengatakan, untuk 200 siswa dengan raihan nilai UNBK SMP tertinggi di Balikpapan akan mendapatkan Surat Keputusan Kepala Dinas Pendidikan  Balikpapan untuk ikut jalur prestasi dan bisa mendaftar ke SMA secara lintas zonasi.

Baca Juga: PPDB Online Satu Putaran, Atur Strategi Pilih Sekolah Idaman 

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya