7 Lokasi Pantai di Kaltim Dimanfaatkan untuk Pelabuhan Logistik IKN

Akan ada penambahan jumlah alur pelayaran ke IKN

Balikpapan, IDN Times - Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Balikpapan menetapkan 7 lokasi pelabuhan pemanfaatan garis pantai di Kalimantan Timur (Kaltim) untuk kapal angkutan logistik. Terutama untuk logistik pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.  

Kepala KSOP Kelas I Balikpapan M Takwim Masuku mengatakan, penetapan pelabuhan logistik IKN ini sudah memperoleh izin Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Termasuk rekomendasi dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

“Izin ini bisa digunakan pelabuhan untuk mendukung arus kegiatan bongkar muatan material logistik IKN Nusantara di Sepaku, Penajam Paser Utara (PPU),” katanya, Senin (30/1/2023). 

1. Pelabuhan menjadi infrastruktur penting di IKN

7 Lokasi Pantai di Kaltim Dimanfaatkan untuk Pelabuhan Logistik IKNSebuah kendi yang berisi tanah dan air dari seluruh provinsi se-Indonesia usai seremoni ritual Kendi Nusantara di titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Senin (14/3/2022). (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/hp.)

Takwim menyebutkan pelabuhan rakyat yang dipergunakan sebagai lokasi logistik IKN di antaranya dikelola Badan Usaha Unit Desa (Bumdes) Makmur Mandiri, Pelabuhan Punggur PT Tepian Benuo Paser, Pelabuhan CV Mandiri Multi Material, Pelabuhan PT Balikpapan Ready Mix, Pelabuhan Bentang Panjang Pulau Balang di Tempadung, dan Pelabuhan PT Tepian Sekapung Nusantara.

“Infrastruktur penting dalam mendukung percepatan pembangunan IKN di Kaltim adalah pelabuhan. Dan mendapatkan izin, sudah tentu dari sisi laut dan akses darat telah dilakukan peninjauan,” ungkapnya.

Selain itu, Kantor Syahbandar pun masih menerima 8 permohonan lainnya sebagai lokasi pelabuhan logistik IKN. Lokasinya berada di wilayah Sepaku PPU yang berada di dekat titik nol Nusantara. 

Baca Juga: WNA Polandia Dilaporkan Positif COVID-19 Varian XBB 1.5 di Balikpapan

2. Ada 8 pemohon lainnya

7 Lokasi Pantai di Kaltim Dimanfaatkan untuk Pelabuhan Logistik IKNSejumlah bahan kontruksi berada di lokasi segmen tiga di kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Minggu (6/2/2022). (ANTARA FOTO/Bayu Pratama S)

Takwin mengatakan, pihak perusahaan harus secepatnya menyiapkan fasilitas kelancaran bongkar muat. Khususnya untuk lokasi pelabuhan rakyat yang sudah memperoleh izin lokasi distribusi logistik IKN Nusantara. 

“Saat ini ada 8 pemohon lainnya, semuanya dalam pemenuhan beberapa persyaratan perizinan dan tentunya berharap segera selesai,” ucapnya.

Dan jika semua persyaratan sudah terpenuhi, sambungnya, izin tersebut bisa segera dikeluarkan. Setelah itu, dapat berproses dalam mempersiapkan segala peralatan yang diperlukan untuk kegiatan bongkar muat di lokasi dekat IKN.

“Begitu ditetapkan izin oleh Kemenhub tidak berhenti di situ saja. Tetapi, harus segera melakukan mitigasi,” paparnya.

3. Memastikan kelancaran pembangunan IKN

7 Lokasi Pantai di Kaltim Dimanfaatkan untuk Pelabuhan Logistik IKNPelabuhan Semayang Balikpapan di Kalimantan Timur. (IDN Times/Hilmansyah)

Lebih lanjut, Takwin berharap agar penambahan jumlah pelabuhan tersebut mampu mendorong kelancaran pembangunan IKN Nusantara. Seperti diketahui, Kementerian PUPR mendorong proses pembangunan IKN di mana keseluruhannya mencapai 10 persen. 

“Penambahan ini mencerminkan pemerintah harus siap. Begitu juga masyarakat daerah atau yang berada di wilayah sekitar bisa berkontribusi. Itu bisa memberi lapangan pekerjaan,” tegasnya.

Takwin menyebutkan, logistik IKN sepenuhnya mengandalkan sarana transportasi kapal laut. Menurutnya, transportasi kapal sangat efisien mengangkut logistik lebih banyak.

Ia sepenuhnya mendukung kelancaran pelayaran jalur logistik IKN. Peningkatan frekuensi kunjungan kapal untuk IKN, maka KSOP akan semakin intens melakukan komunikasi dan koordinasi dengan instansi-instansi terkait.

Baca Juga: Lion Air Membuka Penerbangan Umrah Rute Balikpapan-Madinah-Jeddah

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya