Kecele, Polisi Gerebek Sarang Narkoba di Balikpapan yang Kosong

Polisi sudah memantau lokasi transaksi narkoba ini

Balikpapan, IDN Times - Satuan Reserse Narkoba (Satreskoba) Polresta Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim) kecele saat menggerebek sarang narkoba di Kariangau Balikpapan Barat, Senin (27/6/2022). Lokasinya ternyata sudah kosong saat personel polisi merangsek masuk ke dalam lokasi sudah dicurigai. 

Sarang narkoba tersebut sudah kosong di antaranya pelaku inisial G yang masuk daftar pencarian orang (DPO). 

"Lokasi sarang gembong narkoba yang berada di wilayah pesisir sekitar daerah Kariangau, Kecamatan Balikpapan Barat, Kota Balikpapan ini miliki pelaku G yang jadi DPO kita," ujar Kasat Reskoba Polresta Balikpapan Komisaris Polisi Roganda disela-sela penggerebekan. 

1. Lokasi kerap jadi transaksi narkoba

Kecele, Polisi Gerebek Sarang Narkoba di Balikpapan yang KosongPenggerebekan sarang narkoba di Kariangau Balikpapan Kalimantan Timur. Foto istimewa

Roganda menyatakan, Polresta Balikpapan sudah lama melakukan penyelidikan di lokasi yang diduga menjadi sarang peredaran narkoba setempat. Beberapa personel polisi pun melakukan penyamaran guna memastikan adanya transaksi narkoba di kawasan Kariangau itu. 

Dalam melancarkan aksinya, Roganda menyebutkan, pelaku membangun sistem pertahanan dan keamanan guna melancarkan aksi kriminalnya. Termasuk pula menyamarkan aktivitas kejahatannya di balik dinding kayu. 

"Tidak hanya memiliki pos pantau dan pos tinjau, bangunan kayu tersebut juga memiliki loket tempat transaksi yang terbuat dari pipa paralon," ungkapnya.

Ditambahkannya, saat melakukan para pembeli akan memasukkan uang lewat paralon itu dan dari dalam dikeluarkan narkotika jenis sabu.

"Jadi pembeli dan penjual tidak saling bertatap muka."

Baca Juga: Pemilihan Duta Pelajar Sadar Hukum di Balikpapan

2. Polisi menggerebek sarang narkoba tersebut dari segala sudut

Kecele, Polisi Gerebek Sarang Narkoba di Balikpapan yang KosongPenggerebekan sarang narkoba di Kariangau Balikpapan Kalimantan Timur. Foto istimewa

Karenanya, Roganda mempersiapkan dengan baik rencana penggerebekan ini. 

"Kita bergerak dari laut dan juga ada satu tim dari darat untuk memasuki tempat tersebut," paparnya.

Kasat Reskoba Polresta Balikpapan Kompol Roganda memimpin langsung penggerebekan. Bersama beberapa personelnya masuk ke lokasi sarang narkoba. 

"Kita sisir semua di lokasi sarang gembong narkoba ini, namun tidak ditemukan siapa pun, kemungkinan sebelum kita datang, gembongnya sudah kabur duluan," katanya.

3. Polresta Balikpapan kejar para pelaku narkoba ini

Kecele, Polisi Gerebek Sarang Narkoba di Balikpapan yang KosongKasat Reskoba Polresta Balikpapan Komisaris Polisi Roganda. Foto istimewa

Lebih lanjut, Roganda menyatakan, akan terus mengejar para pelaku narkoba tersebut yang identitasnya sudah diketahui. Ia mengaku, akan mengatur kembali strategi untuk mengungkap adanya praktik penyalahgunaan narkoba di Balikpapan. 

Polisi sudah bertekat akan meningkatkan penanganan tindakan tegas terhadap penyalahgunaan narkoba. Apalagi mengingat bahayanya penyalahgunaan narkoba bagi generasi muda Indonesia. 

Baca Juga: Mantan Pembalap di Balikpapan Curi Rokok dan Motor Karyawan Minimarket

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya