Pemkot Balikpapan Tanam Kabel di Bawah Tanah di Area Pedestrian

Pemasangan kabel Telkom dan PLN

Balikpapan, IDN Times - Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud meninjau langsung proyek pembangunan jalur pedestrian di Jalan MT Haryono, Balikpapan Selatan, pada Selasa (3/9/2024).

Turut mendampingi dalam kegiatan ini Asisten Tata Pemerintahan Zulkifli, Asisten Perekonomian Pembangunan Kesra Andi M Yusri, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Rita, dan Kepala Bappeda Litbang Murni.

"Pengerjaan pedestrian di Jalan MT Haryono diharapkan selesai pada Desember 2024," ujar Rahmad Mas’ud.

1. Pedestrian ramah untuk penyandang disabilitas

Pemkot Balikpapan Tanam Kabel di Bawah Tanah di Area PedestrianWali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud, Selasa (3/9/2024). (IDN Times/Hilmansyah)

Rahmad Mas’ud memastikan kualitas bahan yang digunakan dalam proyek ini, termasuk fasilitas akses untuk penyandang disabilitas. “Pedestrian ini kami buat agar masyarakat merasa aman dan nyaman, termasuk bagi penyandang disabilitas,” tegasnya.

Kawasan pedestrian ini juga akan dilengkapi dengan taman, bangku, lampu penerangan, dan pohon penghijauan. "Kami tidak hanya memperlebar jalan, tetapi juga membangun pedestrian agar masyarakat lebih terdorong untuk berjalan kaki," tambahnya.

Wali kota pun meminta para pemilik ruko di kawasan tersebut untuk menyiapkan lahan parkir sendiri agar pedestrian tidak dijadikan tempat parkir. “Kami minta Dishub untuk mengawasi agar tidak ada kendaraan yang parkir di bahu jalan,” ujarnya.

Baca Juga: Wisata Kuliner LPM Baru Ilir Kini Jadi Destinasi Menarik di Balikpapan

2. Langkah akhir setelah perbaikan saluran drainase

Pemkot Balikpapan Tanam Kabel di Bawah Tanah di Area PedestrianWali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud meninjau langsung proyek pembangunan jalur pedestrian di Jalan MT Haryono, Balikpapan Selatan, pada Selasa (3/9/2024). (IDN Times/Hilmansyah)

Kepala Dinas PU Kota Balikpapan Rita menjelaskan bahwa pembangunan pedestrian ini merupakan langkah akhir setelah perbaikan saluran drainase dan badan jalan di MT Haryono. "Kami percantik kawasan ini dengan pedestrian bagi pejalan kaki," katanya.

Pedestrian ini dirancang ramah bagi penyandang disabilitas, dengan paving block khusus yang memudahkan akses mereka. Selain itu, akan dipasang bangku dan tanaman agar kawasan menjadi lebih rindang.

Pemerintah Kota Balikpapan juga sudah berkoordinasi dengan Telkom dan PLN untuk menanam kabel-kabel yang berada di atas pedestrian ke dalam tanah. “Kami siapkan box utilitas agar kabel-kabel yang semrawut dapat dirapikan, sehingga tidak ada lagi kabel di atas,” jelasnya.

3. Proyek pedesterian di Balikpapan

Pemkot Balikpapan Tanam Kabel di Bawah Tanah di Area PedestrianWali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud meninjau langsung proyek pembangunan jalur pedestrian di Jalan MT Haryono, Balikpapan Selatan, pada Selasa (3/9/2024). (IDN Times/Hilmansyah)

Proyek pedestrian sepanjang 250 meter di sisi kanan dan kiri Jalan MT Haryono ini akan memiliki lebar 6-8 meter. Selain itu, median jalan sepanjang 430 meter juga akan diperbaiki dengan anggaran sekitar Rp 10 miliar dari APBD Kota, dengan target penyelesaian pada Desember mendatang.

Dinas PU Balikpapan juga berencana melakukan pembenahan infrastruktur lainnya, termasuk pengaspalan atau overlay jalan di beberapa wilayah untuk meningkatkan kenyamanan pengguna jalan. “Target kami adalah menyelesaikan semua proyek fisik pada 15, 30, dan 31 Desember, dengan anggaran dari Bantuan Keuangan dan APBD Kota,” ungkap Rita.

Sebagai langkah antisipasi debu selama proyek berlangsung, Dinas PU melakukan penyiraman jalan setiap pagi dan sore. "Kami mohon maaf kepada warga sekitar. Saat ini kami maksimalkan penyiraman agar debu bisa diminimalisir, apalagi saat musim kering seperti sekarang," tutupnya.

Baca Juga: Dokter di Balikpapan Dilaporkan ke Polisi atas Kasus Pencabulan

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya