Vaksin COVID-19 Tahap Kedua Kaltim Tiba di Bandara SAMS Sepinggan

Vaksinasi lansia hanya dilaksanakan di Samarinda

Balikpapan, IDNTimes - Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kalimantan Timur kembali menerima lebih dari 76.000 dosis vaksin COVID-19 merk Sinovac tahap kedua di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Balikpapan.

“Hari ini kita kembali kedatangan sebanyak 4 koli atau 7.680 vial vaksin COVID-19 buatan Sinovac tahap kedua jumlah ini sama dengan lebih kurang vaksin 76.000 dosis yang akan diberikan kepada petugas layanan public,” ujar Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi usai menerima kedatangan vaksin di Bandara SAMS Sepinggan, Balikpapan, pada Rabu (24/2/2021).

1. Vaksin COVID-19 jatah Kaltim langsung dibawa ke Samarinda

Vaksin COVID-19 Tahap Kedua Kaltim Tiba di Bandara SAMS Sepinggan(IDN Times/Sukma Shakti)

Vaksin COVID-19 tahap kedua untuk Kalimantan Timur ini tiba pukul 08.20 Wita dengan menggunakan pesawat Garuda GA 0560 di kedatangan cargo domestik dengan pengawalan dari petugas Brimob Polda Kalimantan Timur.

Kedatangan vaksin ini disaksikan langsung oleh Wali Kota Balikpapan sekaligus Ketua Satgas COVID-19 Kota Balikpapan Rizal Effendi, GM Angkasa Pura I Balikpapan, Kepala DKK Balikpapan, Kasi Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim, Kepala Satpol PP, Kepala BPBD Balikpapan, Kepala Loka POM Balikpapan, dan perwakilan Bio Farma.

“Vaksin langsung dibawa ke Gudang Farmasi di Samarinda, nanti besok baru dibagikan ke 10 kabupaten dan kota di Kaltim," ujar Rizal.

Ia melanjutkan, "Balikpapan rencananya akan mendapatkan sebanyak 9.416 dosis vaksin,” jelasnya.

Baca Juga: Vaksinasi COVID-19 di Balikpapan Dilanjutkan Akhir Bulan Februari 

2. Pemberian vaksin di dua pasar di Balikpapan

Vaksin COVID-19 Tahap Kedua Kaltim Tiba di Bandara SAMS SepingganPengamanan vaksin COVID-19 tahap kedua yang tiba di Bandara SAMS Sepinggan pada 24 Februari 2021 (IDN Times/Hilmansyah)

Dikatakan Rizal, setelah jatah Balikpapan diterima, vaksin COVID-19 akan langsung diberikan kepada beberapa kelompok petugas layanan publik yang akan dilaksanakan di Balikpapan Sports and Convention Center (BSCC) Dome.

“Khusus untuk pedagang pasar nantinya akan ada dua pasar yang jadi sasaran yakni Pasar Klandasan dan Pandan Sari. Sisanya akan kita bagi ada kelompok keamanan, ASN, tokoh agama, atlet, termasuk 45 orang anggota dewan dan wakil wali kota,” tegasnya.

Rizal menambahkan, data yang ada di Satgas COVID-19 Balikpapan ada 50 ribu orang penerima, namun karena hanya mendapatkan jatah 9.416 dosis vaksin, sehingga harus dibuat skala prioritas.

“Pemberian vaksin tahap dua ini ditargetkan selesai selama 7 hari. Dimana akan dikerahkan 296 vaksinator yang akan melakukan penyuntikan dan 51 faslitas layanan kesehatan, poliklinik dan rumah sakit, semuanya kita kerahkan,” paparnya.

3. Vaksinasi lansia sementara hanya dilaksanakan di Samarinda

Vaksin COVID-19 Tahap Kedua Kaltim Tiba di Bandara SAMS SepingganVaksin Sinovac dimasukan dalam mobil khusus berpendingin untuk dibawa ke gudang farmasi di Samarinda (IDN Times/Hilmansyah)

Sementara itu, Kasi Surveilas dan Imunisasi Dinkes Provinsi Kaltim, M Satta mengatakan, vaksin tahap kedua ini nantinya akan diberikan kepada petugas pelayanan publik untuk 10 kabupaten dan kota di Kaltim, tapi khusus untuk sasaran lansia hanya diberikan untuk Kota Samarinda saja.

“Sasaran vaksin ini sudah ditentukan oleh pemerintah pusat, dan kedatangan vaksin tahap kedua ini kemampuannya hanya sebesar 15 persen dari sasaran. Nanti akan datang kembali vaksinnya, apakah awal atau pertengahan Maret 2021 mendatang,” ujarnya.

Baca Juga: Vaksinasi COVID-19 Tahap 2 Balikpapan, Ada Link Khusus Lansia 

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya