Balikpapan Bangun Bumi Perkemahan Bertaraf Internasional 

Modern dan terintegrasi dengan Kebun Raya Balikpapan

Balikpapan, IDN Times - Pemerintah Kota Balikpapan berencana akan membangun bumi perkemahan bertaraf internasional di kawasan Kebun Raya Balikpapan (KRB).

'Kota Balikpapan saat ini belum memiliki bumi perkemahan, jadi sangat bagus kalau kita bikin bumi perkemahan yang terintegrasi dengan kawasan Kebun Raya," kata Wakil Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud ketika diwawancarai di Kebun Raya Balikpapan, Jumat (24/1).

1. Luasan kawasan perkemahan mencapai 5 hektare

Balikpapan Bangun Bumi Perkemahan Bertaraf Internasional Kawasan Kebun Raya Balikpapan akan dibangun bumi perkemahan bertaraf internasional (IDN Times/Maulana)

Rahmad menjelaskan rencana untuk pembangunan bumi perkemahan di kawasan Kebun Raya Balikpapan dijadwalkan akan dimulai pada tahun 2020 ini. Rencana pembangunan ini sudah masuk dalam salah satu rencana kegiatan yang disusun oleh Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar).

"Sudah ada dalam rencana, kalau kita targetkan tahun ini sudah mulai dilaksanakan pembangunannya," terangnya.

Kawasan perkemahan ini akan dibangun dengan luas mencapai 5 hektare, dengan dilengkapi sejumlah fasilitas pendukung untuk menjadi kawasan perkemahan bertaraf internasional.

Pembangunan kawasan perkemahan ini akan terintegrasi dengan kawasan Kebun Raya Balikpapan yang memiliki luas lahan mencapai 350 hektare.

"Ini lokasinya kita tetapkan dulu, kita pilih dulu. Nanti akan dikaji Dinas Pariwisata. Tahun ini juga akan dibangun,” ujarnya.

Baca Juga: Antisipasi Virus Corona, Dinkes Kaltim Perketat Pengawasan di Bandara 

2. Dongkrak pariwisata, site plan kebun raya direvisi

Balikpapan Bangun Bumi Perkemahan Bertaraf Internasional Anak-anak pramuka berkemah di kawasan Kebun Raya Balikpapan (IDN Times/Mela Hapsari)

Rencana pembangunan kawasan bumi perkemahan di lokasi Kebun Raya Balikpapan merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan potensi pariwisata di kawasan tersebut. Pembangunan bumi perkemahan tersebut akan dimasukkan dalam rencana revisi site plan Kebun Raya Balikpapan yang saat ini masih dalam proses kajian di Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar).

"Rencananya bumi perkemahan yang dibangun mirip dengan bumi perkemahan Cibubur, hanya saja lebih modern. Karena dilengkapi berbagai fasilitas wahana wisata, olahraga, hingga taman bermain anak-anak," jelasnya.

3. Minat masyarakat ke Kebun Raya Balikpapan diharapkan meningkat

Balikpapan Bangun Bumi Perkemahan Bertaraf Internasional Kebun Raya Balikpapan (IDN Times/Maulana)

Rahmad berharap keberadaan Kebun Raya Balikpapan tidak hanya menjadi kawasan untuk menampilkan flora dan fauna, namun harus dioptimalkan lagi untuk meningkatkan minat masyarakat berkunjung ke kebun raya ini.

Untuk itu, Pemerintah Kota Balikpapan sudah mengkaji untuk membangun sejumlah fasilitas diantaranya jogging track dan kawasan bermain anak-anak.

"Bumi perkemahan tersebut, akan menjadi destinasi wisata di Kota Balikpapan dan Kaltim. Karena dibangun secara modern dan berskala internasional," tambahnya.

Baca Juga: Wali Kota Balikpapan Ingin Dukungan Bangun Peradaban Lingkungan

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya