Comscore Tracker

Bandara SAMS Sepinggan Gelar Festival UMKM Borneo Fair 2019

UMKM diharapkan jadi penopang perekonomian Indonesia

Balikpapan, IDN Times - Manajemen PT Angkasa Pura I (Persero) Cabang Bandara Udara Internasional (SAMS) Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan menyelenggarakan kegiatan Festival Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), Lomba Mewarnai, Fashion Show, Tarian Daerah Umum dan Tarian Daerah Junior yang dikemas dalam acara Borneo Fair 2019.

Acara Borneo Fair 2019 ini mulai dilaksanakan pada 20 hingga 26 November 2019 bertempat di Area Atrium Kedatangan Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan.

"Untuk kedua kalinya tahun ini dilaksanakan kegiatan Borneo Fair 2019 yang melibatkan kerja sama antara Paguyuban Bangkirai bersama PT Angkasa Pura I (Persero) dengan berbagai kegiatan menarik,"  kata General Manager Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan Farid Indra Nugraha dalam rilisnya, Kamis (21/11).

1. Sebanyak 34 UMKM ikut berpartisipasi

Bandara SAMS Sepinggan Gelar Festival UMKM Borneo Fair 2019Humas PT Angkasa Pura 1

Farid menjelaskan untuk memeriahkan pelaksanaan Festival Borneo Fair, pihak Manajemen PT Angkasa Pura I  melibatkan sekitar 34 Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang merupakan mitra binaan PT Angkasa Pura I dalam kegiatan ini. 

Ia menerangkan kegiatan tersebut juga bertujuan sebagai ajang promosi bagi pelaku UMKM, sehingga dapat  berpengaruh terhadap peningkatan ekonomi di sektor UMKM khususnya di Balikpapan.

Untuk itu, dirinya berharap kegiatan ini bisa menjadi agenda rutin Pemerintah Kota Balikpapan dalam mendorong pertumbuhan UMKM yang ada di Kota Balikpapan.

"Saya merasa bangga dan berkomitmen bisa terlibat didalamnya untuk meningkatkan perekonomian di Balikpapan melalui UMKM, karena justru UMKM yang dapat menopang perekonomian di level menengah ke bawah,"jelas Farid.

Baca Juga: Persiapan Ibu Kota Baru, Kapasitas Bandara SAMS Sepinggan Ditingkatkan

2. Diisi kegiatan untuk memeriahkan Hari Anak Sedunia

Bandara SAMS Sepinggan Gelar Festival UMKM Borneo Fair 2019Humas PT Angkasa Pura 1

Selain memberikan kesempatan promosi kepada UMKM yang ada di Kota Balikpapan, kegiatan Borneo Fair 2019 ini juga diisi dengan sejumlah kegiatan untuk memeriahkan Hari Anak Sedunia yang jatuh pada tanggal 20 November 2019 lalu.

Sejumlah kegiatan sudah dipersiapkan seperti lomba mewarnai, fashion show, tarian daerah dewasa dan tarian daerah junior.

"Pada hari Sabtu besok,  kita akan gelar berbagai kegiatan untuk anak-anak seperti lomba mewarnai, fashion show, tarian daerah umum dan tarian daerah junior, sekaligus juga memperingati hari anak sedunia," ujarnya.

3. Festival UMKM ditargetkan dilaksanakan 3 bulan sekali

Bandara SAMS Sepinggan Gelar Festival UMKM Borneo Fair 2019Humas PT Angkasa Pura 1

Farid menambahkan pihaknya merencanakan akan terus meningkatkan kegiatan untuk mempromosikan potensi UMKM di Kota Balikpapan secara rutin  setiap 3 bulan sekali dengan mengundang seluruh UMKM binaan BUMN yang ada di Balikpapan.

“Kita berharap agenda seperti ini bisa rutin, sehingga kita bisa mengevaluasi UMKM yang ada terkait produk-produk yang dihasilkan karena diketahui sekitar 90 UMKM yang telah bekerja sama dengan PT Angkasa Pura I," terangnya.

Ia menerangkan kegiatan Borneo Fair yang lalu dilaksanakan pada bulan Februari 2019 melibatkan 20 UMKM saja, namun terdapat peningkatan kali ini menjadi 34 UMKM.

Baca Juga: Bandara SAMS Sepinggan Raih Predikat Terbaik di Dunia

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya