Pemkot Balikpapan Buka Lowongan untuk 250 CPNS Daerah

Tidak ada lowongan tenaga administrasi, paling banyak guru

Balikpapan, IDN Times - Pemerintah Kota Balikpapan mendapatkan jatah kuota sebanyak 250 lowongan untuk pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil Daerah (CPNSD) pada tahun 2019 ini.

"Seleksinya akan dilakukan awal tahun 2020, sekarang masih dalam proses pendaftaran yang dilakukan secara online," kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Balikpapan Robi Ruswanto ketika diwawancarai wartawan di Kantor UPT BKN Balikpapan, belum lama ini.

1. Calon pendaftar CPNS sudah bisa mulai mempersiapkan diri

Pemkot Balikpapan Buka Lowongan untuk 250 CPNS DaerahInstagram/mastercpns

Proses pendaftaran dan verifikasi berkas mulai November sedangkan pengumuman lolos administrasi akan dilakukan Desember 2019. Proses pendaftaran dilakukan secara online melalui situs SSCASN BKN di https://sscasn.bkn.go.id/.

Sedangkan untuk seleksi jadwal untuk pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) akan dilakukan menggunakan Computer Assisted Test (CAT). Tes ini rencananya dimulai pada bulan Februari 2020 dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) pada bulan Maret 2020.

"Tesnya akan dilaksanakan pada awal tahun 2020," , jelas Robi.

Baca Juga: Rekrutmen CPNS Bakal Dibuka 11 November, Kamu Berminat Daftar?

2. Kuota lowongan paling banyak guru

Pemkot Balikpapan Buka Lowongan untuk 250 CPNS DaerahPrioritasPendidikan.org

Sesuai dengan keputusan Pemerintah Pusat, Kota Balikpapan mendapatkan jatah kuota untuk pengadaan CPNSD di tahun 2019 ini sebanyak 250 orang.

Jumlah tersebut jauh lebih rendah dari jumlah yang diusulkan oleh Pemerintah Kota Balikpapan yakni sebanyak 828 orang.

Robi menjelaskan dari 250 kuota CPNSD yang disetujui terdiri dari 126 tenaga pengajar atau guru, 42 tenaga kesehatan dan 82 tenaga teknis. 

“Paling banyak kuota yang tersedia adalah untuk posisi guru, sisanya tenaga kesehatan dan teknis,” jelasnya.

3. Pelaksanaan seleksi akan dipusatkan di UPT BKN

Pemkot Balikpapan Buka Lowongan untuk 250 CPNS DaerahIDN Times/Maulana

Untuk memudahkan dalam proses pelaksanaan seleksi, Robi menambahkan pihaknya akan mempergunakan fasilitas di kantor UPT BKN Balikpapan yang baru saja diresmikan pada 28  Oktober 2019 lalu.

Gedung ini dilengkapi dengan sejumlah perangkat komputer yang sudah terpasang jaringan internet untuk menunjang pelaksanaan tes CPNS serta pelatihan-pelatihan yang sifatnya peningkatan kualitas SDM (Sumber Daya Manusia) PNS/ASN.

Kantor UPT BKN Balikpapan ini terwujud atas perjanjian kerja sama pinjam pakai tanah dan bangunan, antara Pemkot Balikpapan dengan BKN. Perjanjian dilakukan tanggal 7 Februari 2019 dengan masa perjanjian pakai selama 5 tahun.

“Kami sudah minta izin kepada BKN untuk dapat memanfaatkan  fasiltas yang ada di UPT BKN untuk pelaksanaan seleksi CPNS dan pelatihan ASN,” jelasnya.

Baca Juga: Posting di Medsos tentang Radikalisme, BKN Ancam Pecat ASN

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya