Comscore Tracker

Taman Kota dan Tempat Wisata di Balikpapan akan Dipasang Wifi Gratis 

Tidak ada lagi blank spot, Balikpapan siap jadi smart city

Balikpapan, IDN Times - Pemerintah Kota Balikpapan berencana melengkapi jaringan internet nirkabel atau wifi di sejumlah tempat umum dan wisata yang ada di Kota Balikpapan.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Balikpapan Sutadi mengatakan saat ini proses tender untuk pekerjaan pengadaan jaringan wifi di sejumlah taman dan tempat wisata di Kota Balikpapan sudah selesai.

"Saat ini sedang dikerjakan, pelaksananya ICON+, ditargetkan selesai akhir tahun ini," kata Sutadi ketika diwawancarai wartawan di kantornya, Kamis (07/11).

1. Untuk mendukung program smart city

Taman Kota dan Tempat Wisata di Balikpapan akan Dipasang Wifi Gratis IDN Times/ Mela Hapsari

Balikpapan terpilih menjadi salah satu daerah yang masuk dalam daftar daerah yang menerapkan program Gerakan Menuju 100 Smart City pada tahun 2019. Pemerintah Kota Balikpapan mulai mengkaji sejumlah rencana untuk mendukung Gerakan Menuju 100 Smart City di kota beruang madu ini. 

Sutadi menjelaskan pembuatan jaringan wifi yang saat ini masih dalam proses pengerjaan tersebut merupakan salah satu upaya untuk mendukung rencana penerapan program smart city di Kota Balikpapan.

Pembangunan jaringan wifi ini akan diterapkan di sejumlah taman kota, fasilitas umum termasuk tempat wisata yang banyak dikunjungi oleh masyarakat.

"Kita siapkan di sejumlah tempat berkumpul masyarakat seperti taman dan tempat wisata diantaranya Pantai Manggar, kawasan wisata mangrove, Taman Bekapai dan lainnya, saya lupa ada berapa. Jaringan ini disediakan gratis oleh Pemerintah Kota," jelasnya.

Baca Juga: UMK Balikpapan 2020 akan Naik jadi Rp3,069 Juta, Sudah Sesuaikah?

2. Anggaran pengadaan wifi mencapai Rp2 miliar

Taman Kota dan Tempat Wisata di Balikpapan akan Dipasang Wifi Gratis IDN Times/M.Idris

Untuk pengadaan jaringan wifi gratis ini, Pemerintah Kota Balikpapan mengalokasikan dana Rp2 miliar untuk pembangunan infrastruktur termasuk jasa penyediaan jaringan wifi.

Dana tersebut dialokasikan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan Tahun 2019.

Penyediaan jaringan wifi ini dilaksanakan melalui proses tender secara terbuka dan dimenangkan oleh salah satu penyedia jaringan internet ICON+.

"Saat ini sedang proses pengadaan, akhir tahun ini selesai, paling tidak tahun depan sudah bisa dimanfaatkan oleh masyarakat," ujarnya.

3. Diskominfo pastikan tidak ada lagi blank spot di Balikpapan

Taman Kota dan Tempat Wisata di Balikpapan akan Dipasang Wifi Gratis apkpure.com

Sutadi memastikan jangkauan jaringan sinyal provider di Kota Balikpapan sudah mencapai 100 persen atau tidak ada lagi blank spot. Sehingga jaringan internet di Kota Balikpapan sudah aman untuk mendukung penerapan program smart city.

"Blank spot kan kita sudah enggak ada. Hanya jika berada di dalam sebuah bangunan sinyal kadang jelek, nah kita atasi dengan pemasangan penguat sinyal,"  tambahnya.

Baca Juga: Dua Ribu UMKM di Balikpapan Ditargetkan Go Digital Tahun Ini 

Topic:

  • Mela Hapsari

Just For You